PENGARUH FASILITAS BELAJAR TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS V TEMA PERISTIWA DALAM KEHIDUPAN DI SDN 2 MEGERI

Aprida Niken Palupi, Sofyan Susanto, Widya Trio Pangestu

Abstract


Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V tema peristiwa dalam kehidupan di SDN 2 Megeri. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif. Metode yang digunakan adalah ex post facto. Perolehan data dilakukan dengan wawancara guru kelas V mengenai fasilitas belajar selama pandemic. Hasil wawancara fasilitas yang digunakan adalah handphone, wifi, LKS dan buku tema. Tugas diberikan melalui WA Grup dan menggunakan LKS serta buku tema sebagai bahan ajar. Hasil dari penelitian serta pembahasan melalui tes pada siswa menunjukkan bahwa hasil perhitungan pada uji-t Sig. (2-tailed) yaitu 0.04 lebih kecil dari 0.05 dapat disimpulkan dalam hal ini Ho ditolak dan Ha diterima bahwa t hitung > t tabel  yaitu 4.589 lebih besar dari 2.571 (0.05/2:5) dalam hal ini Ho ditolak dan Ha diterima, sehingga terdapat pengaruh fasilitas belajar terhadap hasil belajar siswa kelas V. Dengan begitu fasilitas belajar berpengaruh terhadap hasil belajar siswa, terutama pada masa pandemi ini siswa diwajibkan belajar di rumah.

References


Amah, N., & Nugroho, A. D. (2016). PEMODERASI Nik Amah Angga Dwi Nugroho Pendidikan Akuntansi IKIP PGRI MADIUN. JABE: Journal Of Accounting And Business Education, 2(4), 1–12.

Astriani, V., Usman, N., & Puspita, L. (2018). Model Role Playing Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Negeri 05 Indralaya Pada Tema Peristiwa Dalam Kehidupan. 5.

Darmadi. 2017. Pengembangan Model dan Metode Pembelajaran dalam Dinamika Belajar Siswa. Yogyakarta. Deepublish.

Dewi, W. A. F. (2020). Dampak COVID-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 2(1), 55–61. https://doi.org/10.31004/edukatif.v2i1.89

Hakim. 2019. Evaluasi Pembelajaran. Yogyakarta: Deepublish.

Herdah. 2020. Berkarya Bersama ditengah Covid-19. Sulawesi Selatan. IAIN Parepare Nusantara Press.

Johar, Rahmah. 2016. Strategi Belajar Mengajar. Yogyakarta. Deepublish.

Lestari, W. (2021). Pemanfaatan Whatsapp Sebagai Media Pembelajaran Dalam Jaringan Masa Pandemi Covid-19 Di Kelas Vi Sekolah Dasar. Journal of Chemical Information and Modeling, 53(9), 1689–1699.

Matondang, dkk. 2019. Evaluasi Hasil Belajar. Sumatera Utara. Yasasan Kita Menulis.

Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x

RI, P. (2005). PP Nomor 19 Tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan. Evaluation, 36(C), 2005–2008.

Roni Hamdani, A., & Priatna, A. (2020). Efektifitas Implementasi Pembelajaran Daring (Full Online) Dimasa Pandemi Covid- 19 Pada Jenjang Sekolah Dasar Di Kabupaten Subang. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 6(1), 1–9. https://doi.org/10.36989/didaktik.v6i1.120

Rusyan, Tabrawi. 2020. Seri Pembaharuan Pendidikan Membangun Kelas Aktif dan Inspiratif. Yogyakarta. Deepublish.

Santika, F., Johan, R. S., & Haryana, G. (2017). The Effect Of Learning Facilities Toward Student Learning Outcomes In SMAN 1 Teluk Kuantan Kecamatan Kuantan Tengah Kabupaten Kuantan Singingi. Jomfkip, 4(1), 1–12.

Sari, A. Q., Sukestiyarno, Y. L., & Agoestanto, A. (2017). Batasan Prasyarat Uji Normalitas Dan Uji Homogenitas Pada Model Regresi Linear. Unnes Journal of Mathematics, 6(2), 168–177. https://doi.org/10.15294/ujm.v6i2.11887

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung .Alfabeta.

Sutrisno. 2021. Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar TIK Materu Topologi Jaringan dengan Media Pembelajaran. Malang. Ahlimedia Press.

Syah, R. H. (2020). Dampak Covid-19 pada Pendidikan di Indonesia: Sekolah, Keterampilan, dan Proses Pembelajaran. SALAM: Jurnal Sosial Dan Budaya Syar-I, 7(5). https://doi.org/10.15408/sjsbs.v7i5.15314

Syahputra, Edy. 2020. Snowball Throwing Tingkatkan Minat dan Hasil Belajar. Sukabumi. Haura Publishing.

Wahyuningsih, Endang. 2020. Model Pembelajaran Matery Learning Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa. Yogyakarta. Deepublish.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.405

Article Metrics

Abstract view : 24 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 7 times PDF (Bahasa Indonesia) - 2 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Lisence:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.