ANALISIS PENYEBAB KURANGNYA MOTIVASI BELAJAR IPS SISWA KELAS V SDN 01 SEMANGET

Sukristin Sukristin

Abstract


Abstract: this research aims to find out the cause of motivation lack in social science learning in Public Elementary School 01 Semanget, sub-district Entikong. The method is qualitative-descriptive. The results of this research are 1) based on the questionnaire result shows that the good criteria is in 10%, the good enough criteria is in 20% and the inadequate criteria is in 70%. It shows the highest questionnaire result percentage is in the inadequate criteria. 2) and the result of interview shows that the causes of motivation lack in science learning are the student competence, the student environment condition, and the technology development in this era. 3) according to the documentation data shows that the student score from the theme 1 to the theme 3, including the criteria of science learning score is in “the inadequate criteria”. It can conclude that the student motivation is inadequacy and the causes of student motivation lack in social science learning are 1) the student competence, 2) the environment condition, and 3) the effect of technology development

Keyword : learning outcomes, motivation, technologicaldevelopment

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai penyebab kurangnya motivasi belajar IPS di SDN 01 Semanget Kecamatan Entikong.  Metode penelitian ini adalah Kwalitataf dengan pendekatan deskriptif kwalititatif. Hasil penelitian 1) dilihat dari hasil angket menunjukan kriteria baik  berada pada 10%, kriteria cukup  20% dan kriteria kurang berada pada 70%. Presentase hasil angket yang lebih banyak adalah kriteria kurang,  2) hasil wawancara, penyebab kurangnya motivasi belajar IPS adalah karena disebabkan oleh kemampuan siswa itu sendiri, kondisi lingkungan siswa, dan perkembangan teknologi pada saat ini,  3) dari data dokumentasi menunjukan  nilai siswa dari tema 1 sampai tema 3, berserta kriteria nilai IPS siswa adalah masih kurang. Penelitian ini dapat disimpulkan bahwa motivasi siswa masih sangat kurang, dan penyebab dari kurangnya motivasi belajar IPS siswa kelas V, ada tiga penyebab yaitu: 1) Kemampuan Siswa, 2) Kondidsi lingkungan, 3) Pengaruh Perkembnagan teknologi.

Kata Kunci : Hasil Belajar, motivasi, perkembangan teknlogi


Full Text:

PDF

References


Ahmad Susanto. (2015). Teori belajar dan pembelajaran di seko Groub: Jakarta.

Kencana Perdana Media

Emzir.(2010). Metodologi Penelitian Kualitatif Analisis Data.RajaWali Pers:

Jakarta.

Rukaesih A. Maolani & Ucu Cahyana.(2015). Metodologi Penelitian

Pendidikan.Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Sugiyono. (2017) Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta,cv:

Bandung.

Artikel Jurnal

Aan Prabowo Heriyanto. (2013). Analisis Pemanfaatan Buku Elektronik (E-BOOK)

Oleh Pemustaka Di Perpustakaan SMA Negeri 1 Semarang.Jurnal Ilmu

Perpustakaan. VoL:2 No:2. hh. 5

Ditha Prasanti. (2018). Penggunaan Media Komunikasi Bagi Remaja Perempuan

Dalam Pencarian Informasi Kesehatan. Jurnal Lontar. Vol:6. Hh. 16

P. Reviananda. (2013). Pengaruh sikap tentang cara mengajar guru dan

penggunaan alat bantu pelajaran IPS terhadap motivasi belajar siswa. Jurnal

ekonomi dan pendidikan.hh. 13-14.

Sardiman A.M. (2011). Mengungkapkan ada beberapa bentuk dan cara untuk

menumbuhkan motivasi.Jurnal artide.hh. 15-16.

Suprihatin Siti. (2015). Upaya meningkatkan motivasi belajar siswa.JurnalPendidikan Ekonomi Um Metro. No:1 VoL:3. ISSN:2442-9449, h74-81




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.744

Article Metrics

Abstract view : 300 times
PDF - 75 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Lisence:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.