PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKONTEN DI MEDIA SOSIAL MELALUI POJOK LITERASI PPK ORMAWA

Authors

  • 202360191 202360191 Universitas Muria Kudus
  • 202233254 202233254 Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • 202251124 202251124 Universitas Muria Kudus, Indonesia
  • Ruth Natalia Universitas Muria Kudus, Indonesia https://orcid.org/0009-0000-7506-8956

DOI:

https://doi.org/10.46368/dpkm.v4i3.3974

Abstract

Pengabdian masyarakat ini berjudul "Peningkatan Keterampilan Konten Media Sosial melalui Pojok Literasi PPK Ormawa" dan bertujuan untuk meningkatkan literasi serta keterampilan digital di Desa Dersalam melalui pembentukan lima pojok literasi. Pojok-pokok ini ditargetkan untuk berbagai kelompok usia dan tingkat pendidikan dengan tujuan utama untuk meningkatkan akses terhadap literasi dan pendidikan yang lebih inklusif. Salah satu pojok yang diutamakan adalah Pojok Content Creator, yang difokuskan pada siswa/siswi SMA/SMK sederajat. Pojok ini menggunakan pendekatan konstruktivisme dan open-ended, yang memungkinkan para peserta untuk langsung mempraktikkan pembuatan konten digital, serta diberikan edukasi mengenai penggunaan media sosial yang efektif dan bertanggung jawab. Melalui metode pelatihan tatap muka, penyampaian materi secara langsung, serta praktik kolaboratif, peserta dapat memperoleh umpan balik dua arah untuk meningkatkan keterampilan mereka. Tujuan akhir dari program ini adalah membekali peserta dengan keterampilan digital yang relevan menghadapi tantangan era 5.0, dan berkontribusi menciptakan Desa Dersalam yang cerdas dan siap menghadapi masa depan.

References

Cross, M. (2013). Content Creator dalam Kacamata Industri Kreatif : Personal Branding Dalam Media Sosial.

Jiwandhana, A. (2023). Jumlah buruh rokok di Kudus telah meningkat menjadi lebih dari seratus ribu orang.

Nasihudin, N., & Hariyadin, H. (2021). Pengembangan Keterampilan dalam Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Indonesia, 2(04), 733–743. https://doi.org/10.59141/japendi.v2i04.150

Riyanto, A. D. (n.d.). Hootsuite (We are Social): Data Digital Indonesia 2024. Retrieved from https://andi.link/hootsuite-we-are-social-indonesian-digital-report-2021/

Rizanta, G. A., & Arsanti, M. (2022). Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini. Prosiding Seminar Nasional Daring, 2, 560–568. https://prosiding.ikippgribojonegoro.ac.id/index.php/SPBSI/article/view/1381

Saragih, M., Daeng Badjie, S., Widyaloka Medan, A., & William Carey, S.-M. (2023). Implementasi Aplikasi CapCut Dalam Pembuatan Video Pembelajaran Terhadap Guru-Guru SD Bharlin School. Publikasi Kegiatan Pengabdian Masyarakat Widya (PUNDIMASWID), 2(1), 1–10. https://jurnal.amikwidyaloka.ac.id/index.php/pundimaswid/article/view/176

Sayugi. (2018). Content Creator dalam Kacamata Industri Kreatif : Personal Branding Dalam Media Sosial.

Zahri, T. N., Yusuf, A. M., & Neviyarni, S. (2017). Hubungan gaya belajar dan keterampilan belajar dengan hasil belajar mahasiswa serta implikasinya dalam pelayanan bimbingan dan konseling di Fakultas Ilmu Pendidikan Universitas Negeri Padang. 6(1), 18–2.

Zuhri, M. S. (2019). Suluk jalan terabas Gus Miek untuk meraih kebahagiaan: studi terhadap Jemaah Dzikrul Ghofilin Gayungan Surabaya.

Published

2025-06-27

How to Cite

202360191, 202360191, 202233254, 202233254, 202251124, 202251124, & Natalia, R. (2025). PENINGKATAN KETERAMPILAN BERKONTEN DI MEDIA SOSIAL MELALUI POJOK LITERASI PPK ORMAWA. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3). https://doi.org/10.46368/dpkm.v4i3.3974

Issue

Section

Articles

Citation Check