Pengaruh Penggunaan Metode Eksperimen terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Alam (IPA)
DOI:
https://doi.org/10.46368/qjpia.v1i1.312Abstract
Abstract:Â Science is one of the mandatory subjects that are followed for students based on observation, science is a difficult subject. This study aims to determine the effect of the use of the experimental method on learning outcomes of natural science students in gread IV primary 27 Kenual. This research is a quantitative research method, while this typeof research is (Pre-Experimental Type One Group Pretest-Postest Desaign). This research variable consists of bebad variables, namely the use of experimental methods and the dependen variable is the learning out comes of natural science students in grade IV primary school 27 Kenual. The sample of this research is all the grade IV primary school 27 Kenual. Which amounted to 11 students. Data collection techniques using test methods, observation, and documentation. Instrument to measure learning outcomes using pretest and posttest in the from of objective teste and observational sheets of implementation RPP. Data analysis technique using linear regression, which previously had know homogeneity and normality. The average value at pretest is 32,54 and the average value at posttest is 83,33. Hypothesis indicate that the regression significance value 0,000 < 0,05, the meaning is smaller than the probability 0,05. From these results it can be concluded that the influence of the use of the experimental method has a positive influence on the learning out comes of natural science fourth grade students of elementary schools.
Keywords: Experiment method, the science result study
Abstrak: Berdasarkan hasil observasi, diketahui bahwa hasil belajar IPA siswa masih kurang baik, hal ini terlihat dari 11 siswa, hanya 2 orang yang memiliki nilai diatas KKM. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan metode eksperimen terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 27 Kenual. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan desain penelitian Pre-Experimental tipe One Group Pretest-Postest Design. Variabel penelitian ini terdiri dari variabel bebas yaitu penggunaan metode eksperimen dan variabel terikat yaitu hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 27Â Kenual. Sampel penelitian ini adalah seluruh siswa kelas IV SD Negeri 27Â Kenual yang berjumlah 11 siswa. Teknik pengambilan data menggunakan metode tes, observasi, dan dokumentasi. Instrumen untuk mengukur hasil belajar menggunakan pre-test dan post-test yang berbentuk tes objektif dan lembar observasi keterlaksanaan RPP. Teknik analisis data menggunakan regresi linear, yang sebelumnya telah diketahui homogenitas dan normalitasnya. Nilai rata-rata pada pretest sebesar 32,54 dan nilai rata-rata pada postest sebesar 83,36. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai signifikansi regresi 0,000 < 0,05 artinya lebih kecil dari probiabilitas 0,005. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penggunaan metode eksperimen memberikan pengaruh positif terhadap hasil belajar IPA siswa kelas IV SD Negeri 27Â Kenual.
Kata-kata kunci: Hasil belajar ilmu pengetahuan alam dan media power point
References
Djamarah, S.B., dan Aswan, Z. (2010). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Roestiyah, N.K. (2012). Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sugiyono. (2007). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suparno, P. (2007). Metodologi Pembelajaran Fisika Konstruktivistik dan Menyenangkan. Yogyakarta: Universitas Sanata Dharma.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Penulis yang menerbitkan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
Penulis memiliki hak cipta dan memberikan hak jurnal untuk publikasi pertama dengan karya yang secara simultan dilisensikan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepengarangan karya dan publikasi awal dalam jurnal ini.
Penulis dapat membuat perjanjian kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan atas publikasi awalnya di jurnal ini.
Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting pekerjaan mereka secara online (mis., Dalam repositori institusional atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menyebabkan pertukaran yang produktif, serta kutipan yang lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.