Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 01 Pinoh Utara

Authors

  • Yuvina Yuvina STKIP Melawi, Indonesia
  • Ahmad Khoiri STKIP Melawi, Indonesia
  • Nurul Apsari STKIP Melawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jppsd.v2i3.2799

Keywords:

Berpikir kritis, Penerapan model group investigation

Abstract

Abstract: This study aims to determine the application of the group investigation learning model can improve students' critical thinking skills in social studies class V SDN 01 Pinoh Utara. This type of research is classroom action research. The subjects in this study were 12 students of class V 01 Pinoh Utara. Data collection techniques used in this study were observation, written tests and documentation. The data analysis technique used is descriptive quantitative. The results in this study were that students' critical thinking skills increased with the percentage of students who completed the KKM, which was 83.33%. This has exceeded the achievement of the expected success criteria of 80%. Whereas the results of APKG II Cycle I got an average value of 72.84% with the developing category according to expectations and cycle II got an average value of 93.66% with the category of very good development. By looking at the conditions of each cycle, namely, cycle I, cycle II, it can be concluded that learning with the group investigation model can improve the critical thinking skills of class V SDN 01 Pinoh Utara in thematic subjects.

Keywords: Critical thinking, application of the group investigation model

 

Absrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui penerapan model pembelajaran group investigation dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa pada mata pelajaran IPS kelas V SDN 01 Pinoh Utara. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa kelas V 01 Pinoh Utara yang berjumlah 12 siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi, tes tertulis dan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif. Hasil dalam penelitian ini adalah keterampilan berpikir kritis siswa meningkat dengan persentase siswa yang tuntas KKM yaitu sebesar 83,33%. Hal tersebut telah melebihi pencapaian kriteria keberhasilan yang di harapkan yaitu 80%.  Sedangkan pada hasil APKG II Siklus I mendapakan nilai rata – rata sebesar 72,84% dengan katagori berkembang sesuai harapan dan siklus II mendapatkan nilai rata – rata sebesar 93,66% dengan katagori berkembnag sangat baik. Dengan melihat dari kondisi tiap siklus yaitu, siklus I, siklus II, maka dapat diambil kesimpulan bahwa pembelajaran dengan model group investigation dapat meningkatkan keterampilan berpikir kritis siswa kelas V SDN 01 Pinoh Utara dalam mata pelajaran tematik.  

Kata Kunci: Berpikir kritis, Penerapan model group investigation

References

Arikunto, S. 2015. Dasar-dasar Evaluasi Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. 2014. Panduan Teknis Pembelajaran dan Penilaian Nomor 104. Jakarta: Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.

Kunandar. 2013. Penilaian Authentik (Penilaian Hasil Belajar Peserta Didik. Berdasarkan Kurikulum 2013). Jakarta: Rajawali Pers.

Kurniasih, I & Sani, B. 2015. Ragam Pengembangan Model Pembelajaran untuk Peningkatan Profesionalitas Guru. Jogjakarta: Kata Pena.

Kusumah, W & Dwitagama, D. 2012. Mengenal Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Indeks.

Rusman. 2016. Pembelajaran Tematik Terpadu. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Ratih Pratiwi, I. G. A., Manuaba, I. B.S., & Sujana, I.W. (2020). Kontribusi kecerdasan interpersonal dan aktualisasi diri dalam kelompok terhadap kompetensi pengetahuan IPS. Jurnal ilmiah sekolah dasar, 4(2), 209,

Rosidah, T. C., Pramulia, P., & Susiloningsih, W. (2021). Analisis Kesiapan Guru Mengimplementasikan Asesmen Autentik Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Jurnal pendidikan dasar, Vol 12 No (1), 87-103.

Suharjo, A. 2014. 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Usman, A. (2017). Pengembangan materi bahan ajar pada mata kuliah wawasan ajar pada mata kuliah wawasan kebangsaan berbasis karakter pancasila, 5(2), 110-115.

Downloads

Published

2024-09-30

How to Cite

Yuvina, Y., Khoiri, A., & Apsari, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Dalam Mata Pelajaran Tematik Kelas V SD Negeri 01 Pinoh Utara. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 2(3), 35–48. https://doi.org/10.46368/jppsd.v2i3.2799

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.