Pendekatan Keterampilan Proses dalam Pemecahan Masalah Siswa
DOI:
https://doi.org/10.46368/qjpia.v1i2.439Abstract
Abstract:Â This study aims to improve student learning outcomes and find out the effect of the Process Skills model Prediction, Observation, Explanation (POE) model on problem-solving of grade 8th students of MTS Negeri 2 Nanga Pinoh in oscillations. The research method used is an experimental method with a One-Group Pretest-Posttest Design. The research was conducted in 4 meetings, with 24 students of class VIII B of MTs Negeri 2 Nanga Pinoh. The data collection instrument was carried out by testing the students' cognitive abilities in the form of pretest and posttest essays, observation sheets, and student response questionnaires. The results showed that: There was an increase in student learning outcomes in physics learning with an average increase of 55.28 with the lowest score of 40, and the highest score of 100.
Â
Keywords: learning outcomes, process skills, POE model
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dan melihat pengaruh penerapan Keterampilan Proses Model Prediction, Observation, Explaination (POE) terhadap pemecahan masalah pada siswa kelas VIII MTs Negeri 2 Nanga Pinoh pada materi getaran. Metode penelitian yang digunakan adalah metode eksperimen dengan rancangan One-Group Pretest-Posttest Design. Penelitian dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan, dengan jumlah siswa kelas VIII B MTs Negeri 2 Nanga Pinoh sebanyak 24 siswa. Instrument pengumpulan data dilakukan dengan tes kemampuan kognitif siswa berupa soal esai pretest dan postest, lembar observasi, dan angket respon siswa. Hasil penelitian menunjukan bahwa: Terdapat peningkatan hasil belajar siswa dalam pembelajaran fisika dengan rata-rata peningkatan sebesar 55,28 dengan nilai terendah 40, dan nilai tertinggi adalah 100.
Kata-kata kunci: pembelajaran fisika, keterampilan proses, model POE
References
Amri, S., & Khoiru, A. (2010). Proses pembelajaran kreatif dan inovatif dalam kelas. Jakarta: PT. Prestasi Pustakarya.
Candra, I. S., Sarwanto & Suparmi. (2012). Pembelajaran ipa menggunakan pendekatan inkuiri melalui metode eksperimen dan demonstrasi ditinjau dari kemampuan retensi dan sikap ilmiah siswa. Jurnal Inkuiri, 1(3), 145.
Haryono. (2006). Model pembelajaran berbasis peningkatan keterampilan proses sains. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(1).
Permatasari, R. (2016). Pengembangan perangkat pembelajaran berbasis self-regulated learning pada materi keseimbangan lingkungan dan perubahannya untuk meningkatkan hasil belajar kognitif siswa. Jurnal Pascasarjana Pendidikan Sains, 6(1).
Puriyandari, D., Saputro, A. N. C., & Masykuri, M. (2014). Penerapan model pembelajaran prediction, explanation, and explanation (POE) dilengkapi lembar kerja siswa (LKS) untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA semester genap SMA Negeri 1 Ngemplak tahun pembelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(1), 26.
Puriyandari, D. (2014). Penerapan model pembelajaran prediction, observation and explanation (POE) dilengkapi lembar kerja siswa (LKS) untuk meningkatkan sikap ilmiah dan prestasi belajar materi kelarutan dan hasil kali kelarutan siswa kelas XI IPA 1 semester genap SMA Negeri 1 Ngemplak tahun pelajaran 2012/2013. Jurnal Pendidikan Kimia (JPK), 3(1).
Restami, M.P. (2013). Pengaruh model pembelajaran POE (predict, observe, and explain) terhadap pemahaman konsep fisika dan sikap ilmiah ditinjau dari gaya belajar siswa. Dalam e-Journal Program Pasca Sarjana Universitas Pendidikan Ganesha Program Studi IPA [Online], 3(10). Tersedia: http://www.pasca.undiksha.ac.id. (18 Januari 2020).
Rizal, M. (2014). Pengaruh pembelajaran inkuiri terbimbing dengan multi representasi terhadap keterampilan proses sains dan penguasaan konsep IPA SMP. Jurnal Pendidikan Sains, 2(3), 159-165.
Samatowa, U. (2006). Bagaimana pembelajaran IPA di sekolah dasar. Jakarta: Depdikbud.
Slavin, R.E. (1995). Cooperative learning. (2nd ed.). Boston, London: Allyn and Bacon.
Susiwi. 2009. Analisis keterampilan proses sains siswa SMA pada model pembelajaran pratikum D. Ei. Hd. Jurnal Pengajaran MIPA, 3(1), 33-37.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.