PENGEMBANGAN KOMPETENSI GURU MATEMATIKA MELALUI PEMBUATAN MEDIA BERBASIS TIK

FLESIA WELLY FERIANTI, LINDA DWI SAPUTRI, WAHYU SEPTIADI

Abstract


Abstract: The solution to the problem of teachers' lack of knowledge in developing learning strategies and the absence of teacher innovation in learning media is the implementation of a Community Activity Program (PKM) entitled developing mathematics teacher competence through the creation of ICT-based learning media. PKM for developing mathematics teacher competency through creating ICT-based learning media is an activity aimed at improving the ability of mathematics teachers in creating ICT-based learning media as well as increasing the ability of mathematics teachers in searching for references from various sources. It is known that in the initial test before the material was presented in its entirety, participants did not understand ICT-based learning media well, this can be seen from the average pretest score of 46.3. After carrying out training activities to create ICT-based learning media, the posttest average was 75.8 and seen from the normality test Gain (N-Gain) was 0.50 in the Medium category. This means that after carrying out this activity, the average participant experienced an increase in understanding.

 

Keywords: Mathematics Teacher Competencies, ICT Based Media

Abstrak: Solusi permasalahan kurangnya pengetahuan guru dalam perkembangan strategi pembelajaran dan tidak adanya inovasi guru dalam media pembelajaran adalah dengan dilaksanakannya Program Kegiatan Masyarakat (PKM) yang berjudul pengembangan kompetensi guru matematika melalui pembuatan media pembelajaran berbasis TIK. PKM pengembangan kompetensi guru matematika melalui pembuatan media pembelajaran berbasis TIK ini adalah kegiatan yang bertujuan untuk meningkatkan kemampuan guru matematika dalam membuat media pembelajaran berbasis TIK serta meningkatkan kemampuan guru matematika  dalam penelusuran referensi dari berbagai sumber. Diketahui bahwa pada tes awal sebelum pemaparan materi disampaikan secara keseluruhan, peserta belum memahami dengan baik tentang media pembelajaran berbasis TIK, hal ini terlihat dari nilai rata-rata pretest sebesar 46,3. Setelah dilakukan kegiatan pelatihan membuat media pembelajaran berbasis TIK, rata-rata posttest menjadi 75,8 dan dilihat dari uji normalitas Gain (N-Gain) sebesar 0.50 dengan kategori Sedang. Artinya setelah dilakukan kegiatan ini, rata- rata peserta mengalami peningkatan pemahaman.

Kata kunci: Kompetensi Guru Matematika, Media Berbasis TIK


Full Text:

PDF

References


Andi Prastowo.2012. Pandun Kreatif Membuat Bahan Ajar Inovatif: Menciptakan Metode Pembelajarn yang Menarik dan menyenangkan . Yogyakarta: Diva Press.

Arsyad, Azhar. 2016. Media Pembelajaran. Jakarta: Raha Grafindo Persada.

Bekti, Wulandari. 2013. Pengaruh Problem-Based Learning terhadap Hasil Belajar ditinjau dari Motvasi Belajar PLC di SMK. Jurnal Pendidikan Vokasi, 3(2), 178-191.

Depdiknas. 2008. Peraturan Pemerintah RI No.19 Tahun 2005 Tentang Standar Nasional Pendidikan. Jakarta: Depdiknas

Rohman, M. 2013. Strategi dan Desain Pengembangan Sistem Pembelajaran. Jakarta: Prestasi Pusaka Karya.

Rusman. 2015. Pembelajaran Tematik Terpadu Teori, Praktik dan Penilaian. Jakarta: Rajawali Pers.

Wina, Sanjaya. 2012. Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses. Jakarta: Kencana Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.46368/dpkm.v4i1.1855

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF - 24 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________ 

Lisence:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.