PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH ILMU KESEHATAN DAN GIZI DI STKIP MELAWI

Authors

  • Kurnia Dyah Anggorowati
  • Indria Susilawati

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v11i1.1882

Abstract

Abstract: The research is to determine the level of student understanding of the Health and Nutrition Science courses at STKIP Melawi. The method used in this research is quantitative in the form of a survey. The instrument of this research is a statement questionnaire that must be answered by respondents. The data analysis technique used is descriptive analysis with calculations using percentages. The results of this research were after distributing research questionnaires to 35 students who had taken Health and Nutrition Science courses with 12 statements. It can be explained that the average number of "Yes" answers was 81.2% in the very good category, while the average number of "no" answers was 18.8% in the very poor category. So it can be concluded that students' understanding of the Health and Nutrition Sciences course is categorized as very good.

Keywords: Understanding, health, nutrition

Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah Ilmu Kesehatan dan Gizi di STKIP Melawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk survey. Instrument dari penelitian ini berupa angket pernyataan yang harus dijawab oleh responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan perhitungan menggunakan persentase. Hasil Penelitian ini adalah setelah membagikan angket penelitian kepada mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah Ilmu Kesehatan dan Gizi berjumlah 35 orang dengan 12 pernyataan. Dapat dijelaskan bahwa rata-rata perolehan jawaban “Ya†sebesar 81,2% memperoleh kategori sangat baik, sedangkan rata-rata perolehan jawaban “tidak†sebesar 18,8% dengan kategori sangat kurang. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah Ilmu Kesehatan dan Gizi berkategori sangat baik.

Kata Kunci: Pemahaman, kesehatan, gizi

References

DAFTAR PUSTAKA

. Anas Sudijono. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada

. Creswell, J. W. 2010. Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.

. Gunawan, H., (2017). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.

. Kartasapoetra, Drs. G., (2003) “Ilmu Giziâ€. Rineka Cipta: Jakarta

. Kediri tahun 2019. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14021

. Moehdi, S., (2002).†Ilmu Giziâ€. Papasinar Sinanti: Jakarta

. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.

. Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara

Downloads

Published

2024-01-25

How to Cite

Dyah Anggorowati, K., & Susilawati, I. (2024). PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH ILMU KESEHATAN DAN GIZI DI STKIP MELAWI. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 11(1), 45–54. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v11i1.1882

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>