Efektivitas Model Problem Based Learning (PBL) pada Keterampilan Metakognisi Siswa
DOI:
https://doi.org/10.46368/qjpia.v2i1.730Abstract
Kata Kunci : Keterampilan Metakognisi, Problem Based Learning(PBL)
References
Adityas, A. O., & Saadi, P. (2015). Pengaruh model problem based learning berbasis aktivitas metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah kelarutan dan hasil kali kelarutan pada siswa kelas XI SMA. Jurnal Inovasi Pendidikan Sains, 6(2). 11-12.
Aisyah, S., & Ridlo, S. (2015). Pengaruh strategi pembelajaran jigsaw dan problem based learning terhadap skor keterampilan metakognitif siswa pada mata pelajaran biologi. Journal of Biology Education, 4(1).
Daga, R., Ismail, N., & Maddatuang, B. (2020). Analisis efektivitas program mandiri dagang untung pada PT. Bank Mandiri (Persero), Tbk. Kanwil Regional X Sulawesi dan Maluku. SEIKO: Journal of Management & Business, 3(3), 65-78.
Danial, M. (2010). Pengaruh strategi PBL terhadap keterampilan metakognisi dan respon mahasiswa. Chemica: Jurnal Ilmiah Kimia dan Pendidikan Kimia, 11(2).
Elita, G. S., Habibi, M., Putra, A., & Ulandari, N. (2019). Pengaruh pembelajaran problem based learning dengan pendekatan metakognisi terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis. Mosharafa: Jurnal Pendidikan Matematika, 8(3), 447-458.
Fitriyah, I., & Setianingsih, R. (2014). Metakognisi siswa smp dalam menyelesaikan soal cerita ditinjau dari kemampuan matematika dan gender. Jurnal Pendidikan Matematika, 3(3), 121.
Haryadi, S. F. E., Andreas, P. B. P., & Amin, R. (2015). Designing literacy and problem based learning to foster critical thinking in biology. In Journal International Conference on Mathematics, Science, and Education (Vol. 9, pp. 19-23).
Lestari, H, N., Suganda, O., dan Widiantie, R. (2017). Hubungan antara pengetahuan metakognitif dengan kemampuan pemecahan masalah melalui model problem based learning pada konsep pencemaran lingkungan kelas X. Quangga: 9(2), 28-37.
Mawaddah, S., dan Anisah, H. (2015). Kemampuan pemecahan masalah matematis siswa pada pembelajaran matematika dengan menggunakan model pembelajaran generatif. Jurnal Pendidikan Matematika, 3 (2).166-175.
Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Edisi ke-1. Jakarta: Rajawali Press.
Permatasari, R. (2019). Korelasi antara hasil belajar dan metakognisi siswa sekolah dasar di nanga pinoh, kalimantan barat. At-Thullab: Jurnal Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 45-51.
Permatasari, R., Ibrahim, M., & Widodo, W. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis self-regulated learning pada materi keseimbangan lingkungan dan perubahannya untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. JPPS (Jurnal Penelitian Pendidikan Sains), 6(1), 1123-1129.
Rahardja, U., Lutfiani, N., & Rahmawati, R. (2018). Persepsi mahasiswa terhadap berita pada website APTISI. Sisfotenika, 8(2), 117-127.
Rizka, N., Hartoyo, A., & Suratman, D. (2018). Penerapan model PBL dengan pendekatan metakognitif untuk meningkatkan kemampuan pemecahan masalah matematis siswa SMP. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 7(9).
Sa’adah, S. L., Suryaji, M. A., Azizah, S. N., Primandiri, P. R., & Santoso, A. M. (2015). Effective problem based learning (PBL) based local materials for improving metacognition skills, inquiry skills and social skills class VIII SMP Pawyatan Daha 2 Kediri. In Proceeding Biology Education Conference: Biology, Science, Enviromental, and Learning (Vol. 12, No. 1, pp. 501-506).
Sugiarto, B. (2014). Students' metacognitive self-regulation-a case study: Molecular structure problem solving. Chemistry, 23(3), 374-391.
Sugihartono, Fathiyah, K.N., Harahap, F., Setiawati, F.A., & Nurhayati, S.R. (2013). Psikologi pendidikan. Yogyakarta: UNY Press.
Sugiyono, (2016). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Widadah, S., Afifah, D. S. N., & Pos, J. J. K. (2013). Profil metakognisi siswa dalam menyelesaikan soal sistem persamaan linear dua variabel berdasarkan gaya kognitif. Jurnal Pendidikan Matematika STKIP PGRI Sidoarjo, 1(1), 13-24.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.