Pengembangan Media Pembelajaran Fisika berbantuan 3D Application Scratch pada Topik Jangka Sorong untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik

Authors

  • Wildan Haqqul Khoiriyan Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia
  • Tsania Nur Diyana Universitas Negeri Yogyakarta, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/qjpia.v4i2.1752

Abstract

The large role of physics in the science development and technology requires physics education to refer to learning outcomes with proper concepts understanding, not only including systematic study of topics, but also about understanding the physics basic principles related to the universe. Therefore, interactive learning media is needed, easy to understand and provides a clear picture of concepts so that students fully understand the physical phenomena concept in the universe. This research aims to develop physics learning media assisted by 3D application Scratch on the calipers topic to improve student learning outcomes. The research method used is the R&D research method with a 4D model design consisting of the define, design, develop, and disseminate stages. The overall validation test results obtained an average score of 3.27. Based on these results, it can be concluded that the physics learning media assisted by 3D application Scratch on the calipers topic is feasible for students to learn measurements using calipers.

Keywords: Learning Media, Scratch, Caliper, Measurement, Learning Outcomes.

 

Besarnya peran fisika dalam perkembangan IPTEK menuntut pendidikan fisika mengacu pada hasil belajar dengan pemahaman konsep yang tepat, tidak hanya mencakup topik kajian yang sistematis, tetapi mengenai pemahaman prinsip-prinsip dasar fisika yang berkaitan dengan alam semesta. Oleh karena itu diperlukan media pembelajaran yang interaktif, mudah dipahami dan memberikan gambaran konsep yang jelas agar peserta didik memahami sepenuhnya konsep fenomena fisika di alam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan media pembelajaran fisika berbantuan aplikasi 3D Scratch pada topik jangka panjang sorong untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik. Metode penelitian yang digunakan adalah metode penelitian R&D dengan desain model 4D yang terdiri atas tahap Define , Design , Develop , dan Tahap Disseminate . Hasil uji validasi secara keseluruhan diperoleh rata-rata skor 3,27. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan jika media pembelajaran fisika berbantuan 3D application Scratch pada topik jangka sorong layak digunakan oleh peserta didik untuk mempelajari pengukuran menggunakan jangka sorong dan dapat dikembangkan lebih lanjut.

Kata-kata kunci :: Media Pembelajaran, Goresan, Jangka Sorong, Pengukuran, Hasil Belajar.

Author Biographies

Wildan Haqqul Khoiriyan, Universitas Negeri Yogyakarta

Mahasiswa Pendidikan Fisika

Tsania Nur Diyana, Universitas Negeri Yogyakarta

Dosen Pendidikan Fisika

References

Depdiknas. (2008). Panduan Pengembangan Bahan Ajar. Jakatra: Departemen Pendidikan Nasional Direktorat Jendral Menajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Hosnan. (2014). Pendekatan Saintifik dan Kontekstual dalam Pembelajaran Abad 21 (Kunci Sukses Implementasi Kurikulum 2013). Bogor: Penerbit Ghalia Indonesia.

Marjan, J., dkk. (2014). Pengaruh Pembelajaran dengan Pendekatan Saintifik Terhadap Hasil Belajar Biologi dan Keterampilan Proses Sains Siswa Ma Mu’alimat Nw Pancor Selong Kabupaten Lombok Timur Nusa Tenggara Barat. E-Journal Program Studi Pasca sarjana Universitas Guruan Ganesha. Vol 4. Program Studi Guruan IPA. Program Pascasarjana Universitas Guruan Ganesha Singaraja.

Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan praktikalitas lembar kerja peserta didik (LKPD) materi kingdom plantae berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 170-177.

Haerunnisa, H., Makhrus, M., Hikmawati, H., & Zuhdi, M. (2021). Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Konflik Kognitif Berbantuan Video Pembelajaran untuk Meningkatkan Penguasaan Konsep Fisika Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(4), 739-743.

Hamka, J. P. D. Pengembangan Perangkat Pembelajaran Berbasis Pendekatan Saintifik Dengan Model Student Teams Achievement Division Pada Pokok Bahasan Segiempat Dan Segitiga.

Hajratun, S., Susilawati, S., & Ayub, S. (2022). Validitas Perangkat Pembelajaran Hukum Newton Menggunakan Model Concept Attainment untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Peserta Didik. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 7(2b), 480-485.

Downloads

Published

2025-07-03

How to Cite

Khoiriyan, W. H., & Diyana, T. N. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran Fisika berbantuan 3D Application Scratch pada Topik Jangka Sorong untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. QUANTUM: Jurnal Pembelajaran IPA Dan Aplikasinya, 5(1), 1–7. https://doi.org/10.46368/qjpia.v4i2.1752

Issue

Section

Articles

Citation Check