PELATIHAN ANIMASI 3D KKNI LEVEL 2 UNTUK GURU SMK KOTA BANDUNG

Authors

  • Galih Galih Universitas Islam Nusantara, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i3.4470

Abstract

Perkembangan teknologi yang pesat di berbagai sektor, termasuk industri kreatif seperti animasi, menuntut sistem pendidikan untuk menghasilkan lulusan yang sesuai dengan standar industri modern. Untuk menjawab kebutuhan ini, pemerintah Indonesia melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) telah memperkenalkan program Teaching Factory (TEFA) sebagai kebijakan strategis pendidikan vokasi. Pelatihan ini dirancang untuk meningkatkan kompetensi guru-guru produktif di bidang animasi, sehingga mereka dapat secara efektif mengimplementasikan program TEFA di sekolah masing-masing. Materi pelatihan mencakup teori animasi, pemahaman tentang Standar Kompetensi Kerja Nasional Indonesia (SKKNI) dan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia (KKNI). Target luaran dari kegiatan ini adalah meningkatnya kompetensi guru dalam pembuatan animasi 3D, terciptanya produk animasi (prototipe), dan munculnya bibit-bibit startup di bidang animasi. Dengan meningkatkan kompetensi guru, diharapkan dapat tercipta ekosistem pendidikan yang lebih baik, yang pada akhirnya akan mendorong pertumbuhan ekonomi kreatif di Indonesia.

Author Biography

Galih Galih, Universitas Islam Nusantara

Teknik Informatika

Downloads

Published

2025-11-19

How to Cite

Galih, G. (2025). PELATIHAN ANIMASI 3D KKNI LEVEL 2 UNTUK GURU SMK KOTA BANDUNG. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3). https://doi.org/10.46368/dpkm.v5i3.4470

Issue

Section

Articles

Citation Check