ANALISIS NILAI MORAL DALAM “KUMPULAN CERITA RAKYAT SUKU DAYAK RANDUK” DAN RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN BAHASA INDONESIA DI SEKOLAH DASAR
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk sebagai acuan pokok terhadap masalah yang akan diteliti sehingga akan dapat bekerja secara terarah dalam mencari data sampai langkah pemecahan masalahnya. Sehingga tujuan ini adalah untuk mencakup nilai-nilai moral dalam Kumpulan Cerita Rakyat Suku Dayak Randuk. Penelitian ini menggunakan pendekatan yang bersumber pada teks karya sastra itu sendiri. Penelitian ini disebut dengan penelitian kualitatif, karena data dalam bentuk verbal sehingga dapat memudahkan penelitian yang dilakukan oleh peneliti. Disamping itu ada data yang autentik yang bisa dikaji dan di analisis sebenar-benarnya. Pendekatan kualitatif dapat diartikan sebuah proses penyelidikan untuk memahami masalah sosial atau masalah manusia.Hasil penelitian menjukan bahwa analisis nilai moral yang terdapat dalam tiga isi “kumpulan Cerita Rakyat Suku Dayak Randuk”, yang di ceritakan terdiri dari “Raja Deah”, “Cit Inai” dan “Raja Kancil”. Banyak nilai – nilai yang terkandung di setiap ceritanya. Setiap paragrap yang dibaca secara kritis dan cermat memiliki nilai moral terdiri dari kejujuran, keadilan, sikap keterbukaan, optimis dan lain-lainya.
Kata Kunci : Nilai Moral, Pendekatan Kualitatif, Kumpulan Cerita Rakyat Suku Dayak Randuk
Abstract: This study aims to serve as a basic reference for the problem to be studied so that it will be able to work directionally in finding data to solving the problem. So this goal is to include the moral values in the Collection of Randuk Dayak Tribe of Folklore.This study uses an approach that is sourced from the literary text itself. This research is called qualitative research, because the data is in verbal form so that it can facilitate research conducted by researchers. Besides that, there is authentic data that can be studied and analyzed in truth. A qualitative approach can be defined as a process of inquiry to understand social problems or human problems.he result of the research shows that the analysis of moral values contained in the three contents of "a collection of folklore of the Dayak Randuk", which is told consists of " deah king", " Chait Inn" and " the king of the mouse deer". Many values are contained in each story. Every paragraph that is read critically and carefully has moral values consisting of honesty, fairness, openness, optimism and others.
Keywords: Moral Value, Qualitative Approach, Collection of Randuk Dayak Tribe of Folklore
Full Text:
PDF (Bahasa Indonesia)References
Budiningsih, A. 2019. Pembelajaran Moral. Yogyakarta : PT Rineka Cipta.
Darmadi, H. 2016. Dayak Asal-Usul Dan Penyebarannya Di Bumi Borneo (1) .https://journal.ikippgriptk.ac.id/index.php/sosial/article/view/376#:~:text=Dayak%20berasal%20dari%20kata%20%E2%80%9CDaya,tinggal%20di%20pedalaman%20atau%20perhuluan. Diakses 28 Maret 2021. Jam 15.16
Kanzunnudin, M. 2015. Cerita Rakyat Sebagai Sumber Kearifan Lokal. https://scholar.google.com/scholar?hl=id&as_sdt=0%2C5&q=definisi+cerita+rakyat&btnG. Diakses 07 Januari 2021. Jam 08.58
Muslich, M. 2011. Pendidikan Karakter. Jakarta : Bumi Aksara
Mastiah & Mutaqin,NS. 2020 . Kumpulan Cerita Rakyat Suku Dayak Randuk. Melawi : Uwais Inspirasi Indonesia.
Rinaldi, N.S. 2018. Nilai Nilai Moral Dalam Film Nobody Knows Karya Sutradara Hirokazu Koreeda Kajian Sosiologi Sastra. http://eprints.undip.ac.id/65090/1/SKRIPSI_LENGKAP.pdf. Di Akses 13 Maret 2021. Jam 14.52
Robani, A. 2019. Konsep Pendidikan Moral Dan Etika Dalam Perspektif Emha Ainun Nadjib. Jam 12.18. Skripsi http://repository.radenintan.ac.id/7048/1/SKRIPSI%20ALFAREZI%20ROBANI.pdf. Diakses 13 Maret 2021. Jam 12.18
Salfia, N. 2015. Humanika. http://ojs.uho.ac.id/index.php/HUMANIKA/ article/view/595. Diakses 15 Desember 2020. Jam 05.43
Sugiyono. 2020. Metode Penulisan Kuantitatif Kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta.
Suryanto, A. 2013. Pesan Moral. http://repository.ump.ac.id/5460/3/BAB% 20II_ADI%20SURYANTO_PBSI%2713.pdf. Diaksen 13 Maret 2021. Jam 12.39.
Suyatno. 2012. Nilai, Norma, Moral, Etika Dan Pandangan Hidup Perlu Dipahami Oleh Setiap Warga Negara Dalam Kehidupan Berbangsa Dan Bernegara1. https://eprints.uns.ac.id/1075/1/2233-5034-1-SM.pdf. Diakses 28 Maret 2021. Jam 12.35
Teoh, dkk. 2016. Kurikulum Standard Sekolah Menengah Tingkat 1 Pendidikan Moral.https://drive.google.com/file/d/1giP7cT9dy8ELU814LJB5h9IObNbr9zD/view. Diakses 12 Maret 2021. Jam 11.28
Wiguna, & Alimin. 2018. Analisis Nilai-Nilai Moral Dalam Cerita Rakyat Kalimantan Barat . Pontianak. Diakses 23 Februari 2021
DOI: https://doi.org/10.46368/jpd.v10i1.674
Article Metrics
Abstract view : 257 timesPDF (Bahasa Indonesia) - 196 times
Refbacks
- There are currently no refbacks.
Copyright (c) 2022 JURNAL PENDIDIKAN DASAR
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Contact:
Mastiah, email: jurnalpendidikandasar2010@gmail.com
STKIP Melawi Jl. RSUD Melawi Km. 04. Kec. Nanga Pinoh Kab. Melawi
__________________________________________________________
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.