PERSEPSI MAHASISWA TERHADAP KEGIATAN PEMEBELAJARAN MERDEKA BELAJAR DI LINGKUNGAN PRODI PENDIDIKAN JASMANI STKIP MELAWI
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpjkr.v9i2.815Abstract
Abstract: The purpose of this study is to describe the understanding and readiness of students in the physical education study program in the implementation of Merdeka Learning - Merdeka Campus (MBKM); and to find out the implementation of the Independent Learning - Independent Campus policy in the physical education study program. This MBKM program is very useful for students in developing insight, knowledge and competence as well as to find a different academic atmosphere. This type of research is descriptive quantitative research. The population and sample of this study were 82 active students in the Physical Education Study Program, STKIP Melawi. The results of this study indicate that most students have understood the policies of the MBKM program of activities as well as the benefits and challenges as well as opportunities for students to develop themselves. Thus, in the future, the implementation of the MBKM program can be carried out thoroughly and provide better socialization of MBKM policies.
Â
Keywords: Perception, learning, independent learning.
Â
Abstrak: Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan pemahaman dan kesiapan mahasiswa program studi pendidikan jasmani dalam implementasi Merdeka Belajar - Kampus Merdeka (MBKM); dan untuk mengetahui pelaksanaan kebijakan Merdeka Belajar - Kampus Merdeka di program studi pendidikan jasmani. Program MBKM ini sangat bermanfaat kepada mahasiswa dalam mengembangkan wawasan, pengetahuan dan kompetensi serta untuk menemukan atmosfer akademik yang berbeda. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah 82 mahasiswa aktif di program Studi pendidikan Jasmani STKIP Melawi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebagian besar mahsiswa telah memahami kebijakan program kebgiatan MBKM serta manfaat dan tantangan serta kesempatan mahasiswa untuk mengembangkan diri. Dengan demikian untuk kedepannya dalam pelaksanaan program MBKM ini bisa terlaksana secara menyeluruh serta memberikan sosialisasi kebijakan MBKM secara lebih baik lagi.
Kata kunci: Persepsi, pembelajaran, merdeka belajar
References
Direktorat Jendral Pendidikan Tinggi. (2020). Buku Panduan Merdeka Belajar-Kampus Merdeka. Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia (2020). Panduan Program Kampus Mengajar 2021. Kampus Merdeka
Siregar, Nurhayani; Sahirah, Rafidatun; Harahap, A. Am. (2020). Konsep Kampus Merdeka Belajar Di Era. 1(1).
Sugiyono. (2018). Metode penelitian kuntitatif kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui ketentuan berikut:
1. Penulis memegang hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya tersebut secara bersamaan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan atas kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2. Penulis dapat mengadakan perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk pendistribusian non-eksklusif dari versi terbitan jurnal (misalnya, mempostingnya ke repositori institusi atau menerbitkannya dalam buku), dengan pengakuan awal dari karya tersebut. publikasi di jurnal ini.
3. Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses penyerahan, karena hal ini dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih banyak atas karya yang dipublikasikan.