UPAYA ORANG TUA DALAM MENGATASI PENGGUNAAN GADGET PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v3i1.1027Abstract
Penelitian didasari pada pengenalan dan penggunaan gadget pada anak usia dini tanpa pengawasan dari orang tua. Tujuan penelitian mengetahui penggunaan gadget, bagaimana cara orang tua mengatasi penggunaan gadget, dan dampak positif atau negatif bagi anak usia dini. Penelitian menggunakan metode kualitatif, jenis deskriftif. Subjek dalam penelitian adalah orang tua anak PAUD Mutiara Hati Kelakik. Objek dalam penelitian adalah upaya orang tua dalam mengatasi penggunaan gadget pada anak usia dini. Teknik pengumpulan data menggunakan angket dan wawancara. Analisis data meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian tentang upaya orang tua dalam mengatasi penggunaan gadget pada anak usia dini, yaitu dengan cara membatasi waktu penggunaan gadget pada anak, menegur anak, mengajak anak bermain, mengajak anak keluar rumah (jalan-jalan atau ketempat keluarga), membiarkan anak bermain diluar rumah dan menyuruh anak bermain ketempat temannya. Dampak positif dalam penggunaan gadget pada anak yaitu dapat mempermudah anak dalam belajar, anak mudah menerima pelajaran, anak cepat tanggap saat menggunakan gadget, anak bisa mengetahui banyak hal dari gadget, anak bisa belajar mengenal warna dan huruf. Dampak negatif dalam penggunaan gadget pada anak yaitu anak kurang bersosialisai, tidak baik bagi kesehatan mata pada anak, anak menjadi lupa waktu, anak lebih banyak mengurung diri dikamar kalau sudah fokus bermain gadget anak menjadi tidak mau diganggu, anak suka rewel ketika meminta memainkan gadget, marah jika tidak dikasi bermain gadget, dan anak menjadi suka meniru. Berdasarkan hasil penelitian yang telah peneliti laksanakan dapat disimpulkan bahwa memberikan gadget pada anak usia dini dapat memberikan dampak tersendirinya yaitu bisa berupa positif dan negatif, memberikan gadget pada anak tentu sudah menjadi hal yang biasa pada era modern ini namun walaupun kita memberikannya pada anak sebaiknya kita selaku orang tua harus selalu mengawasi anak ketika anak menggunakan gadget dan selalu membatasi waktu anak saat menggunakan gadget.
References
Derry, I. 2013. Bila Sikecil Bermain Gadget. Jakarta: Bisakimia.
Ferliana. 2016. Anak Dan Gadget Yang Penting Aturan Main. Di Unduh Pada 10 Januari 2016 dari: http://nakita.grid.id/balita,anak-dangadgetyangpenting-aturan-main?page=2.
Lestari, N.G.A.M.Y. 2018. Stimulasi Membaca Pemula Anak Usia Dini. Pratama Widya, Vol. 3, No.2:2.
Manumpil, dkk. 2015. Hubunggan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negri 9 Manado. Ejoural Keperawatan (e-Kep) volume 3 no 2. http://ejournal.ejurnal.unikama.ac.id, di akses 19 April 2017.
Mardiyah, 2015. Peran Orang Tua Dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian Anak. Jurnal Kependidikan. 3 (2) halaman:112.
Pebriana, P. H. 2017. Analisis Penggunaan Gadget Terhadap Kemampuan Interaksi Sosial Pada Anak Usia Dini. Jurnal Obsesi,1(1), 1-11.
Putri, U.L. dan Ardisal. 2019. Pola Asuh Orang Tua Penyandang Tunagrahita dalam Kemandirian Anak Tunagrahita di Bungo Pasang Painan. Jurnal Of Multidicsiplianry Research and Development, Vol. 2, No 1:96.
Sukardi. 2016. Metode Penelitian Pendidikan Kompentensi dan Praktiknya. Jakarta: Bumi Aksara.
Suwarsi. 2016. Pengaruh Gadget Terhadap perkembangan Anak. Hasil Seminar 25 September 2016.
Trinika Dkk. 2015. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Pra Sekolah (3-6 Tahun) Di TK Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015. Pontianak: Universitas Tanjungpura
Wijayanti, F.T. 2019. Peran Orang Tua Dalam Mengembangkan Kecerdasan spiritual Anak. Jakarta: Universitas Terbuka.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.