TANGGAPAN MAHASISWA CALON GURU SEKOLAH DASAR TERHADAP PERKULIAHAN DARING BERBASIS GOOGLE CLASSROOM

MARDIANA MARDIANA, Mastiah Mastiah, Aprima Tirsa

Abstract


 

Abstract: The purposes of the study were to describe the response of PGSD
STKIP Melawi students to the implementation of online lectures using the
Google Classroom application during the Covid-19 pandemic. This study
uses qualitative metode. Information obtained by researchers by disseminating
questionnaires in depth to research subjects. The research subjects consisted
of PGSD STKIP Melawi students in odd semesters. The results of the study
are first, students respond positively to the use of the google classroom
application. Most students can access google classroom easily, and agree that
the google classroom display is easy to understand and can be accessed
anytime and anywhere. Second, most students respond very well to the ease
of use of the Google Classroom platform or application. These conveniences
are, firstly, students can complete assignments faster and make everything
easier with complementary features, secondly obtaining announcements,
materials and collecting tasks to be more flexible. Third, most students agree
that the use of the Google Classroom application as a learning medium is
very effective, efficient in supporting online lectures during the COVID-19
pandemic.

Keywords: student response, online lectures, google classroom.

Abstrak: Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan tentang tanggapan
mahasiswa PGSD STKIP Melawi terhadap pelaksanaan perkuliahan daring
menggunakan aplikasi google classroom pada masa pandemi covid-19.
Penelitian ini menggunakan metode kualitatif. Informasi diperoleh peneliti
dengan menyebarkan angket secara mendalam kepada subjek peneliti. Subjek
penelitian terdiri dari mahasiswa PGSD STKIP Melawi semester ganjil. Hasil
penelitian adalah pertama, mahasiswa merespon positif penggunaan aplikasi
google classroom. Sebagian besar mahasiswa dapat mengakses google
classroom dengan mudah, dan menyetujui bahwa tampilan google classroom
mudah dipahami dan dapat diakses kapanpun dan di mana pun. Kedua,
sebagian besar mahasiswa merespon dengan sangat baik terhadap
kemudahan-kemudahan penggunaan platform atau aplikasi google classroom.
Kemudahan-kemudahan tersebut yaitu, pertama mahasiswa dapat
menyelesaikan tugas tugas lebih cepat dan menjadikan semuanya lebih mudah
dengan fitur-fitur pelengkapnya, kedua memperoleh pengumuman, materi
maupun pengumpulan tugas menjadi lebih fleksibel. Ketiga, sebagian besar 

mahasiswa menyetujui bahwa penggunaan aplikasi google classroom sebagai
media pemeblajaran sangat efektif, efesien dalam mendukung perkuliahan
daring selama pandemi covid-19.

Kata Kunci: tanggapan mahasiswa, perkuliahan darimg, google classroom.


References


Arizona, K., Abidin, Z., & Rumansyah, R. (2020). Pembelajaran Online Berbasis Proyek Salah Satu Solusi Kegiatan Belajar Mengajar Di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 5(1), 64–70. https://doi.org/10.29303/jipp.v5i1.111

Basri, S., Idamayanti, R., & Yusdarina, Y. (2021). ANALISIS RESPON MAHASISWA TERHADAP PEMBELAJARAN DARING MENGGUNAKAN MEDIA PEMBELAJARAN GOOGLE CLASSROOM PENDAHULUAN Sejak bulan Maret pembelajaran jaringan ). Sistem pembelajaran daring Daring ( dalam Indonesia termasuk dalam salah satu Negara yang terkena. JPF (Jurnal Pendidikan Fisika) FKIP UM Metro, 9(1), 172–188.

Ghofur, A. (2018). USING GOOGLE CLASSROOM ON INQUIRY BASED LEARNING TO IMPROVE STUDENTS’ LEARNING PARTICIPATION. Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(2), 1503–1509.

Mastiah, M., Mardiana, & Tirsa, A. (2021). RESPON DOSEN PGSD STKIP MELAWI TERHADAP PERKULIAHAN DARING MENGGUNAKAN GOOGLE CLASSROOM. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 2(2), 88–97.

Miles, M. B., Huberman, A. M., Rohidi, T. R., & Mulyarto. (1992). Analisis data kualitatif : buku sumber tentang metode metode baru. Jakarta: Penerbit Universitas Indonesia (UI -Press).

Saifuddin, M. F. (2018). E-Learning dalam Persepsi Mahasiswa. Jurnal VARIDIKA, 29(2), 102–109. https://doi.org/10.23917/varidika.v29i2.5637

Widayati, S. (2020). Respon Mahasiswa Pada Mata Kuliah Daring. Child Education Journal, 2(1), 48–52. https://doi.org/10.33086/cej.v2i1.1506




DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v10i2.907

Article Metrics

Abstract view : 113 times
PDF (Bahasa Indonesia) - 74 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN DASAR

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.

Contact:

Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com

STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi

__________________________________________________________ 

Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.