Penerapan Media Pembelajaran Dengan Menggunakan Kelereng Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Hitung Perkalian di Kelas III SD IT Bustanul Qur’an
DOI:
https://doi.org/10.46368/jppsd.v2i2.2134Keywords:
Pemahaman Konsep, Media KelerengAbstract
Keywords : Concept Understanding, Marbles Media.
Â
Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui apakah penerapan media pembelajaran dengan menggunakan kelereng bisa meningkatkan pemahaman konsep hitung perkalian dalam pembelajaran matematika. Populasi kelas III dengan jumlah 12 siswa. Penelitian ini menggunakan metode PTK dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif serta menggunakan desing Kemis dan MC Taggart. Hasil penelitian diperoleh setelah melaksanakan II Siklus. Pada Siklus I jumlah nilai keseluruhan 970 dengan nilai rata-rata 80,33 sedangkan pada siklus II jumlah nilai keseluruhan sebanyak 1.090 dengan rata-rata 90,73.Untuk mengetahui peningkatan Peneliti menggunakan rumus N – Gain sebesar 0,533808 dengan kriteria sedang. Dari hasil yang di peroleh ini cukup memuaskan da dapat disimpulkan bahwa penerapan media pembelajaran dengan menggunakan kelereng bisa meningkatkan pemahaman konsep hitung perkalian di kelas III di SD IT Bustanul Qur’an.
Kata Kunci : Pemahaman Konsep, Media KelerengReferences
Anwary, N. (2017). Meningkatkan Pemahaman Konsep Hitung Perkalian Dengan Menggunakan Kelereng Sebagai Media Pembelajaran Di Kelas III.Jurnal Penelitian Universitas Jambi, 7, 1–13. https://repository.unja.ac.id/2197/
Ernawati, R., Saputri, LD, & Permatasari,R. (2022). Implementasi Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Perkalian Bilangan Bulat Pada Siswa Kelas Vii Smpn 06 Satu Atap Belimbing. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika , 2 (2), 15-19.
Ekayani, P. (2017). Pentingnya Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Pendidikan Ganesha Singaraja , 2 (1), 1-11.
Dedy Hamdani, E. K. Dan I. S. (2012). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Dengan Menggunakan Alat Peraga Terhadap Pemahaman Konsep Cahaya Kelas VIII Di SMP Negeri 7 Kota Bengkulu. Jurnal Penelitian Universitas Bengkulu, 9, 10.
Febriyanto, B., Haryanti, Y. D., & Komalasari, O. (2018). PeningkatanPemahaman Konsep Matematis Melalui Penggunaan Media Kantong Bergambar Pada Materi Perkalian Bilangan Di Kelas II Sekolah Dasar. Jurnal Cakrawala Pendas, 4(2), 32. https://doi.org/10.31949/jcp.v4i2.10
Novitasari, D. (2016). Pengaruh Penggunaan Multimedia Interaktif Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Siswa. FIBONACCI: Jurnal Pendidikan Matematika Dan Matematika, 2(2), 8-18.
Rahmi, A., & Fatmawati, F. (2022). Strategi Guru dalam Mengembangkan Orientasi Mobilitas pada Siswa Tunanetra di SLB N 1 Ampek Angkek. Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus, 11(1).