ANALISIS MINAT MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK BAHASA INDONESIA DI KELAS III

Authors

  • Tia Mariani Ningsih STKIP Melawi
  • Septian Peterianus STKIP Melawi, Indonesia
  • Ahmad Khoiri STKIP Melawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i1.1001

Abstract

Penelitian ini didasari minat membaca siswa kelas III SD Negeri Kelakik pada mata pelajaran tematik bahasa Indonesia. Tujuan penelitian mengetahui minat membaca, faktor pendukung minat membaca dan upaya guru menumbuhkan minat membaca siswa. Metode penelitian menggunakan kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Subjek penelitian guru kelas III dan siswa kelas III. Objek penelitian minat membaca siswa pada pembelajaran tematik mata pelajaran bahasa Indonesia. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara dan dokumentasi. Instrumen penelitian menggunakan lembar wawancara. Hasil penelitian diperoleh minat membaca siswa kelas III SD Negeri 28 Kelakik sangat baik dimana siswa senang membaca. Kegemaran membaca siswa kelas III diperoleh melalui pembiasaan dan latihan yang dilakukan guru dalam membudayakan membaca diawal pembelajaran sehingga siswa menjadi terbiasa dan berminat untuk membaca. Faktor yang mempengaruhi minat baca siswa yaitu perasaan senang terhadap membaca membuat siswa merasa tertarik dan akhirnya muncul keinginan membaca buku. Perhatian dan kesadaran dari diri siswa dalam aktivitas membaca mampu mengontrol kestabilan emosionalnya sehingga lebih mudah dan tepat dalam membaca. Motivasi seperti ajakan dari guru dalam membiasakan membaca membuat siswa menjadi tertarik dan gemar membaca buku. Guru mampu menjadi kreator, fasilitator dan mengevaluasi dalam meningkatkan minat baca siswa. Lingkungan literasi di kelas mempengaruhi perkembangan minat siswa dalam membaca. Fasilitas membaca sangat mendorong siswa untuk membaca seperti buku bacaan, perpustakaan, tempat membaca. Strategi yang dilakukan guru adalah membiasakan siswa membaca buku, mengajak siswa membaca buku di perpustakaan dan memberikan motivasi untuk membaca buku sehingga siswa menjadi senang dan gemar membaca.

References

Achmadi, A & Narkubo, C. (2015). Metodologi Penelitian. Jakarta: Bumi Aksara.

Albar, J., & Mastiah, M. (2022). Analisis Penerapan Kurikulum Merdeka Terhadap Kecerdasan Interpersonal Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 10(2), 273-279.

Albar, J., Wardani, S., & Sarwi, S. (2021). The Effect of Flipped Classroom Based STEAM Approach on Mastery of Concepts and Interpersonal Intelligence in Online Learning. Journal of Primary Education, 10(2), 130-141.

Astari, A.W.N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Directed Reading Thinking Activity (DRTA) Terhadap Keterampilan Membaca Cepat Siswa. Journal Of Education Technology. 3:2.

Darmadi, H. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Sosial. Bandung: Alfabeta.

Muklis, M. 2012. Pembelajaran Tematik. Jurnal Fenomena. 4:1.

Mumpuni, A. (2019). Analisa Faktor yang Mempengaruhi Minat Baca Mahasiswa PGSD. Journal Riset Pedagogik. 3:2.

Permatasari, R.A. (2018). Pengaruh Program Reading Classroom Terhadap Minat Baca Siswa Di Perpustakaan SD Negeri Badean 1 Bondowoso. Jurnal Manajemen Pendidikan. 6:3.

Rahayu, R. (2018). Korelasi Antara Minat Baca Dengan Kemampuan Membaca Pemahaman Mahasiswa PBSI FKIP Universitas Syiah Kuala. Jurnal Bahasa dan Sastra. 12:1.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Zelpamailiani. (2020). Upaya Meningkatkan Minat Baca Siswa Sekolah Dasar Gugus IV Di Kecamatan Koto XI Tarusan. Jurnal Social, Humanities, and Education Studies (SHEs): Confrence Series. 3:4.

Downloads

Published

2023-01-31

How to Cite

Ningsih, T. M., Peterianus, S., & Khoiri, A. (2023). ANALISIS MINAT MEMBACA SISWA PADA MATA PELAJARAN TEMATIK BAHASA INDONESIA DI KELAS III. JURNAL PENDIDIKAN DAN PEMBELAJARAN SEKOLAH DASAR, 1(1), 1–9. https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i1.1001

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>