PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BILANGAN BERPANGKAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN 01 SEMANGET

Authors

  • Sukristin Sukristin STKIP MELAWI ENTIKONG, Indonesia
  • Dwi Qomara
  • Helene Chintia
  • Yulita Yulita

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.3032

Abstract

Abstract: The aim of the study was to determine the effect of the rank number teaching aids on the results of cognitive mathematics learning on the circumference and area of flat shapes for class IV B SDN 01 Semanget. Quantitative research method with a one group pretest-posttest design. The result showed that the average student learning outcomes increased by 82% after being given treatment. Wilcoxon test results with a = 0,025 obtained Zcount  Ztable, namely -4,01 1,96. Because Zcount is in the areaof rejection of rejection of Ho, H1 is accepted, meaning that there is an effect of using rank number teaching aids on learning outcomes in mathematics. Based on from the analysis of the data it can be concluded that there is an effect of the use of graded teaching aids on theresult of learning mathematics in class IVSDN 01 Semanget.

Keywords: Power Numbers Teaching Aids, Learning Outcomes, Mathematics.

Abstrak: Tujuan penelitian untuk mengetahui pengaruh alat peraga bilangan berpangkat terhadap hasil belajar kognitif matematika materi keliling dan luas bangun datar kelas IV B SDN 01 Semanget. Metode penelitian kuantitatif dengan desain one group pretest-posttest design. Hasil penelitian menunjukkan Rata-rata hasil belajar siswa meningkat 82% setelah diberikan perlakuan. Hasil uji Wilcoxon dengan  = 0,025 diperoleh Zhitung   Ztabel, yaitu -4,01  1,96. Karena Zhitung berada di daerah penolakan Ho maka H1 diterima, artinya terdapat pengaruh penggunaan alat peraga bilangan berpangkat terhadap hasil belajar matematika. Berdasarkan analisis data dapat disimpulkan Terdapat Pengaruh Penggunaan Alat Peraga Bilangan Berpangkat Terhadap Hasil Belajar Matematika Kelas IV SDN 01 Semanget.

Kata Kunci: Alat Peraga Bilangan Berpangkat, Hasil Belajar, Matematika.

References

Asdar. (2018). Metode Penelitian Pendidikan Suatu Pendekatan Praktik. Bogor: Azkiya Publishing.

Djamaludin, A & Wardana. (2019). Belajar dan Pembelajaran. Yogyakarta:CV Kaaffah Learning Center.

Fitri, D. A. A., & Ngazizah, N. (2021). Alat Peraga Dalam Pembelajaran Untuk Mengoptimalkan hasil Belajar Siswa. In Seminar Nasional Pendidikan Dasar (Vol. 3).

Hidayah, EN (2020). Peningkatan Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran IPA Melalui Model Pembelajaran Talking Stick. Jurnal Pendidikan Matematika dan IPA, 11 (2), 271-284.

Riadi, Edi. (2016). Statistik Penelitian (Analisis Manual dan IBM SPSS). Yogyakarta: ANDI.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan. Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. In Journal of Chemical Information and Modeling (Vol. 53, Issue 9).

Siagian, M. D. (2016). Kemampuan koneksi matematik dalam pembelajaran matematika. MES: Journal of Mathematics Education and Science, 2(1).

Sundayana, Rostina. 2014. Media Dan Alat Peraga Dalam Pembelajaran Matematika. AlfabetaË Bandung.

Sulfemi, W. B. (2018). Hubungan Motivasi Belajar Dengan Hasil Belajar IPS Di SMP Kabupaten Bogor. Edutecno, 18(106), 1–12.

Published

2024-12-09

How to Cite

Sukristin, S., Qomara, D., Chintia, H., & Yulita, Y. (2024). PENGARUH PENGGUNAAN ALAT PERAGA BILANGAN BERPANGKAT TERHADAP HASIL BELAJAR MATEMATIKA KELAS IV SDN 01 SEMANGET. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 12(2), 324–331. https://doi.org/10.46368/jpd.v12i2.3032

Citation Check

Most read articles by the same author(s)

1 2 > >>