IMPLEMENTASI MEDIA PEMBELAJARAN POWERPOINT MELALUI ZOOM TERHADAP KEEFEKTIFAN DAN HASIL BELAJAR MATA PELAJARAN IPA KELAS 4

Trio Gusti Mardhika, Djoko Hari Supriyanto, Sofyan Susanto

Abstract


Pada masa pandemi guru dituntut agar lebih inovatif dalam melaksanakan pembelajaran. Pembelajaran daring pada masa pandemi menggunakan media digital bertujuan agar tercapainya pembelajaran yang efektif, salah satu media yang mendukung efektivitas pembelajaran daring yaitu menggunakan powerpoint melalui zoom. Penelitian bertujuan untuk: Menganalisis pembelajaran daring menggunakan media powerpoint melalui video conference, efektivitas pembelajaran daring menggunakan media powerpoint.Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif. Pengambilan sampel menggunakan teknik purposive sampling. Populasi penelitian terdiri dari siswa dan wali kelas IV SDN Karangtengah 1 Ngawi. Teknik pengumpulan data memakai observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan reduksi data, display data, dan penarikan kesimpulan. Teknik keabsahan data menggunakan triangulasi metode. Hasil penelitian kali ini media pembelajaran powerpoint melalui zoom di SDN Karangtengah 1 Ngawi mempengaruhi efektivitas pembelajaran. Dapat dikatakan pembelajaran menggunakan powerpoint melalui zoom cukup efektif. Hal tersebut dapat dilihat dari stimulus yang diberikan oleh guru, respon dari siswa dan hasil belajar dari siswa.




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v9i2.392

Article Metrics

Abstract view : 104 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 79 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2021 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.