TEKNIK GURU DALAM MENGATASI SISWA HIPERAKTIF DI KELAS IV SDN 28 KELAKIK

Authors

  • Mardiana Mardiana STKIP MELAWI, Indonesia
  • Nur Moh. Kusuma Atmaja
  • Magdalena Putri

DOI:

https://doi.org/10.46368/bjpd.v5i2.2253

Abstract

Abstrak: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan bagaimana teknik guru dalam mengatasi siswa hiperaktif dikelas IV SDN 28 Kelakik. Pada penelitian ini peneliti menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif. Peneliti ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif. Subjek penelitian ini adalah guru kelas IV dan empat siswa hiperaktif di kelas IV. Instrumen penelitian ini menggunakan lembar wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini dilakukan dengan reduksi data, penyajian data dan verifikasi data atau penarikan kesimpulan. Hasil penelitian yang dilakukan di SDN 28 Kelakik ditemukan beberapa teknik yang guru gunakan dalam mengatasi siswa hiperaktif yaitu teknik membuat daftar kegiatan belajar di papan tulis sebelum memulai pembelajaran, teknik komunikasi khusus dengan siswa hiperaktif, melakukan evaluasi sebelum mengakhiri pembelajaran atau meringkas point penting sebelum memberikan tugas, teknik menata ruang kelas, teknik memberikan motivasi dan teguran kepada siswa hiperaktif, teknik mengurangi tingkah laku yang tidak dikehendaki dan teknik mengembangkan tingkah laku yang dikehendaki.

Kata Kunci: Teknik, Guru, Mengatasi Siswa Hiperaktif


 

Abstract: The aim of this research is to describe how the teacher's technique in dealing with hyperactive students in class IV SDN 28 Kelakik. In this study, the researchers used descriptive methods of qualitative approach. The subjects of this study were fourth-grade teachers and four hyperactive students in fourth grade. This research instrument uses interviews, observations and documentation sheets. Data analysis in this study is done with data reduction, data presentation and data verification or conclusion withdrawal. The results of the research carried out in SDN 28 were some of the techniques that teachers used in dealing with hyperactive students, namely, the technique of making a list of learning activities on a board before starting learning, the special communication technique with the hyperactive student, performing evaluations before finishing learning or summarizing important points before giving assignments, the classroom arrangement technique, the technology of giving motivation and support to hyperactive pupils, the techniques of reducing undesirable behavior and the development of desired behaviors.

Keywords: Teacher, Techniques, Overcoming Hyperactive Students

References

DAFTAR PUSTAKA

Fadli, M. R. (2021). Memahami desain metode penelitian kualitatif. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 21(1), 33-54.

Hatiningsih, N. (2013). Play therapy untuk meningkatkan konsentrasi pada anak attention deficit hyperactive disorder (ADHD). Jurnal ilmiah psikologi terapan, 1(2), 324-342.

Islamiah, R., & Wulandari, H. (2023). Peran Guru Dalam Menangani Anak Hiperaktif. Indonesian Journal of Early Childhood: Jurnal Dunia Anak Usia Dini, 5(1), 36-41.

Mulyawati, E., Rizkiyani, F., & Kresnawaty, A. (2021). Strategi Guru Dalam Menangani Anak Dengan Kecenderungan Hiperaktif. EduChild: Majalah Ilmiah Pendidikan, 5(1).

Nurfadhillah, S., Oktavia, A., Hadisumarno, R., Kusumawati, N. I., Fauziah, S., & Ismawati, S. (2021). Analisis Peranan Guru Kelas dalam Menangani Siswa ADHD di SDN Tanah Tinggi 3. Bintang, 3(3), 489-496.

Nurtajdida, L. (2020). Pengalaman Guru Dalam Menangani Anak Hiperaktif Di SD Swasta Al-Hidayah Medan. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran, 1(1), 44-51.

Pathoni, H., Pujaningsih, F. B., Hendri, M., Maison, M., & Nehru, N. (2019). Pelatihan Pengembangan Content E-Learning Untuk Guru IPA Se-jaluko. Selaparang Jurnal Pengabdian Masyarakat Berkemajuan, 3(1), 120. https://doi.org/10.31764/jpmb.v3i1.1143

Puspitasari, Y. D., & Ulum, W. M. (2020). Studi Kepustakaan Siswa Hiperaktif Dalam Pembelajaran Di Sekolah. Junal Pendidikan Dasar, 6(2), 304-313.

Pratamadi, D. W., & Rizal, M. S. (2024). implementasi Media Genially Dalam Pembelajaran Pemahaman Teks Anekdot Pada Siswa Kelas X. 1 SMA Negeri 1 Kepanjen. Bestari: Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 5(1), 1-14.

Rozie, F., Haryani, W., & Safitri, D. (2019). Peran Guru Dalam Penanganan Perilaku Anak Hiperaktif Di TK Negeri 1 Samarinda. JECE (Journal of Early Childhood Education), 1(2), 53-59.

Susanto, B. H., & Hidayat, M. I. (2022). Peran Guru Dalam Meningkatkan Minat Belajar Anak Hiperaktif Kelas V Sd Muhammadiyah Ambarketawang 2, Gamping, Sleman. El Midad, 14(1), 40-51.

Widyaningtyas, W. (2019). Hiperaktif, Cara Pengobatan Dan Peran Guru Dalam Menangani Siswa Hiperaktif. Aá¹fal: Scientific Journal of Early Childhood Education, 1(1).

Wahyuni, S., Mulyani, R. R., & Usman, C. I. (2021). Profil Kecerdasan Emosi Anak Berkebutuhan Khusus (Hiperaktif) Di

Downloads

Published

2024-10-25

How to Cite

Mardiana, M., Atmaja, N. M. K., & Putri, M. (2024). TEKNIK GURU DALAM MENGATASI SISWA HIPERAKTIF DI KELAS IV SDN 28 KELAKIK. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 186–196. https://doi.org/10.46368/bjpd.v5i2.2253

Citation Check

Most read articles by the same author(s)