TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BARISAN GEOMETRI TAK HINGGA

Authors

  • Yoga Aulia Saputra
  • Prihatin Ningsih Sagala
  • Julisa Ayu Lestari
  • Cut Rania Andini
  • Gebriel Saron Silaban
  • Marthin Marbun

DOI:

https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i2.3661

Abstract

 

Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat motivasi belajar siswa yang diajarkan menggunakan model discovery learning pada materi barisan geometri tak hingga. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuantitatif dengan survei sebagai teknik pengumpulan data. Responden penelitian ini terdiri dari 35 siswa kelas 10 di salah satu sekolah menengah atas. Data dikumpulkan melalui kuesioner yang disusun untuk mengukur variabel motivasi belajar siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat motivasi belajar siswa dalam pembelajaran dengan model discovery learning tidak berkontribusi secara signifikan terhadap peningkatan motivasi mereka. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan untuk pengembangan metode pengajaran yang lebih efektif dan kreatif di masa mendatang, serta meningkatkan pemahaman siswa terhadap materi matematika.

 

Kata Kunci: Motivasi Belajar, Discovery Learning, Barisan Geometri tak hingga, Pembelajaran.

  

 

Abstract : This study aims to analyze the level of learning motivation of students taught using the discovery learning model on the material of infinite geometric sequences. The research method used is a quantitative method with a survey as a data collection technique. The respondents of this study consisted of 35 10th grade students in a high school. Data were collected through a questionnaire designed to measure the variables of student learning motivation. The results of the study indicate that the level of student learning motivation in learning with the discovery learning model does not contribute significantly to increasing their motivation. This study is expected to provide insight for the development of more effective and creative teaching methods in the future, as well as improve students' understanding of mathematics material.

 

Keywords: Learning Motivation, Discovery Learning, Infinite Geometric Sequences, Learning.

References

Hambal, M., & Khoiruddin, M. F. (2020). Pengaruh Aplikasi Metode Discovery Learning Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa di MTs Pondok Pesantren Salman Al-Farisi Karanganyar Solo. Tadarus, 9(2), 31–44. https://doi.org/10.30651/td.v9i2.6757

Khasinah, S. (2021). Discovery Learning: Definisi, Sintaksis, Keunggulan dan Kelemahan. Jurnal MUDARRISUNA: Media Kajian Pendidikan Agama Islam, 11(3), 402. https://doi.org/10.22373/jm.v11i3.5821

Melatisari, A. A. (2022). Discovery Learning Model To Improve The Learning Achievement Of Class 1 Students. 5(5), 602–607.

Nasional, D. P., Jenderal, D., Mutu, P., Dan, P., Kependidikan, T., Penjamin, L., Pendidikan, M., & Jakarta, D. K. I. (2006). Model-Model Pembelajaran.

Sanga, L. D., & Wangdra, Y. (2023). Pendidikan Adalah Faktor Penentu Daya Saing Bangsa. Prosiding Seminar Nasional Ilmu Sosial Dan Teknologi (SNISTEK), 5(September), 84–90. https://doi.org/10.33884/psnistek.v5i.8067

Sugiyono.(2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung: Alfabeta

Downloads

Published

2025-04-30

How to Cite

Aulia Saputra, Y., Ningsih Sagala, P., Ayu Lestari, J., Rania Andini, C., Saron Silaban, G., & Marbun, M. (2025). TINGKAT MOTIVASI BELAJAR SISWA DALAM PEMBELAJARAN MODEL DISCOVERY LEARNING PADA MATERI BARISAN GEOMETRI TAK HINGGA. AL KHAWARIZMI: Jurnal Pendidikan Matematika, 5(2). https://doi.org/10.46368/kjpm.v5i2.3661

Issue

Section

Articles

Citation Check