PEMBUATAN VIDEO AJAR DAN ALAT PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALITAS GURU SD NEGERI 21 TANJUNG PANTI

Authors

  • Amin Mustajab STKIP Melawi, Indonesia
  • Samsul Bahri STKIP Melawi, Indonesia
  • Puji Rahmawati STKIP Melawi, Indonesia
  • Dahlia Dahlia Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika STKIP Melawi
  • Mariska Mariska Mahasiswa Prodi Pendidikan Fisika STKIP Melawi, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/dpkm.v4i3.2711

Abstract

Program pengabdian masyarakat ini dilaksanakan di SD Negeri 21 Tanjung Panti dengan tujuan meningkatkan kompetensi profesional guru melalui pembuatan video ajar dan alat praktikum berbasis lingkungan. Sekolah ini menghadapi tantangan serius, seperti aksesibilitas yang buruk dan kurangnya media pembelajaran modern. Kegiatan ini meliputi tiga tahap: persiapan, pelaksanaan, dan evaluasi, dengan fokus pada pengembangan alat praktikum menggunakan 3D printer dan sosialisasi penggunaan aplikasi Camtasia untuk membuat video ajar. Evaluasi dilakukan untuk menilai kualitas video dan alat praktikum, serta dampaknya terhadap pembelajaran. Keberlanjutan program direncanakan melalui pelatihan dan pendampingan berkelanjutan bagi guru. Total anggaran yang digunakan mencapai Rp 39.351.000, yang sebagian besar berasal dari hibah DRTPM. Hasil yang diharapkan dapat memperkaya pengalaman belajar siswa dan meningkatkan kompetensi guru.

References

Abduh, M., Basiru, A. A., Narayana, M. W., & Safitri, N. (2022). Potret Pendidikan di Daerah Terpencil Kampung Manceri Cigudeg Kabupaten Bogor. Jurnal Citizenship Virtues, 2(1).

Ain, T. N. (2013). Pemanfaatan Visualisasi Video Percobaan Gravity Current Untuk Meningkatkan Pemahaman Konsep Fisika Pada Materi Tekanan Hidrostati. Jurnal Inovasi Pendidikan Fisika, 02(02), 97–100.

Amin Mustajab, Syamsijulyanto, T., Zaky Tatsar, M., & Rian Priyadi. (2021). Pemanfaatan Radio untuk Mengatasi Keterbatasan Jaringan Pada Pembelajaran Daring Selama Masa Pandemi. Dinamisia : Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 5(3). https://doi.org/10.31849/dinamisia.v5i3.4608

Asadpour, A. (2021). Student challenges in online architectural design courses in Iran during the COVID-19 pandemic. E-Learning and Digital Media, 204275302110229. https://doi.org/10.1177/20427530211022923

Busyaeri, A., Udin, T., & Zaenudin, A. (2016). Pengaruh Penggunaan Video Pembelajaran Terhadap Peningkatan Hasil Belajar Mapel IPA di Min Kroya Cirebon. Al Ibtida: Jurnal Pendidikan Guru MI, 3(1). https://doi.org/10.24235/al.ibtida.snj.v3i1.584

Hijjah, R. D., Russanti, I., Mayasari, P., & Nahari, I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Video Berbasis Aplikasi Camtasia pada Kompetensi Pembuatan Busana Tunik di Kelas XII SMK Negeri 3 Kediri. Jurnal Pendidikan Tambusai, 7.

Swandi, A., Pratiwi, A. C., & Rahmadhanningsih, S. (2023). Implementasi Science Lab Hybrid Berbasis Action Camera Sebagai Model Pembelajaran Berbasis Praktikum Di Smpn 4 Benteng Kabupaten Kepulauan Selayar. TONGKONAN: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(2).

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Mustajab, A., Bahri, S., Rahmawati, P., Dahlia, D., & Mariska, M. (2024). PEMBUATAN VIDEO AJAR DAN ALAT PRAKTIKUM UNTUK MENINGKATKAN KOMPETENSI PROFESIONALITAS GURU SD NEGERI 21 TANJUNG PANTI. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(3), 64–78. https://doi.org/10.46368/dpkm.v4i3.2711

Issue

Section

Articles

Citation Check