ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 07 GANJANG

Authors

  • Mareance Mareance
  • Septian Peterianus
  • Ason Ason

DOI:

https://doi.org/10.46368/bjpd.v2i2.451

Abstract

Abstract: This study aims to determine how the implementation of the 2013 curriculum at SD
Negeri 07 Ganjang. The subjects in this study were the Principal, Class Teachers and
Curriculum Fields at SD Negeri 07 Ganjang. This study used a qualitative descriptive research
method, then the data collection techniques in this study used observation, questionnaires,
interviews and documentation, the research instruments used interview sheets and
questionnaire sheets. The results of the study concluded that in implementing the 2013
curriculum at SD Negeri 07 Ganjang it was going very well, it was obtained through the results
of interviews and questionnaires filled in by 5 teachers or by obtaining a percentage of 100%
with an average of 92% application very well. While the results of the interviews showed that
the planning, implementation and assessment had been carried out well, even though there
were some deficiencies that the teacher had not implemented in the classroom, so that the 2013
curriculum in elementary schools could run as it should.
Keywords: Application, 2013 Curriculum, Elementary School.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan kurikulum 2013 di
SD Negeri 07 Ganjang. Subjek pada penelitian ini yaitu Kepala Sekolah, Guru Kelas dan
Bidang Kurikulum di SD Negeri 07 Ganjang. Penelitian ini menggunakan metode penelitian
deskriptif kualitatif, kemudian teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan
observasi, angket, wawancara dan dokumentasi, instrumen penelitian menggunakan lembar
wawancara dan lembar angket. Hasil penelitian disimpulkan bahwa dalam menerapkan
kurikulum 2013 di SD Negeri 07 Ganjang sudah berjalan dengan sangat baik, hal itu di peroleh
melalui hasil wawancara dan hasil angket yang di isi oleh 5 orang guru atau dengan
memperoleh persentase sebesar 100% dengan rata-rata sebesar 92% penerapannya dengan
sangat baik. Sedangkan hasil wawancara di peroleh hasil bahwa dalam perencanaan,
pelaksanaan dan penilaiannya sudah terlaksana dengan baik, meskipun ada beberapa
kekurangan yang belum diterapkan guru di dalam kelas, dengan begitu kurikulum 2013 di
Sekolah Dasar tersebut dapat berjalan sebagaimana mestinya.

Kata Kunci : Penerapan, Kurikulum 2013, Sekolah Dasar.

References

Alawiyah, F. (2017). Standar Nasional

Pendidikan Dasar Dan Menengah.

Jurnal Aspirasi Vol 8 No 1, Juni

Aldeska. (2018). Analisis Penerapan

Kurikulum 2013 Ditinjau Dari

Standar Proses Pada Materi Fisika

Kelas X di SMA Yadika Natar.

Jurnal of Komodo Sciences

Education. Vol.01 No 01. November

Fadillah, M. (2014). Implementasi

Kurikulum

Dalam

Pembelajaran SD/MI, SMP/MTS dan

SMA/MA. Yogyakarta: Ar-Ruzz.

Kurniasih dan Sani. (2014). Strategistrategi

Pembelajaran. Bandung:

Alfabeta.

Mulyasa, E. (2013). Pengembangan dan

Implementasi Kurikulum 2013.

Bandung: Remaja Rosdakarya.

Satori, D. (2011). Metode Penelitian

Kualitatif. Bandung: Alfabeta

Sugiyono (2012). Metode Penelitian

Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif

dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sukmadinata, N. S. (2011). Metode

Penelitian Pendidikan. Bandung:

Remaja Rosdakarya

Downloads

Published

2021-10-21

How to Cite

Mareance, M., Peterianus, S., & Ason, A. (2021). ANALISIS PENERAPAN KURIKULUM 2013 DI SEKOLAH DASAR NEGERI 07 GANJANG. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 68–77. https://doi.org/10.46368/bjpd.v2i2.451

Citation Check

Most read articles by the same author(s)