Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Sindy Chintyawati Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Riki Perdana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/qjpia.v4i1.962

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengembangkan perangkat pembelajaran berupa RPP, LKPD, dan instrumen penilaian berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi suhu dan kalor untuk dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah R&D (Research and Develop) dengan jenis penelitian 4D yaitu define, design, develop,  disseminate. Pada tahapan disseminate dilakukan penyebaran dengan mengirimkan artikel yang telah dibuat ke jurnal yang hendak dituju. Hasil penelitian menunjukkan bahwa perangkat penelitian yang telah dirancang terkategori sangat valid dengan persentase validasi RPP sebesar 84,46%, instrumen penilaian sebesar 78,78%, dan LKPD sebesar 82,48%. Perangkat pembelajaran dapat dikategorikan sangat valid jika  persentase validasi lebih besar dari 80%.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Chintyawati, S., & Perdana, R. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Fisika Berbasis Problem Based Learning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA Dan Aplikasinya, 4(1), 24–30. https://doi.org/10.46368/qjpia.v4i1.962

Issue

Section

Articles

Citation Check