Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar Berbasis Mini-Project

Authors

  • Ilham Luqman Hadi Yogyakarta State University, Indonesia
  • Tsania Nur Diyana Yogyakarta State University

DOI:

https://doi.org/10.46368/qjpia.v4i1.972

Abstract

Telah dilakukan pengembangan perangkat pembelajaran berbasis model flipped classroom berupa rencana pelaksanaan pembelajaran (RPP), lembar kerja peserta didik (LKPD), dan soal  dapat digunakan sebagai panduan pembelajaran fisika materi dinamika rotasi dan keseimbangan benda tegar. Hasil uji kelayakan terhadap dosen pengajar memiliki nilai rata-rata sebesar 98,14% dan tergolong dalam kriteria sangat valid. Perangkat pembelajaran yang dikembangkan dapat menjadi solusi guru dalam memandu pembelajaran dengan beberapa keunggulan, yaitu: 1) Pembelajaran dirancang secara rinci, sistematis, dan interaktif, 2) Penggunaan model flipped classroom menjadikan siswa dapat berinteraksi secara langsung dengan konsep fisika yang sedang dipelajari, dan 3) Sebagian besar waktu pada kegiatan pembelajaran digunakan untuk praktikum.


Author Biographies

Ilham Luqman Hadi, Yogyakarta State University

Mahasiswa Jurusan Pendidikan Fisika

Tsania Nur Diyana, Yogyakarta State University

Tenaga Pengajar Jurusan Pendidikan Fisika

http://staffnew.uny.ac.id/staff/199604262022032017

References

Abdullah, M. Y., Hussin, S., & Ismail, K. (2019). Implementation of Flipped Classroom Model and Its Effectiveness on English Speaking Performance. International Journal of Emerging Technologies in Learning, 14(9).

Baitinnisa, I. Pengaruh Model Pembelajaran Project Based Learning (PjBL) Terhadap Berpikir kreatif Siswa Kelas XI Pada Materi Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar (Kuasi Eksperimen di MAS Al-Khairiyah Rancaranji Tahun 2020) (Bachelor's thesis, Jakarta: FITK UIN Syarif Hidayatullah Jakarta).

Buehl, D. (2017). Classroom strategies for interactive learning. Stenhouse Publishers.

Damayanti, S. A., Santyasa, I. W., & Sudiatmika, A. A. I. A. R. (2020). Pengaruh Model Problem Based-Learning Dengan Flipped Classroom Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif. Jurnal Kependidikan Penelitian Inovasi Pembelajaran, 4(1), 83-98.

Kadarwati, A., & Malawi, I. (2017). Pembelajaran tematik:(Konsep dan aplikasi). Cv. Ae Media Grafika.

Kemendikbud, T. (2019). Laporan Hasil Ujian Nasional 2018-2019. Kementerian Pendidikan Dan Kebudayaan. https://hasilun.pusmenjar.kemdikbud.go.id/#2019!sma!daya_serap!99&99&999!a&04&T&T&1&!1!&

M Muslim, M. (2017). Pengembangan Asesmen Kinerja Pembelajaran Fisika SMA Berbasis Model Science Environment Technology Society (SETS) untuk Meningkatkan Literasi Sains Peserta Didik (Doctoral dissertation, Universitas Negeri Padang).

Mutawally, A. F. (2021). Pengembangan Model Project Based Learning Dalam Pembelajaran Sejarah. https://doi.org/10.31219/osf.io/xyhve

Novia, N., Husna, H., & Zulva, R. (2021). Pengembangan LKPD Dinamika Rotasi dan Kesetimbangan Benda Tegar Berorientasi Problem Based Learning. Journal of Natural Science and Integration, 4(2), 214-221.

Riduwan, Belajar Mudah Penelitian untuk Guru, Karyawan dan Peneliti Muda, Alfabeta, Bandung, 2009.

Yahya, R., Ummah, S. K., & Effendi, M. (2020). Media Pembelajaran Interaktif Articulate Storyline: Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped classroom Bercirikan Mini-project. SJME (Supremum Journal of Mathematics Education), 4(1), 78-91.

Downloads

Published

2024-02-28

How to Cite

Hadi, I. L., & Diyana, T. N. (2024). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Flipped Classroom pada Materi Dinamika Rotasi dan Keseimbangan Benda Tegar Berbasis Mini-Project. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA Dan Aplikasinya, 4(1), 14–23. https://doi.org/10.46368/qjpia.v4i1.972

Issue

Section

Articles

Citation Check