PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI SISWA SMA NEGERI I PINOH UTARA

Authors

  • FLESIA WELLY FERIANTI STKIP MELAWI
  • LINDA DWI SAPUTRI STKIP MELAWI
  • APRIMA TIRSA STKIP MELAWI

DOI:

https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i1.3505

Abstract

Abstrak: Suatu kegiatan pengabdian pelatihan penulisan karya ilmiah bagi siswa SMA Negeri I Pinoh Utara telah dilakukan. Rendahnya minat dan keterampilan siswa dalam menulis suatu karya ilmiah yang baik dan menarik disebabkan oleh minimnya pengetahuan siswa tentang penentuan rumusan masalah, sistematika penulisan dan penulusuran informasi sebagai sumber pustaka. Solusi yang ditawarkan atas permasalahan tersebut adalah malakukan pendampingan berupa pemberian motivasi untuk meningkatkan minat menulis karya ilmiah sebagai hasil penelitian atau kajian pustaka dan pelatihan tentang cara menentukan permasalahan dari suatu topik dan menuliskannya dalam bentuk suatu karya ilmiah dengan menggunakan sistematika penulisan yang baku. Mitra juga diberi pelatihan tentang cara menelusuri informasi yang benar/absah dengan memanfaatkan internet dalam mendukung penulisan karya ilmiah. Metode kegiatan yang dilakukan yaitu pelatihan yang diisi dengan ceramah, presentasi, diskusi dan pendampingan mitra. Mitra merespon positif kegiatan dengan menunjukkan antusiasme selama kegiatan berlangsung dan peningkatan pemahaman mitra tentang penulisan karya ilmiah meningkat. Kegiatan ini dapat meningkatkan minat dan ketrampilan siswa untuk menulis karya ilmiah yang baik dengan mengoptimalkan pemanfaatan internet dalam mendukung penulisan karya ilmiah.

Kata kunci: pelatihan, karya ilmiah, siswa, SMA Negeri I Pinoh Utara

Abstract: A community service activity of scientific paper writing training for students of SMA Negeri I Pinoh Utara has been carried out. The low interest and skills of students in writing a good and interesting scientific paper are caused by the lack of student knowledge about determining the formulation of the problem, systematic writing and searching for information as a library source. The solution offered to this problem is to provide assistance in the form of providing motivation to increase interest in writing scientific papers as a result of research or literature review and training on how to determine problems from a topic and write them in the form of a scientific paper using a standard writing systematic. Partners are also given training on how to search for correct/valid information by utilizing the internet to support writing scientific papers. The method of activity carried out is training filled with lectures, presentations, discussions and partner mentoring. Partners responded positively to the activity by showing enthusiasm during the activity and increasing partners' understanding of writing scientific papers. This activity can increase students' interest and skills in writing good scientific papers by optimizing the use of the internet in supporting writing scientific papers.

Key words: training, scientific work, students, SMA Negeri I Pinoh Utara

References

Ismail dam Elihami, 2019, Pelatihan Penyusunan Artikel Publikasi Ilmiah bagi Mahasiswa Perguruan Tinggi STKIP Muhammadiyah Enrekang, Maspul Journal of Community Empowerment (MJCE), vol 1, no. 1, hal 12-20.

Komaidi, D., 2008. Aku Bisa Menulis: Panduan Praktis Menulis Kreatif Lengkap. Sabda Media:Yogyakarta.

Kusumawardhani R., Andris D., Prastikawati, E. F., dan Setyorini, A., 2012, Pelatihan Penulisan Artikel Ilmiah Guru Bahasa Inggris SMA di Kota Semarang (Sebagai Pencapaian KEPMENPAN Nomor 16 Tahun 2009 tentang Jabatan Fungsional Guru Dan Angka Kreditnya). E-DIMAS Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, vol 3, no 2, hal 1-14.

Marselina, S., 2018, Peningkatan Keterampilan Menulis Karya Ilmiah Melalui Strategi Belajar Kooperatif Tipe Group Investigation Siswa Kelas Xi Man I Kota Sungai Penuh, PENTAS: Jurnal Ilmiah Pendidikan Bahasa Dan Sastra Indonesia, vol 4, no 1, hal 14-21.

Maryadi, 2002, Pengertian Karya Ilmiah dalam Pembudayaan Penulisan Karya Ilmiah. UMS Press: Surakarta

Marlena, N., Dwijayanti, R., Patrikha, F.D., Parjono, 2017, Pelatihan Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI) Bagi Guru SMA Swasta Di Sidoarjo, Jurnal Abdi, vol 2, no 2, hal 45–50.

Shadiqi, M.A., 2019, Memahami dan Mencegah Perilaku Plagiarisme dalam Menulis Karya Ilmiah, Buletin Psikologi, vol 27, no 1, hal 30-42.

Downloads

How to Cite

FERIANTI, F. W., SAPUTRI, L. D., & TIRSA, A. (2024). PELATIHAN PENULISAN KARYA ILMIAH BAGI SISWA SMA NEGERI I PINOH UTARA. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(1), 158–164. https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i1.3505

Issue

Section

Articles

Citation Check