Coaching Clinic sebagai Upaya Optimalisasi Pendanaan Riset melalui Hibah BIMA Kemdiktisaintek 2025

Authors

Abstract

Kegiatan pengabdian ini dilaksanakan sebagai upaya strategis dalam mengoptimalkan pendanaan riset melalui Hibah BIMA Kemdiktisaintek tahun 2025. Kegiatan ini dirancang untuk membimbing dosen dalam menyusun proposal penelitian dan pengabdian kepada masyarakat yang berkualitas dan sesuai dengan kriteria pendanaan hibah BIMA. Kepuasan peserta diukur menggunakan kuesioner berbasis SERVQUAL dan dianalisis menggunakan uji Wilcoxon Signed-Rank melalui aplikasi Jamovi. Hasil menunjukkan bahwa persepsi peserta terhadap kegiatan sangat positif dan signifikan secara statistik, terutama pada aspek kompetensi fasilitator. Namun demikian, alokasi waktu bimbingan masih dirasakan terbatas oleh sebagian peserta. Dampak dari kegiatan ini tercermin dari meningkatnya jumlah proposal yang berhasil didanai, serta posisi Universitas Sulawesi Barat dalam daftar 20 besar penerima hibah terbanyak dalam skema penelitian. Pengembangan lebih lanjut disarankan melalui sesi lanjutan dan bimbingan daring untuk meningkatkan kualitas proposal dan peluang keberhasilan pendanaan.

Author Biography

Eli Meivawati, Universitas Sulawesi Barat

Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar

References

Amal. (2025). Ceramah dalam kegiatan Coaching Clinic: Menyusun Proposal Hibah yang Berkualitas dan Kompetitif . Tidak dipublikasikan.

Aswad. (2025). Ceramah dalam kegiatan Coaching Clinic: Menyusun Proposal Hibah yang Berkualitas dan Kompetitif . Tidak dipublikasikan.

Creswell, J. W. (2017). Research Design: Qualitative, Quantitative, and Mixed Methods Approaches (5th ed.). SAGE Publications.

Direktorat Riset dan Inovasi IPB. (2025). Dua puluh besar PT penerima dana hibah BIMA skema penelitian. https://dri.ipb.ac.id/

Direktorat Riset dan Inovasi, Kemdiktisaintek. (2025). Pengumuman penerima dana penelitian dan pengabdian BIMA 2025.

Direktorat Riset, Teknologi, dan Pengabdian kepada Masyarakat (DRTPM). (2025). Pedoman Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat Tahun 2025. Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi.

Ibrahim, M. (2020). Pengabdian kepada masyarakat sebagai pilar perguruan tinggi. Malang: Universitas Negeri Malang Press.

Kemdiktisaintek. (2025). Kebijakan Nasional Riset dan Inovasi 2025. Jakarta: Kementerian Pendidikan Tinggi, Sains, dan Teknologi.

Noe, R. A. (2017). Employee training and development (7th ed.). McGraw-Hill Education.

Qudratuddarsi, H., Meivawati, E., Fitrasari, & Saputra, R. (2024). Pelatihan Penelitian Metode Kuantitatif dan Systematic Literature Review bagi Dosen dan Mahasiswa . Beru’-beru’: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1), 22-32. https://doi.org/10.31605/jipm.v3i1.4437

Salas, E., Tannenbaum, S. I., Kraiger, K., & Smith-Jentsch, K. A. (2012). The science of training and development in organizations: What matters in practice. Psychological Science in the Public Interest, 13(2), 74–101. https://doi.org/10.1177/1529100612436661

Setiawan, H., Suhanda, S., & Setiawan, D. (2022). Coaching Clinic as a Strategy to Improve Knowledge and Competence of Nurses in Providing Genetic Counseling Interventions among Thalassemia Patients. International Journal of Community Based Nursing and Midwifery, 10(1), 84–85. https://doi.org/10.30476/IJCBNM.2021.92764.1883

Sugiyono. (2019). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Published

2025-10-28

How to Cite

Meivawati, E. (2025). Coaching Clinic sebagai Upaya Optimalisasi Pendanaan Riset melalui Hibah BIMA Kemdiktisaintek 2025. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3). Retrieved from https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JDPM/article/view/4199

Issue

Section

Articles

Citation Check