MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PERMAINAN SIRKUIT UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH KELAS ATAS

Authors

  • Indria Susilawati
  • Nur Moh Kusuma Atmaja

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpjkr.v10i1.987

Abstract

Abstract: This study aims to produce a physical education learning model through circuit games for character building for elementary school students, especially the upper class, which is integrated with the character values of cooperation, responsibility and honesty. This development research was carried out by adapting the following development research steps: (1) collecting information in the field and analyzing the information that has been collected, (2) developing the initial product (model draft), (3) expert validation and revision, ( 4) small-scale field trials and revisions, (5) large-scale field trials and revisions, and (6) manufacture of the final product. The data collection instruments used were: (1) interview guidelines, (2) score scales, (3) game observation guidelines, (4) game effectiveness observation guidelines, and (5) pilot observation guidelines. The data analysis technique used is quantitative descriptive analysis and qualitative descriptive analysis. The results of this study are in the form of a manual for learning physical education through circuit games for the formation of the character of cooperation, responsibility and honesty for upper grade elementary school students, which contains four types of games, namely: (1) a game that is fast, (2) a cloth volleyball circuit game , (3) football circuit game, (4) basketball circuit game, which has been validated by experts and teachers.

Keywords: Physical Education Learning Model, Character Formation

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menghasilkan model pembelajaran pendidikan jasmani melalui permainan sirkuit untuk pembentukan karakter bagi siswa sekolah dasar khususnya kelas atas yang terintegrasi dengan nilai-nilai karakter kerja sama, tanggung jawab dan kejujuran. Penelitian pengembangan ini dilakukan dengan mengadaptasi langkah-langkah penelitian pengembangan sebagai berikut: (1) pengumpulan informasi di lapangan dan melakukan analisis terhadap informasi yang telah dikumpulkan, (2) mengembangkan produk awal (draf model), (3) validasi ahli dan revisi, (4) uji coba lapangan skala kecil dan revisi, (5) uji coba lapangan skala besar dan revisi, dan (6) pembuatan produk final. Instrumen pengumpulan data yang digunakan yaitu: (1) pedoman wawancara, (2) skala nilai, (3) pedoman observasi permainan, (4) pedoman observasi keefektifan permainan, dan (5) pedoman observasi terhadap guru pelaku uji coba. Teknik analisis data yang digunakan yaitu analisis deskriptif kuantitatif dan analisis deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini berupa buku panduan pembelajaran pendidikan jasmani melalui permainan sirkuit untuk pembentukan karakter kerja sama, tanggung jawab dan kejujuran siswa sekolah dasar kelas atas, yang berisikan empat jenis permainan, yaitu: (1) permainan siapa cepat, (2) permainan sirkuit voli kain, (3) permainansirkuit sepak bola, (4) permainansirkuit basket, yang telah divalidasi oleh ahli dan guru.

Kata Kunci: Model Pembelajaran Pendidikan Jasmani, Pembentukan Karakter


References

Borg, Wزr R. & Gall, J. P. 2007. Educational research (an Introducition). 4 th ed. New York:

Longman

Doty, J. 2006. “Sports Build Characterâ€.

Journal of College and Character

Volume VII, No. 3, April 2006

Nawawi, Hadari & Hadari, Martini. (2006).

Instrumen penelitian bidang sosial.

Yogyakarta: Gadjah Mada University

Press.

Mulyatingsih, Endang. (2011). Riset Terapan Bidang Pendidikan& Teknik.

Yogyakarta: UNY Press.

Sugiyono. (2007). Metode penelitian kuantitatif, kualitatif dan R & D. Bandung:

Alfabeta Bandung.

Wasis D. Dwiyogo. (2004). Konsep Penelitian dan Pengembangan. Makalah. Lokakarya Metodologi Penelitian Jurusan Kepelatihan Olahraga Fakultas Ilmu Keolahragaan, Universitas Negeri Semarang.

Downloads

Published

2023-01-12

How to Cite

Susilawati, I., & Atmaja, N. M. K. (2023). MODEL PEMBELAJARAN PENDIDIKAN JASMANI MELALUI PERMAINAN SIRKUIT UNTUK PEMBENTUKAN KARAKTER SISWA SEKOLAH KELAS ATAS. Jurnal Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi (Penjaskesrek), 10(1), 38–46. https://doi.org/10.46368/jpjkr.v10i1.987

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 3 > >>