PENGARUH PENGGUNAAN VIDEO ANIMASI PEMBELAJARAN TERHADAP HASIL BELAJAR IPA SEKOLAH DASAR

Sudirman Sudirman, Nurul Afifah Herman, Achmad Shabir

Abstract


Abstract: The research is a quantitative type of experimental research which aims to determine the influence of animated videos on science learning outcomes. The research design used was one group pretest-posstest design. The population of this research was 35 fifth grade at SD Negeri 14 Biru. The sample for this research in the entire population. The sampling technique is saturated sampling. Data collection technique are test and documentation. The data analysis showed that the students science learning outcomes before the use of animated learning videos were in sufficient category with a frequency of 19 students (55%) with an average score of 57,43. The description of science learning outcomes after using animated learning videos is in the very good category with a frequency of 24 students (69%) with an average score of 83,46. The results of the paired samples test show that the sig value is 0,000 < 0,05, which means there is a significant difference in students science learning outcomes before and after the use of learning animation videos in fifth grade of SD Negeri 14 Biru. In doing so, it can be concluded that there is an influence of the use of learning animation videos on science learning outcomes fifth grade students at SD Negeri 14 Biru, Tanete Riattang District, Bone Regency, proven by a significance value of 0,000 with a significance level of 0,05.

Keywords: animated videos, learning outcomes, audio-visualo,

 

Abstrak: Penelitian ini adalah penelitian kuantitatif jenis quasi-eksperimen yang bertujuan untuk mengetahui adakah pengaruh penggunaan media video animasi terhadap  hasil belajar IPA di sekolah dasar.  Desain penelitian yang digunakan adalah One Group Pretest-Posttest Design. Populasi penelitian ini yaitu siswa kelas V SD Negeri 14 Biru sebanyak 35 orang. Sampel penelitian ini adalah sampel populasi yang ditentukan dengan teknik sampling jenuh. Teknik pengumpulan data adalah tes dan dokumentasi. Analisis data yang digunakan adalah analisis statistik deskriptif dan inferensial. Hasil analisis deskriptif diperoleh bahwa  hasil belajar IPA siswa sebelum penggunaan video animasi pembelajaran berada pada kategori cukup dengan frekuensi sebanyak 19 siswa (55%) dengan nilai rata-rata 57,43. Sedangkan, hasil belajar IPA setelah penggunaan video animasi pembelajaran berada pada kategori sangat baik dengan frekuensi 24 siswa (69%) dengan nilai rata-rata 83,46.. Hasil uji Paired Samples Test menunjukkan bahwa nilai Sig 0,000 < 0,05 yang berarti terdapat pengaruh signifikan hasil belajar IPA siswa sebelum dan setelah penggunaan video animasi pembelajaran di kelas V SD Negeri 14. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang cukup signifikan penggunaan video animasi pembelajaran terhadap hasil belajar IPA siswa kelas V SD Negeri 14 Biru Kecamatan Tanete Riattang Kabupaten Bone dibuktikan dengan nilai signifikansi 0,000 dengan taraf signifikansi 0,05.

Kata Kunci:  video animasi, audio-visual, hasil belajar, pembelajaran.


Full Text:

PDF

References


Amelia, A. R., & Noviani, E. (2023). Pengembangan lkpd melalui model reciprocal teaching untuk menstimulasi pemahaman konsep materi determinan matriks XI SMK. Bestari : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4, 151–165. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JBPK/article/view/1488

Ason, A. (2021). Analisis gaya belajar anak binaan Asrama Emaus Kilometer 4 Nanga Pinoh Kabupaten Melawi. Bestari : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 38–42. https://garuda.kemdikbud.go.id/documents/detail/2987887

Choirunnisa. (2016). Keefektifan media video animasi terhadap aktivitas dan hasil belajar materi posisi bulan siswa kelas IV SD Negeri Proyonanggan 01 Batang. In Skripsi. Universitas Negeri Semarang. http://lib.unnes.ac.id/29170/1/1401412489.pdf

Doni, M., & Purwanti, R. (2023). Meningkatkan aktivitas dan hasil belajar siswa muatan ips menggunakan model merdeka di sekolah dasar. Bestari : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JBPK/article/view/1343

Eva, Riza & Putri, R. Pusfitasari. (2023). Pengembangan model pembelajaran SRM (searching, reading, mapping) berbasis HOTS untuk pendidikan lingkungan hidup pada mahasiswa PAUD. Bestari : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JBPK/article/view/1494

Helmiansyah. (2020). Penggunaan video animasi dalam pembelajaran. In Skripsi. Institut Agama Islam Negeri Kendari. http://repository.radenintan.ac.id/11338/

Ilmi Zajuli Ichsan, S. N. (2023). Pengembangan model anmadev (analyzing, mapping, developin) pada pendidikan lingkungan hidup untuk mahasiswa PGSD. Bestari : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4, 188–194. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JBPK/article/view/1492

Jumaida, S., Mastiah, M., & A. M. (2022). Analisis kesulitan guru kelas rendah SDN 18 Senain mengajar tematik di masa pandemi covid-19. Bestari : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 9–22. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JBPK/article/view/768

Mishar. (2016). Technological Pedagogial Content Knowledge (TPACK). Journal Zulhajidan, 4 (5), 67–69. https://e-journal.my.id/jsgp/article/view/303

Muhson. (2021). Pngembangan media pembelajaran berbasis teknologi informasi. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia, 8 (2), 4–8. https://journal.uny.ac.id/index.php/jpakun/article/view/949

Muliadi, Dea Pertiwi, Sudirman. (2023). Analisis gaya belajar siswa dalam pembelajaran tematik di kelas V sekolah dasar. Bestari : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 10–22. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JBPK/article/view/1431

Nunuk. (2014). Pengaruh penggunaan media animasi terhadap hasil belajar IPA siswa slow learner. Jurnal Pendidikan Dasar Dan Sosial Humaniora, 2(2), 46–48. http://journal2.um.ac.id/index.php/jppplb/article/view/4315

Nurhayati, S. (2022). Pengembangan media pembelajaran bigbook untuk meningkatkan keterampilan siswa dalam berpikir tingkat tinggi pada mata pelajaran IPA di kelas V SD. In Skripsi. Universitas Islam Negeri Sultah Hasanuddin Banten. https://jbasic.org/index.php/basicedu/article/view/5575

Sudirman, Kasmawati, & Jauhar, S. (2023). Pengaruh pemberian reward terhadap motivasi belajar siswa kelas V SDN 198 Cinennung Kecamatan Cina Kabupaten Bone. Bestari : Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(April), 16–25. https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JBPK/article/view/985

Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif Kuantitatif dan R&D.

Yahya. (2019). Efektivitas penggunaan media animasi dalam aktivitas belajar siswa. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Katulistiwa, 4 (8), 3–10. https://www.neliti.com/id/publications/214473/efektivitas-penggunaan-media-video-animasi-dalam-aktivitas-belajar-siswa-di-smp

Yesi. (2021). Pengaruh penggunaan video animasi terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran IPA kelas IV SD Negeri 101804. In Skripsi. Universitas Malang. http://portaluniversitasquality.ac.id:55555/1519/




DOI: https://doi.org/10.46368/bjpd.v5i1.1690

Article Metrics

Abstract view : 14 times
PDF - 9 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.