Manajemen Sarana dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Kamil

Authors

  • Deni Lesmana STKIP Melawi, Indonesia
  • Eko Rudiansyah STKIP Melawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jppsd.v3i2.4256

Keywords:

Manajemen, Sarana dan Prasarana, Hasil Belajar.

Abstract

Abstract: This research was conducted with the aim of finding out how facilities and infrastructure are managed and the role of facilities and infrastructure management on the learning outcomes of class IV students at SDIT Insan Kamil. The research method used is a qualitative descriptive method. The population and sample for this research was class IV at SDIT Insan Kamil, totaling 28 students. The instruments used in this research were observation sheets and interview sheets. The data processing techniques used are data reduction techniques and data presentation techniques. The results of this research are to determine the planning, organization, procurement, implementation and management of facilities and infrastructure on the learning outcomes of class IV students at SDIT Insan Kamil. Keyword: Management, Facilities and Infrastructure, Learning Outcomes. Abstrak: Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui, bagaimana manajemen sarana dan prasarana dan bagaimana peran manajemen sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDIT Insan Kamil. Metode penelitian yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Populasi dan sampel penelitian ini adalah kelas IV di SDIT Insan Kamil yang berjumlah 28 siswa. Instrument yang digunakan dalam penelitian ini adalah lembar observasi dan lembar wawancara. Teknik pengolahan data yang digunakan yaitu teknik reduksi data dan teknik penyajian data. Hasil penelitian ini adalah untuk mengetahui perencanaan, pengorganisasian, pengadaan, pelaksanan dan pengelolaan manajemen sarana dan prasarana terhadap hasil belajar siswa kelas IV di SDIT Insan Kamil. Kata Kunci: Manajemen, Sarana dan Prasarana, Hasil Belajar.

References

Arikunto, S. & Yuliana, L. (2012). Manajemen Pendidikan. Yogyakarta: Aditya Media.

Ason, Y., & Anggorowati, K. D. (2022). Manajemen Pendidikan Sekolah. Yogyakarta: Jivaloka.

Bafadal, & Ibrahim. (2008). Manajemen Perlengkapan Sekolah Teori dan Aplikasinya. Multi Karya Mulya, 7-11.

Barnawi, & M. A. (2012). Manajemen Sarana dan Prasarana Sekolah. Ar-Ruzz Media, 13-16.

Depdiknas. (2007). Manajemen Sarana dan Prasarana Pendidikan. Dirjen Peningkatan Mutu dan Kependidikan, 2-10.

Fadhillah, N. I. (2020). Peranan Sarana dan Prasarana Pendidikan. Syarif Hidayutullah, 1-10

George R. Terry & Leslie W. Rue. (2019). Dasar-Dasar Manajemen. Jakarta: Bumi Aksara.

Griffin, Ricky. W. (2021). Manajemen edisi 7 Jilid 1. Jakarta: Erlangga

Hasibuan, Malayu S.P. (2014). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Bumi Aksara

Herawati, N., Tobari, & Missriani. (2020). Analisis Pengolahan Sarana dan Prasarana Pendidikan. ISSN, 4, 3-4.

Luther Gulick. (2019). Manajemen Sumber Daya Manusia Eri Susan 1. Jurnal Manajemen Pendidikan, 9(2), 952–962.

Mulyasa, E. (2015). Guru Dalam Implementasi Kurikulum 2013. PT Remaja Rosdakarya.

Mumtaz, F. (2017). Kupas Tuntas Metode Penelitian. Pustaka Diantara.

Rachman, Maman. (2015). 5 Pendekatan Penelitian. Yogyakarta: Magnum Pustaka.

R. Miski. (2015). Pengaruh Sarana dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa. TA'DIBI ISSN, 70.

Sriwahyuni, Eci, dan Muhammad Kristiawan. (2019). Strategi Kepala Sekolah Dalam Mengimplementasikan Standar Nasional Pendidikan. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 4(1), 101-116. Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

________. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sutisna, N. W., & Effane, A. (2022). Fungsi Manajemen Sarana dan Prasaran. Karimah Tauhid, 1, 228-230.

Downloads

Published

2025-05-25

How to Cite

Lesmana, D., & Rudiansyah, E. (2025). Manajemen Sarana dan Prasarana Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas IV di Sekolah Dasar Islam Terpadu Insan Kamil. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 3(2), 47–56. https://doi.org/10.46368/jppsd.v3i2.4256

Issue

Section

Articles

Citation Check

Similar Articles

1 2 3 4 > >> 

You may also start an advanced similarity search for this article.