PENGARUH MANAJEMEN KELLAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 06 MERAU

Authors

  • SUkristin Sukristin
  • Miranda Miranda

DOI:

https://doi.org/10.46368/jpd.v13i1.3950

Abstract

ABSTRACT : The aim is to find out whether there is an influence of classroom management on student learning outcomes in class IV science learning at state elementary school 06 Merau. experimental method with a quantitative approach in the form of one group pretest-posttest. The research sample population was 20 students, namely class IV of the state elementary school 06 Merau. The analysis used the normality test and the Wilcoxon test. From the results of the normality x^2 table > x^2, the pretest is 10.579>9.488. Posttest x^2 table < x^2 count, namely 8.367 < 9.488. The Wilcoxon test obtained W count = 213.5 > W table = 46, so Ho is rejected and Ho is accepted. This means that there is an influence of classroom management on student learning outcomes in science learning class IV Sd 06.

Key words: influence of classroom management, learning outcomes in natural science  learning

 

ABSTRAK  :  Tujuan Untuk Mengetahui Apakah Ada Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajarn IPA Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 06 Merau. Metode Eksperimen Dengan Pendekatan Kuantitatif Bentuk One Group Pretest-Posttest . Populasi 20 Siswa Sampel Penelitian Yaitu Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri 06 Merau. Analisisnya Menggunakan Uji Normlitas Dan Uji Wilcoxon. Dari Hasil Normalitas  Tabel >  Hitung Yaitu  Pretest 10,579>9,488. Posttest   Tabel <   Hitung Yaitu 8,367 < 9,488. Uji Wilcoxon Di Peroleh W , Maka Ho Ditolak Dan Ho Diterima. Artinya Pengaruh Manajemen Kelas Terhdap Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Ipa Kelas Iv Sekolah Dasar Negeri  06 Merau Terdapat Pengaruh.

 

                        Kata Kunci : Manajemen Kelas, Hasil Belajar Pembelaajaran Ilmu Pengetahuan  

                                               Alam.

References

Afsari, S., Siregar, S. U., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas Dan Fasilitas Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Jurnal Basicedu, 7(1), 535-543.

Amaliah, A. S. R., Yahya, M., & Afiif, A. (2019). Pengaruh Implementasi Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Smk Muhammadiyah Watansoppeng. Kelola: Journal Of Islamic Education Management, 4(1), 1-8.

Anggraeni, D. S., Mayasari, L. I., & Setyanto, E. (2023). Pengaruh Pengelolaan Kelas Terhadap Hasil Belajar. Joel: Journal Of Educational And Language Research, 3(1), 29-38.

Djamarah, Syaiful Bahri, dkk. (2013). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Efendi, R., Gustriani, D., & Siregar, P. S. (2019). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Siswa Sd Negeri 002 Kecamatan Rambah Samo. Jurnal Basicedu, 3(2), 788-794.

Fijriyah, W. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar. Didaktik: Jurnal Ilmiah Pgsd Stkip Subang, 9(2), 3317-3326.

Harahap, N. F., Siregar, S. U., & Harahap, R. D. (2023). Pengaruh Manajemen Kelas Terhadap Hasil Belajar Matematika Pada Materi Fungsi Kuadrat. Jurnal Basicedu, 7(1), 612-620.

Rukminingsih, Adnan, G., & Latief, M. A. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas (E. Munastiwi & H. Ardi (eds.)). Yogyakarta: Erhaka Utama.

Sugiyono. 2010. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta

Sugiyono. (2013). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&DSugiyono. 2013. “Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D.” Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1. In Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitaif, Kualitatif, dan R&D. https://doi.org/10.1007/s13398-014- 0173-7.2

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D (Bandung). Alfabeta.

Sugiyono. 2017. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung : Alfabeta,. CV.

Downloads

Published

2025-06-20

How to Cite

Sukristin, S., & Miranda, M. (2025). PENGARUH MANAJEMEN KELLAS TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA PEMBELAJARAN IPA KELAS IV SEKOLAH DASAR NEGERI 06 MERAU. JURNAL PENDIDIKAN DASAR, 13(1), 192–198. https://doi.org/10.46368/jpd.v13i1.3950

Issue

Section

Artikel

Citation Check

Most read articles by the same author(s)