Pengembangan Media Pembelajaran Fisika 3D Application Scratch Topik Pengukuran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Putri Dwi Wahyuni Universitas Negeri Yogyakarta
  • Riki Perdana

DOI:

https://doi.org/10.46368/qjpia.v4i2.1748

Abstract

Abstract

Physics is a complex and abstract subject. Students frequently struggle with comprehending physics material due to its abstract nature and the challenge of visualizing its concepts. Consequently, employing suitable educational tools becomes essential to facilitate students' comprehension of physics content. The utilization of learning aids stands as a pivotal element in enhancing the overall quality of physics education. Creating physics learning materials requires careful attention to various elements to ensure their effectiveness in aiding students' comprehension of physics concepts. The creation of the Scratch educational tools designed for measurement material aims to enhance students' motivation to learn, make learning more interesting and fun, and increase students' understanding of the measurement material. The aspiration is for the creation of Scratch-based educational resources tailored for high school class 10 measurement topics to serve as a viable option in enhancing the quality of learning materials for measurement. This study follows a developmental approach employing a 4D model encompassing (1) Defining, (2) Designing, (3) Developing, and (4) Disseminating. The analysis of the questionnaire test data indicates that the implementation of 3D Scratch-based physics learning applications focusing on measurement topics significantly enhances student learning outcomes, making it highly suitable for educational use. This is proven by the validation results of 3 aspects with a total display value of 3.58, access of 3.38, and language of 3.6.

Keywords: Learning media, physics, measurement.

Abstrak

Fisika merupakan mata pelajaran yang kompleks dan abstrak. Materi fisika sering kali tidak mudah bagi siswa untuk memahami karena melibatkan konsep yang rumit untuk dipahami. Karena itu, diperlukan alat bantu pembelajaran yang sesuai untuk mempermudah siswa untuk memahami materi pelajaran fisika.. Pemanfaatan alat bantu pembelajaran menjadi elemen krusial dalam meningkatkan standar pembelajaran fisika. Pengembangan media pembelajaran fisika perlu dilakukan dengan memperhatikan beberapa aspek supaya alat bantu pembelajaran yang dibuat mampu memberikan hasil efektif dalam menolong siswa memahami konsep fisika. Tujuan pengembangan media pembelajaran Scratch untuk materi pengukuran adalah menggalang semangat belajar siswa, menghadirkan pengalaman belajar yang lebih menarik dan seru, serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap topik pengukuran. Pengembangan media pembelajaran Scratch untuk materi pengukuran di kelas 10 SMA diharapkan menjadi opsi yang dapat meningkatkan mutu pembelajaran dalam topik pengukuran. Studi ini adalah penelitian pengembangan yang menerapkan model 4D yang meliputi (1) Pendefinisian, (2) Perancangan, (3) Pengembangan, dan (4) Penyebaran. Dari data evaluasi berupa uji angket, disimpulkan bahwa penggunaan aplikasi fisika 3D Scratch pada topik pengukuran secara signifikan meningkatkan pencapaian belajar siswa, sehingga merupakan opsi yang sesuai untuk digunakan dalam pembelajaran. Hal ini terbukti  dengan hasil validasi 3 aspek dengan nilai total tampilan sebesar 3.58, akses sebesar 3.38, dan bahasa sebesar 3.6.

Kata-kata kunci: Media pembelajaran, fisika, pengukuran.

References

Aminoto, T., Dani, R., & Lestari, N. (2020). Penerapan Inovasi Termometer Gas Sebagai Media Pembelajaran Fisika di SMAN 3 dan SMAN 5 Sungai Penuh. Jurnal Karya Abdi, 4(1).

Fatimah, H., & Bramastia, B. (2021). LITERATUR REVIEW PENGEMBANGAN MEDIA PEMBELAJARAN SAINS. INKUIRI: Jurnal Pendidikan IPA, 10(2). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v10i2.57255

Gunawan, D., & al Irsyadi, F. Y. (2016). PEMANFAATAN PEMROGRAMAN VISUAL SEBAGAI ALTERNATIF PEMBUATAN MEDIA BELAJAR BERBASIS GAME DAN ANIMASI. Warta LPM, 19(1). https://doi.org/10.23917/warta.v19i1.1984

Kusumawati, E. R. (2022). Efektivitas Media Game Berbasis Scratch pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(2). https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i2.2220

LIZA, S. (2021). UPAYA PENINGKATAN MINAT DAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS XII.IPA.3 SMAN 3 MUARO JAMBI MELALUI MEDIA PEMBELAJARAN ANIMASI 3 DIMENSI TAHUN PELAJARAN 2018/2019. SCIENCE : Jurnal Inovasi Pendidikan Matematika Dan IPA, 1(2). https://doi.org/10.51878/science.v1i2.522

Meduri, N. R. H., Firdaus, R., & Fitriawan, H. (2022). EFEKTIFITAS APLIKASI WEBSITE DALAM PEMBELAJARAN UNTUK MENINGKATKAN MINAT BELAJAR PESERTA DIDIK. Akademika, 11(02). https://doi.org/10.34005/akademika.v11i02.2272

N.L.A. Puspitawati. (2022). PENGGUNAAN YOUTUBE SEBAGAI SALAH SATU ALTERNATIF MEDIA PEMBELAJARAN DARING BAHASA INDONESIA. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Bahasa Indonesia, 11(1). https://doi.org/10.23887/jurnal_bahasa.v11i1.752

Nurfadhillah, S., Ningsih, D. A., Ramadhania, P. R., & Sifa, U. N. (2021). Peranan Media Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Sd Negeri Kohod III. Pensa: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(2).

Priyambodo, E., Wiyarsi, A., Lis, D. R., & Sari, P. (2012). Pengaruh Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Web terhadap Motivasi Belajar Mahasiswa. Jurnal Kependidikan, 42(2).

Sari, T. K. (2019). PENINGKATAN MINAT BELAJAR FISIKA MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS MULTIPLE INTELLIGENCE BAGI PESERTA DIDIK SMK. Tajdidukasi: Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam, 8(1). https://doi.org/10.47736/tajdidukasi.v8i1.260

Sariana, N., Ahmad, A., & Umi, K. (2017). Pengaruh Penerapan Brain Gym Terhadap Minat Belajar Pada Mata Pelajaran Fisika. Jurnal Pendidikan Fisika, 5(2).

Susilo, A. (2020). Penggunaan Metode Pembelajaran Eksperimen untuk Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Materi Pengukuran Siswa. Jurnal Ilmiah Pendidikan Profesi Guru, 3(3). https://doi.org/10.23887/jippg.v3i3.29861

Telaumbanua, D. (2022). Analisis Kualitas Pembelajaran Dan Hasil Belajar Fisika. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(1). https://doi.org/10.56248/educativo.v1i1.38

Wanahari, M., Amry, Z., & Simamora, E. (2022). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Penemuan Terbimbing Menggunakan Hypercontent untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis Matematis Siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 6(1). https://doi.org/10.31004/cendekia.v6i1.1226

Yusdarina, Y. (2020). PENERAPAN PENDEKATAN KONTEKSTUAL BERBANTUAN MEDIA PEMBELAJARAN DALAM MENINGKATKAN MINAT DAN PEMAHAMAN KONSEP FISIKA SISWA. Karst : JURNAL PENDIDIKAN FISIKA DAN TERAPANNYA, 3(2). https://doi.org/10.46918/karst.v3i2.770

Downloads

Published

2024-08-30

How to Cite

Wahyuni, P. D., & Perdana, R. (2024). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika 3D Application Scratch Topik Pengukuran untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA Dan Aplikasinya, 4(2), 32–38. https://doi.org/10.46368/qjpia.v4i2.1748

Issue

Section

Articles

Citation Check