Studi Literatur: Efektivitas Pembelajaran Berbasis Microlearning

Authors

  • bahrul alam
  • Ahmad Kosim Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Naufal Hajid Sani Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Widia Setyaningrum Universitas Muhammadiyah Jakarta
  • Zulfitria . Universitas Muhammadiyah Jakarta

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji efektivitas pembelajaran berbasis microlearning melalui pendekatan studi literatur terhadap berbagai publikasi ilmiah dalam rentang waktu lima tahun terakhir. Microlearning merupakan pendekatan pembelajaran yang menyajikan konten dalam unit-unit kecil dan terfokus, dengan memanfaatkan teknologi digital untuk meningkatkan aksesibilitas, keterlibatan, dan retensi pengetahuan. Kajian ini menganalisis kelebihan, keterbatasan, dan implementasi microlearning di berbagai konteks pendidikan dan pelatihan, baik formal maupun nonformal. Hasil studi menunjukkan bahwa microlearning efektif dalam meningkatkan motivasi belajar, efisiensi waktu, serta daya ingat jangka pendek, terutama ketika didesain secara interaktif dan sesuai dengan kebutuhan pembelajar. Namun, tantangan seperti keterbatasan cakupan materi, kurangnya integrasi dalam kurikulum, serta kebutuhan infrastruktur teknologi masih menjadi hambatan implementasi secara luas. Temuan ini memberikan wawasan kritis bagi praktisi pendidikan dan pengembang sistem pembelajaran dalam merancang strategi pembelajaran yang adaptif dan efisien di era digital.

References

Amin, M., H, N., & Monoarfa, M. (2025). PENGEMBANGAN MICROLEARNING UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR IPA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 BONTORAMBA. In Journal Binagogik (Vol. 12, Issue 1). https://ejournal.uncm.ac.id/index.php/pgsd/article/view/1451

Braun, V., & Clarke, V. (2008). Using thematic analysis in psychology. Taylor & Francis, 77-101.

Farhan M, A., Syah, W. F., Khobir, A., & Mahmudah, U. (2024). Microlearning sebagai Strategi Pembelajaran Peningkatan Kemampuan Berpikir Siswa (SPPKB) di Era Digital. Jurnal Basicedu, 8(5), 4008–4020. https://doi.org/10.31004/basicedu.v8i5.8044

Grant, M. J., & Booth, A. (2009). A typology of reviews: an analysis of 14 review types and associated methodologies. Health Information & Libraries Journal, 26(2), 91–108. https://doi.org/10.1111/j.1471-1842.2009.00848.x

Hug, T. (2005). Micro Learning and Narration Exploring possibilities of utilization of narrations and storytelling for the designing of “micro units” and didactical micro-learning arrangements. In Fourth Media (MiT4: The Work of Stories). http://homepage.uibk.ac.at/~c60357/

Miles, M., Humerban, A. M., & Saldana, J. (2014). Qualitative Data Analysis (A Methods Sourcebook) (H. Salmon, K. Perry, & L. Berrett, Eds.; Third Edition). SAGE.

Pebriantika, L., Rahmi, J., Adesti, A., & Eriyanti, E. (2024). Efektifitas Penerapan Metode Microlearning untuk Meningkatkan Hasil Belajar Mahasiswa. Edu Cendikia: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 4(02), 767–773. https://doi.org/10.47709/educendikia.v4i02.4870

Safitri, M., Ridwan Aziz, M., Sjakyakirti, U., Sultah, J., Mansyur, M., Gede Bukit, K., & Palembang, L. (2022). ADDIE, Sebuah Model Untuk Pengembangan Multimedia Learning. Jurnal Pendidikan Dasar, 3(2). http://jurnal.umpwr.ac.id/index.php/jpd

Senandheera, V. V., Muthukumarana, C. K., Ediriweera, D. S., & Rupasinghe, T. P. (2024). Impact of microlearning on academic performance of students in higher education: A systematic review and meta-analysis. Journal of Multidisciplinary & Translational Research, 9(1), 10–25. https://doi.org/10.4038/jmtr.v9i1.2

Sinaga, D. H., Hutasoit, L. T., Pangaribuan, E., & Pangaribuan, E. (2022). Efektivitas Model Pembelajaran Microlearning Berbantu Video Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Siswa Kelas VII SMPN 5 Air Putih T.A. 2022/2023. Sepren, 48–56. https://doi.org/10.36655/sepren.v4i0.817

Wayan Marti, N., & Putu Tuti Ariani, L. (2023). PENGEMBANGAN KONTEN PEMBELAJARAN BERBASIS MICRO-LEARNING UNTUK MATA KULIAH BASIS DATA DI PROGRAM STUDI S1 ILMU KOMPUTER-UNDIKSHA. Jurnal Pendidikan Teknologi Dan Kejuruan, 20(1).

Downloads

Published

2025-08-04 — Updated on 2025-08-04

Versions

How to Cite

alam, bahrul, Kosim, A., Hajid Sani, N., Setyaningrum, W., & ., Z. (2025). Studi Literatur: Efektivitas Pembelajaran Berbasis Microlearning. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(2). Retrieved from https://jurnalstkipmelawi.ac.id/index.php/JDPM/article/view/4032

Issue

Section

Articles

Citation Check