MENINGKATKAN HASIL BELAJAR ILMU PENGETAHUAN SOSIAL KELAS III MENGGUNAKANMETODE TANYA JAWAB
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v8i2.270Abstract
Hasil belajar IPS siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 21 Sei Ima Kecamatan Sekayam belum mencapai KKM yang ditentukan.  disebabkan guru hanya menggunakan metode ceramah dan belum menggunakan media pembelajaran. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui peningkatan hasil belajar IPS menggunakan metode tanya jawab pada siswa kelas III Sekolah Dasar Negeri 21. Penelitian ini berbentuk penelitian tindakan kelas terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Subjek dalam penelitian adalah guru dan siswa yang berjumlah 7 orang siswa. Hasil penelitian tindakan kelas menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengajar guru yaitu pada siklus I kemampuan mengajar guru tergolong dalam kategori baik. Kemudian hasil belajar siswa juga meningkat, pada siklus I siswa yang hasil belajarnya mencapai KKM berjumlah 5 orang dengan persentase 57,14 %. Kesimpulan dari penelitian ini adalah pembelajaran dengan metode tanya jawab dapat meningkatkan hasil belajar pada pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS) pada materi jenis-jenis pekerjaan.
Â
Kata Kunci: Hasil belajar, Metode Tanya Jawab, dan Mata Pelajaran IPS.
References
DAFTAR PUSTAKA
Agus N. Cahyo, (2013). Panduan aplikasi Teori-Teori Belajar Mengajar. Jogjakarta: DIVA Press.
Dimyanti, Mujiono, (2009). Belajar dan Pembelajaran.Rineka Cipta. Jakarta.
Gunawan, (2011). Model Pembelajaran IPS Sekolah Dasar dan Penerapannya dalam KTSP, Tiara Wacana, Semarang.
Igak Wardani, Kuswaya Wihardit, (2008). Penelitian Tindakan Kelas (PTK), UT. Jakarta.
Nana Sudjana, ( 2012:232). Penelitian Dan Penilaian Pendidikan. IKIP Bandung: Sinar Baru Algensindo.
Parjoko, (2007). Prosedur Penelitian,Aneka Cipta. Yogyakarta.
Suharsimi Arikunto, (2013). Prosedur Penelitian Suatu pendekatan Praktek, Rineka Cipta. Jakarta.
Supriya, (2009). Pendidikan Ilmu Pengetahuan Sosial, Departemen Pendidikan dan Kebudayaan Direktorat Jenderal Pendidikan Tinggi.
Wina Sanjaya, (2010). Pembelajaran Dalam Implementasi Kurikulum Kompetensi, Kencana. Jakarta.
Yusuf, (2015). Strategi Belajar Mengajar, Rineka Cipta. Jakarta.