PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA BANGUN DATAR MELALUI KEGIATAN PEMBUATAN MAINAN DARI KERTAS
DOI:
https://doi.org/10.46368/jpd.v2i1.16Abstract
Penelitian ini bertujuan mengupayakan peningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran matematika, menambah pengalaman dan pengetahuan yang baru terhadap proses pembelajaran matematika melalui kegiatan pembuatan mainan dari kertas. Permasalahan dalam penelitian ini adalah bahwa masih memerlukan peningkatan terhadap hasil belajar matematika konsep bangun datar. Cara mengatasi pemasalahan tersebut dilakukan oleh peneliti adalah pembelajaran melalui kegiatan pembuatan mainan dari kertas yang diberikan kepada 15 orang siswa kelas V. Pembelajaran diberikan dengan memanfaatkan kertas dibuat mainan. Siswa terlibat secara langsung terhadap pembuatan obyek belajar yakni mainan. Kegiatan pembuatan mainan terdiri dari tiga tahapan yakni membuat mainan, menguji mainan, dan mengamati mainan. Hasil penelitian ini adalah adanya peningkatan hasil belajar yang ditunjukkan pada aspek pengetahuan yakni rata-rata 4,6, aspek keterampilan yakni rata-rata 17,21, dan aspek sikap yakni rata-rata 19,62. Bahwa ternyata melalui kegiatan pembuatan mainan dari kertas memiliki konstribuasi besar yakni sebesar 97,15% terhadap aspek pengetahuan, 95,8% terhadap aspek keterampilan, dan sebesar 95,8% terhadap aspek sikap.
Kata Kunci: Hasil Belajar Matematika, Pemahaman Konsep, Kegiatan Pembuatan Mainan dari Kertas.