PEMAHAMAN MAHASISWA TERHADAP MATA KULIAH ILMU KESEHATAN DAN GIZI DI STKIP MELAWI
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v11i1.1882Abstract
Abstract: The research is to determine the level of student understanding of the Health and Nutrition Science courses at STKIP Melawi. The method used in this research is quantitative in the form of a survey. The instrument of this research is a statement questionnaire that must be answered by respondents. The data analysis technique used is descriptive analysis with calculations using percentages. The results of this research were after distributing research questionnaires to 35 students who had taken Health and Nutrition Science courses with 12 statements. It can be explained that the average number of "Yes" answers was 81.2% in the very good category, while the average number of "no" answers was 18.8% in the very poor category. So it can be concluded that students' understanding of the Health and Nutrition Sciences course is categorized as very good.
Keywords: Understanding, health, nutrition
Abstrak: Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui tingkat pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah Ilmu Kesehatan dan Gizi di STKIP Melawi. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dalam bentuk survey. Instrument dari penelitian ini berupa angket pernyataan yang harus dijawab oleh responden. Teknik analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dengan perhitungan menggunakan persentase. Hasil Penelitian ini adalah setelah membagikan angket penelitian kepada mahasiswa yang sudah menempuh mata kuliah Ilmu Kesehatan dan Gizi berjumlah 35 orang dengan 12 pernyataan. Dapat dijelaskan bahwa rata-rata perolehan jawaban “Ya†sebesar 81,2% memperoleh kategori sangat baik, sedangkan rata-rata perolehan jawaban “tidak†sebesar 18,8% dengan kategori sangat kurang. Jadi dapat disimpulkan bahwa pemahaman mahasiswa terhadap mata kuliah Ilmu Kesehatan dan Gizi berkategori sangat baik.
Kata Kunci: Pemahaman, kesehatan, gizi
References
DAFTAR PUSTAKA
. Anas Sudijono. (2012). Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: PT Raja Grafindo Persada
. Creswell, J. W. 2010. Research design: pendekatan kualitatif, kuantitatif, dan mixed. Yogjakarta: PT Pustaka Pelajar.
. Gunawan, H., (2017). Dasar-Dasar Metodologi Penelitian Pendidikan. Fakultas Tarbiyah dan Keguruan UIN Sunan Gunung Djati, Bandung.
. Kartasapoetra, Drs. G., (2003) “Ilmu Giziâ€. Rineka Cipta: Jakarta
. Kediri tahun 2019. Jurnal SPORTIF : Jurnal Penelitian Pembelajaran, 6(1). https://doi.org/10.29407/js_unpgri.v6i1.14021
. Moehdi, S., (2002).†Ilmu Giziâ€. Papasinar Sinanti: Jakarta
. Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
. Trianto. 2012. Model Pembelajaran Terpadu. Jakarta: Bumi Aksara
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.