MENINGKATKAN AKTIVITAS DAN HASIL BELAJAR SISWA MUATAN IPS MENGGUNAKAN MODEL MERDEKA DI SEKOLAH DASAR

MUHAMMAD DONI, RATNA PURWANTI

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan perbaikan kualitas pembelajaran melalui aktivitas guru, aktivitas siswa, dan menganalisis peningkatan hasil belajar siswa dengan menggunakan kombinasi model pembelajaran MERDEKA. Jenis penelitian yang dilaksanakan adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dan menggunakan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian dilaksanakan di kelas V SDN Pangeran 1 Banjarmasin dengan jumlah siswa sebanyak 25 orang pada tahun ajaran 2022/2023. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa dengan menerapkan model pembelajaran MERDEKA (Problem Based Learning, Numbered Head Together, dan Make A Match) dapat meningkatkan aktivitas siswa dalam mengikuti pembelajaran mencapai 92% siswa yang berkategori aktif dan sangat aktif dan hasil belajar siswa pada aspek kognitif mencapai 84%, aspek afektif mencapai 88%, dan aspek psikomotorik mencapai 84% siswa berada pada kriteria tuntas.


Full Text:

PDF

References


Alamiah, U. S., & Afriansyah, E. A. (2017). Perbandingan Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Antara Yang Mendapatkan Model Pembelajaran Problem Based Learning Dengan Pendekatan Realistic Mathematics Education Dan Open-Ended. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 6(2), 207–216.

Apsari, N. (2022). Peningkatan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Kimia Menggunakan Discovery Learning. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 3(1), 1–8.

Arisendy, R., & Puspasari, D. (2021). Analisis Penggunaan Model Pembelajaran Numbered Heads Together (NHT) Pada Kompetensi Dasar Memahami Komunikasi Kantor di SMK Krian 2 Sidoarjo (pp. 211–225).

Darmiyati, & Elisa, S. (2018). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Materi Operasi Perkalian Dan Pembagian Pecahan Melalui Model Demonstrasi Kombinasi Dengan Problem Based Learning Dan Pair Checks Siswa Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Teknologi Pendidikan, 1(1), 11–18.

Fatimah, I. D. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Make a Match dengan Media Kartu Bergambar untuk Meningkatkan Motivasi dan Hasil Belajar Siswa. Ilmu Pendidikan, 2(1), 28–37.

Fitria, H., Kristiawan, M., & Rahmat, N. (2019). Upaya Meningkatkan Kompetensi Guru Bahasa Melalui Pelatihan Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Abdimas Unwahas, 4(1), 14–25.

Hidayat, A., Jannah, F., & Udzmah, N. (2021). Implementasi Model Bahimat Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar Pada Muatan Pkn. Jurnal Pendidikan Kewarganegaraan, 11(2), 31–38.

Metroyadi, Pratiwi, D. A., & Adenan, F. (2019). Implementasi Kombinasi Model Auditory, Intellectually, Repitition (AIR), Mind Mapping dan Course Review Horay (CRH) untuk Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Kelas IV A SDN Sungai Lulut 5 Kota. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(2), 77–88.

Mukhlisin, & Mastiah. (2023). Penerapan Metode Field Trip Dalam Meningkatkan Kemampuan Menulis Puisi Siswa Kelas V. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 56–69.

Nainggolan, D. H., Sidabalok, N. E., Aritonang, E., & Efarina, U. (2022). Pengaruh Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Matematika Afiliation. Elektriese: Jurnal Sains Dan Teknologi Elektro, 12(01), 1–6.

Pamela, I. S., Chan, F., Yantoro, Fauzia, V., Susanti, E. P., Frimals, A., & Rahmat, Ok. (2019). Keterampilan Guru dalam Mengelola Kelas. Edustream: Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2), 23–30.

Paneo, F. R. (2019). Upaya Meningkatkan Aktivitas Belajar IPS Melalui Model Pembelajaran Make A Match Pada Siswa Kelas VIII SMP Negeri 2 Taluditi Tahun Ajaran 2017/2018. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 5(1), 25–30.

Prastitasari, H., Jumadi, Marhamah, E., Purwanti, R., & Sari, R. (2022). Penggunaan Model Pairing untuk Meningkatkan Motivasi, Aktivitas, dan Hasil Belajar Matematika siswa Sekolah Dasar pada Materi Geometri. Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(1), 276–288.

Purwanti, R., Talia, Y. N., Aslamiah, & Meliha. (2019). Implementasi Model Problem Solving, Somatic, Auditory, Visualization and Intelectually (SAVI) dan Course Review Horray (CRH) untuk Meningkatkan Aktifitas Siswa Kelas VA di SDN Pasar Lama 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 127–138.

Radiansyah, & Amalia, E. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Materi Benda Tunggal dan Campuran Menggunakan Kombinasi Model PBL, NHT & MM. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(5), 1545–1554.

Rahmawati, R., Kasdi, A., & Riyanto, Y. (2020). Pengaruh Model Arias Terhadap Motivasi Belajar dan Kemampuan Memecahkan Masalah Dalam Pembelajaran IPS Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar : Jurnal Kajian Pendidikan Dan Hasil Penelitian, 6(1), 1–10.

Ramadi, & Aliansyah, M. (2019). Meningkatkan Aktivitas dan Hasil Belajar Menulis Surat Undangan Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan Dengan Kombinasi Model Example Non Example, Numbered Heads Together (NHT), dan Talking Stick Pada Siswa Kelas 5A SDN Pelambuan 2 Banjarmasin. Sagacious: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 6(1), 51–59.

Ramadi, & Ilhami, M. (2020). Meningkatkan Aktivitas Belajar dan Hasil Belajar Aspek Membaca Teks Cerita Nonfiksi Tema 8 Menggunakan Kombinasi Model Cooperative Integrated, Reading and Composition (CIRC), Numberd Head Together (NHT), dan Scramble di Kelas 5 SDN Anjir Muara Kota 1 Barito Kuala. Sagacious: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 6(2), 79–88.

Ramadi, & Nurhalisa, S. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Pada Aspek Menulis Ringkasan dari Teks Eksplanasi Menggunakan Kombinasi Model Pembelajaran Cooperatif Integrated, Reading and Composition (CIRC), Two Stay Stray dan Numbered Head Together (NHT) Siswa Kelas 5 SDN Sungai Miai 2 Banjarmasin. Sagacious: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dan Sosial, 9(1), 8–14.

Rerung, N., Sinon, I. L. ., & Widyaningsih, S. W. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Problem Based Learning (Pbl) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sma Pada Materi Usaha Dan Energi. Jurnal Ilmiah Pendidikan Fisika Al-BiRuNi, 6(1), 47–55.

Rismayani, L. D., Kertih, I. W., & Sendratari, L. P. (2020). Penanaman Sikap Sosial Melalui Pembelajaran Ips Pada Siswa Kelas Vii Smp Negeri 2 Singaraja. Jurnal Pendidikan IPS Indonesia, 4(1), 8–15.

Sanjani, M. A. (2020). Tugas dan Peranan Guru dalam Proses Peningkatan Belajar Mengajar. Jurnal Serunai Ilmu Pendidikan, 6(1), 35–42.

Septianti, N., & Afiani, R. (2020). Pentingnya Memahami Karakteristik Siswa Sekolah Dasar di SDN Cikokol 2. As-Sabiqun: Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 2(1), 7–17.

Suhaimi, & Nasidawati. (2020). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Materi Bangun Ruang Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning, Numbered Head Together dan Course Review Horay Dengan Media Bangun Ruang Kelas V/C SDN Handil Bakti Kabupaten Barito Kuala. 15(2), 74–86.

Suriansyah, A., Amelia, R., & Lestari, M. A. (2019). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Matematika Menggunakan Kombinasi Model Problem Based Learning (PBL), Think Pair And Share (TPS) dan Teams Games Tournament (TGT) di Kelas VB SDN Teluk Tiram 1 Banjarmasin. Prosiding Seminar Nasional PS2DMP ULM, 5(1), 27–36.

Umbara, I. A. A. P., Sujana, I. W., & Negara, I. G. A. O. (2020). Model Pembelajaran Problem Based Learning Berbantuan Media Gambar Seri Berpengaruh Terhadap Kompetensi Pengetahuan IPS Siswa. Jurnal Mimbar Ilmu, 25(2), 174–186.

Widodo, A. (2020). Nilai Budaya Ritual Perang Topat Sebagai Sumber Pembelajaran IPS Berbasis Kearifan Lokal di Sekolah Dasar. Gulawentah: Jurnal Studi Sosial, 5(1), 1–15.




DOI: https://doi.org/10.46368/bjpd.v4i2.1343

Article Metrics

Abstract view : 151 times
PDF - 82 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.