UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DI KELAS IV SDN 26 MENTATAI BELOYANG

Authors

  • Elyusno Elyusno SDN 26 Mentatai Beloyang, Indonesia
  • Mutazam Mutazam STKIP Melawi
  • Ason Ason STKIP Melawi

DOI:

https://doi.org/10.46368/bjpd.v2i1.379

Abstract

Abstract:This classroom action research aims to find out the improvement of student learning outcomes using the jigsaw method. Specifically this study aims to describe the improvement in student learning outcomes using the jigsaw method in class student IV SDN 26 Mentatai Beloyang. This research was conducted in two cycles, each cycle divided into 4 steps, consisting of planning, implementing actions, observing and reflecting.The research method used is PTK which refers to Kemmis Mc Taggart model. Data collected in the form of student learning outcomes. Data collection techniques used are question sheets. Research data is described through tables to see an increase in student learning outcomes that are quantitative.The results of the study can be concluded as follows: 1) learning planning is prepared based on the results of the previous cycle of reflection that is done in each cycle. 2) after the implementation of learning using the jigsaw method. 3) student learning outcomes in cycle I amounted to 41.66%, whereas in cycle II it was 100% and experienced an increase of 58.34%. For KBM in cycle I gained 86.32 while cycle II became 100% increased by 13.68%.

Keywords: Learning Outcomes, Jigsaw Method.

 

Abstrak : Penelitian tindakan kelas ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode jigsaw. Secara khusus penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar siswa menggunakan metode jigsaw pada siswa kelas IV SDN 26 Mentatai Beloyang. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus, setiap siklus terbagi menjadi 4 langkah, terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, pengamatan dan refleksi. Metode penelitian yang digunakan adalah metode Penelitian Tindakan kelas (PTK) yang mengacu pada model Kemmis Mc Taggart. Data yang dikumpulkan berupa nilai hasil belajar siswa. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah lembar soal. Data penelitian dideskripsikan melalui tabel untuk melihat peningkatan hasil belajar siswa yang bersifat kuantitatif.Hasil penelitian dapat disimpulkan sebagai berikut: 1) perencanaan pembelajaran disusun berdasarkan hasil refleksi siklus sebelumnya yang dilakukan pada setiap siklus. 2) setelah pelaksanaan pembelajaran menggunakan metode jigsaw. 3) hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 41.66%, sedangkan pada siklus II menjadi sebesar 100% dan mengalami peningkatan sebesar 58.34%. Untuk Kegiatan Belajar Mengajar (KBM) pada siklus I memperoleh 86.32% sedangkan siklus II menjadi 100%, mengalami peningkatan sebesar 13.68%.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Metode Jigsaw.

                         

References

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Darmono, Sapto, I. dan Sudarsih. (2008). Pendidikan Kewarganegaraan Untuk SD/MI Kelas V . Jakarta: Pusat Perbukuan Departemen Pendidikan Nasional.

Husna. (2013). Penerapan Model Kooperatif Tipe STAD sebagai Upaya Meningkatkan Pemahaman Operasi Hitung Campuran Bilangan Bulat di SDN Hilir Mesjid Kecamatan Anjir Pasar Kabupaten Barito Kuala. Banjarmasin: Tidak diterbitkan.

Killen, R. (2011). Kelebihan Pembelajaran Kooperatif. online. Tersedia di http://www.langkahpembelajaran.com/2011.03/pengertian-fungsi-dan-tujuan.html. Diakses PadaTanggal 2 Maret 2019.

Malik, F. (2014). Penerapan Metode Permainan Untuk Meningkatkan Hasl Belajar PKn Siswa Kelas V SD Negeri Krogowana. Online. Tersedia di http://eprints.uny.ac.id/18535 /3/BAB%2010401241010.pdf. Diakses PadaTanggal 25 Juli 2019.

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Downloads

Published

2021-04-18

How to Cite

Elyusno, E., Mutazam, M., & Ason, A. (2021). UPAYA MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA MATA PELAJARAN PKN MENGGUNAKAN METODE JIGSAW DI KELAS IV SDN 26 MENTATAI BELOYANG. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(1), 7–11. https://doi.org/10.46368/bjpd.v2i1.379

Issue

Section

Articles

Citation Check