ANALISIS IMPLEMENTASI DELAPAN STANDAR NASIONAL PENDIDIKAN DI SEKOLAH MENENGAH PERTAMA (SMP) KABUPATEN SINTANG
DOI:
https://doi.org/10.46368/bjpd.v1i2.199Abstract
Abstract: The research objective is to analyze the implementation of eight national education standards in SMP / MTs in Sintang Regency. The specific purpose of the research is to recognize the quality standards of each school and the quality of implementation of each national standard of education. This study uses a qualitative descriptive method, with research subjects being the School Principal and School Development Team. The study population was 33 SMP / MTs in Sintang Regency. The research sample was 5 of 33 SMP / MTs in Sintang District which had been accredited in stage 1 of 2019. Data were collected using non-test instruments in the form of observation sheets, interviews, and documentation, then analyzed descriptively qualitatively. The results showed that in general the implementation of eight national education standards in SMP / MTs in Sintang District was well implemented. The implementation of 8 National Education Standards, based on data obtained from sample schools are (1) SMP Negeri 1 Kelam Permai has reached 84%; (2) SMP Negeri 2 Kelam Permai reaches 85%; (3) SMP Negeri 4 Satap 79%: (4) SMP Negeri 2 Dedai 87% and (5) SMP Negeri 8 Dedai 76% The average results of data analysis for each standard showed that the Content Standards were 89%, Process Standards 86% , 84% Graduates Competency Standards, Educators and Education Personnel Standards 64%, Facilities and Infrastructure Standards 76%, Management Standards 83%, Financing Standards 88%, and Education Assessment Standards 87%. Thus it can be concluded that the implementation of eight national education standards in SMP / MTs in Sintang District has been carried out according to the situation and condition of each school.
Keywords: analysis, eight standards
Â
Â
Abstrak: Tujuan penelitian adalah untuk menganalisis implementasi delapan standar nasioanl pendidikan di SMP/MTs Kabupaten Sintang. Tujuan khusus penelitian adalah untuk mengetahun standar mutu masing-masing sekolah dan kualitas implementasi masing-masing standar nasional pendidikan. Penelitian ini menggunakan metode diskriptif kualitatif, dengan subyek penelitian adalah Kepala Sekolah dan Tim Pengembang Sekolah. Populasi penelitian adalah 33 SMP/MTs Kabupaten Sintang. Sampel penelitian adalah 5 dari 33 SMP/MTs di Kabupaten Sintang yang telah diakreditasi tahap 1 tahun 2019. Data dikumpulkan dengan menggunakan instrumen non tes berupa lembaran observasi, wawancara, dan dokumentasi ,kemudian dianalisis secara diskriptif kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa secara umum implementasi delapan standar nasional pendidikan pada SMP/MTs di Kabupaten Sintang telah terlaksaana dengan baik. Keterlaksanaan 8 Standar Nasioal Pendidikan, berdasarkan data yang diperoleh dari sekolah sampel adalah (1) SMP Negeri 1 Kelam Permai telah mencapai 84%; (2) SMP Negeri 2 Kelam Permai mencapai 85%; (3) SMP Negeri 4 Satap 79% : (4) SMP Negeri 2 Dedai 87% dan (5) SMP Negeri 8 Dedai 76% Rata-rata hasil analisis data masing-masing standar menunjukkan bahwa Standar Isi 89%, Standar Proses 86%, Standar Kompetensi Lulusan 84%, Standar Pendidik dan Tenaga Kependidikan 64%, Standar Sarana dan Prasarana 76%, Stadar Pengelolaan 83%, Standar Pembiayaan 88%, dan Standar Penilaian Pendidikan 87%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa implementasi delapan standar nasional pendidikan pada SMP/MTs di Kabupaten Sintang telah terlaksana sesuai dengan situasi dan kondisi sekolah masing-masing..
Kata kunci: analisis, delapan standar
References
Abdul Malik. 2019. Prosedur Operasional Standar Pelaksanaan AkreditasiSekolah/Madrasah. Jakarta: Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah.
Kemendiknas. 2011.Analisis Sistem Akreditasi Sekolah/Madrasah. Jakarta: Kemendiknas
Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah (BAN-SM). 2016. Pedoman Akreditasi Sekolah/ Madrasah 2016. Badan Akreditasi Nasional Sekolah/ Madrasah (BAN-SM). Jakarta
Herdiansyah, Haris. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif untuk Ilmu-ilmu Sosial. Jakarta Selatan : Salemba Humanika.
Keputusan Badan Akreditasi Nasional Sekolah/Madrasah Nomor 082/BAN/SM/SK/2018 tentang Prosedur Operarional Standar
Sugiyono. 2015. Metode Penelitian Kuantitatif dan Kualitatif dan R&D. Bandung. Alfabeta
Suliyanto. 2009. Metode Riset Bisnis. Edisi II. Penerbit Andi Yogyakarta. Yogyakarta.
Permendiknas Nomor 24 Tahun 2007 tentang Standar Sarana Prasarana
Permendiknas Nomor 19 Tahun 2007 tentang Standar Pengelolaan
Permendiknas Nomor 69 Tahun 2009 tentang Standar Pembiayaan
Permendikbud Nomor 28 Tahun 2016 tentang Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan
Permendikbud Nomor 21 Tahun 2016 tentang Standar Isi
Permendikbud Nomor 22 Tahun 2016 tentang Standar Proses
Permendikbud Nomor 23 Tahun 2016 tentang Standar Penilaian
Permendikbud Nomor 24 Tahun 2016 tentang Kompetensi Dasar
Undang- Undang Nomor 20 Tahun 2003 BAB XVI Pasal 60 tentang Evaluasi, Akreditasi dan Sertifikasi. Jakarta: Depdiknas.
Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas