PEMANFAATAN QUIZIZZ DALAM PEMBELAJARAN MATEMATIKA
DOI:
https://doi.org/10.46368/dpkm.v4i2.2457Abstract
Keywords:Quizizz, Mathematics Learning
Abstrak: Seiring dengan perkembangan teknologi informasi yang pesat, perlu adanya media pembelajaran berbasis teknologi. Permasalahan dilapangan mahasiswa belum memahami dan terampil membuat media pembelajaran berbasis teknologi. Solusinya dilakukan kegiatan PkM yang berujudul Pemanfaatan Quizizz dalam pembelajaran matematika. Kegiatan PkM ini bertujuan untuk memberikan pengetahuan dan keterampilan tentang media Quizizz. Metode yang digunakan dalam kegiatan PkM ini adalah Community-Based Participatory Research (CBR) dengan jenis Participatory Research Appraisal (PRA). Hasil pretes diperoleh bahwa mahasiswa belum memahami kurikulum mareka dan media Quizizz, hal tersebut terlihat dari hasil rata-rata pretes yaitu 23. Selanjutnya dilakukan penyampaian materi dan dilakukan postes. Hasil postes diperoleh rata-rata 76. Hal itu menyiratkan bahwa kemampuan mahasiswa meningkat. Hasil N-Gain diperoleh 0,7 dengan kategori sedang.
Kata kunci: Quizizz, Pembelajaran MatematikaReferences
Fitri, A. Suparman T et all. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Quizizz dalam Pembelajaran Daring. Konferensi Nasional Penelitian dan Pengabdian (KNNP). Universitas Buana Perjuangan Karawang (2).
Kemmis, S &Robin M.T. (2000). Participatory Action Research. California: Sage Publication.
Kustiawan, I. (2009). Perancangan media pembelajaran berbasis augmented reality. Jurnal. Seminar Nasional Electrical, Informatics, and IT’S Educations.
Panduan CBR. (2015). Community Based Research: Panduan Merancang dan Melaksanakan Penelitian Bersama Komunitas. LP2M UIN Sunan Ampel Surabaya.
Wilfred Carr & Stephen Kemmis. (2004). Becoming Critical Education Knowledge and Action Research. New York: Routledge Farmer, 162.