Penguatan Nilai Karakter Siswa Melalui Peningkatan Keterampilan Literasi Digital Kurikulum Merdeka

Authors

  • Refika Andriani Universitas Lancang Kuning, Indonesia
  • Destina Kasriyati Universitas Lancang Kuning, Indonesia
  • Kurniawan Kurniawan Universitas Lancang Kuning, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/dpkm.v4i2.1858

Abstract

Penguasaan literasi digital khususnya bagi peserta didik dalam implementasi kurikulum merdeka sangatlah penting. Hal ini membantu siswa untuk melihat manfaat dan dampak negatif penggunaan teknologi dalam kehidupan sehari-hari ataupun kegiatan belajar. SMAN 13 Pekanbaru telah melakukan penguatan nilai-nilai karakter siswa melalui pendidikan literasi digital yang baik kepada siswa. Hal ini merupakan salah satu cara untuk menghindarkan siswa dari dampak negatif sistem digital dalam pendidikan. Oleh karena itu, SMAN 13 Pekanbaru memerlukan suatu program atau acara yang dapat membantu siswa dalam memperkuat nilai-nilai karakter melalui peningkatan keterampilan literasi digital. Berdasarkan latar belakang di atas, tim pengabdian masyarakat Universitas Lancang Kuning menawarkan program sosialisasi kepada mahasiswa tentang penguatan nilai-nilai karakter mahasiswa melalui keterampilan literasi digital dalam kurikulum merdeka. Program ini dilaksanakan pada tanggal 11 Januari 2024 dengan jumlah peserta sebanyak 31 orang. Mereka telah memberikan semua pengetahuan yang berkaitan dengan topik tersebut. Setelah mengikuti program terlihat adanya peningkatan pemahaman siswa terhadap literasi digital dan nilai-nilai karakter. Dengan memiliki gagasan tentang istilah tersebut, berarti siswa akan mampu meningkatkan nilai-nilai karakternya melalui keterampilan literasi digital. Kesimpulannya, meskipun istilah literasi digital dan nilai-nilai karakter sangat populer di kalangan akademisi khususnya siswa sekolah menengah, namun nyatanya istilah-istilah tersebut belum sepenuhnya dipahami oleh mereka. Hal ini sangat disayangkan mengingat literasi digital dan nilai-nilai karakter menjadi dua sasaran utama dalam penerapan kurikulum merdeka bagi peserta didik. Sebab pada kenyataannya, kemampuan literasi digital melalui integrasi teknologi dalam pembelajaran yang baik secara otomatis akan mampu memperkuat nilai-nilai karakter peserta didik sebagai generasi penerus bangsa yang menyongsong era society 5.0.

References

Andriani, R., & Wiza, F. (2023). Integrasi Teknologi Dalam Kegiatan Evaluasi Pembelajaran Dengan Menggunakan Google Form. In SNPKM: Seminar Nasional Pengabdian Kepada Masyarakat (Vol. 5, No. 1, pp. 51-56).

Maunah, B. (2015). Implementasi pendidikan karakter dalam pembentukan kepribadian holistik siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 6(1).

Yuniarto, B., & Yudha, R. P. (2021). Literasi digital sebagai penguatan pendidikan karakter menuju era society 5.0. Edueksos Jurnal Pendidikan Sosial & Ekonomi, 10(2).

Amri, C. O., Jaelani, A. K., & Saputra, H. H. (2021). Peningkatan literasi digital peserta didik: Studi pembelajaran menggunakan e-learning. Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan, 6(3), 546-551.

Khasanah, U., & Herina, H. (2019). Membangun karakter siswa melalui literasi digital dalam menghadapi pendidikan abad 21 (revolusi industri 4.0). In Prosiding Seminar Nasional Program Pascasarjana Universitas PGRI Palembang.

Harjono, Hary Soedarto. (2019). “Literasi Digital: Prospek Dan Implikasinya Dalam Pembelajaran Bahasa.†Pena : Jurnal Pendidikan Bahasa Dan Sastra 8(1):1–7. doi: 10.22437/pena.v8i1.6706.

Anjarwati, L., Pratiwi, D. R., & Rizaldy, D. R. (2022). Implementasi Literasi Digital dalam Upaya Menguatkan Pendidikan Karakter Siswa. Buletin Pengembangan Perangkat Pembelajaran, 3(2).

Ramdhani, M. A. (2014). Lingkungan pendidikan dalam implementasi pendidikan karakter. Jurnal pendidikan universitas garut, 8(1), 28-37.

Kristiawan, M. (2016). Telaah revolusi mental dan pendidikan karakter dalam pembentukkan sumber daya manusia Indonesia yang pandai dan berakhlak mulia. Ta'dib, 18(1), 13-25.

Ulfah, T. (2020, November). Penguatan Pendidikan Karakter Siswa Melalui Gerakan Literasi Digital Di Sekolah Menengah Pertama. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan (Vol. 2, pp. 727-736).

Wahyuni, S., & Andriani, R. (2023). Pelatihan Pemanfaatan Google Form Sebagai Media Evaluasi dalam Model Pembelajaran Hybrid Learning. Dinamisia: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 7(2), 419-425.

Downloads

Published

2024-07-18

How to Cite

Andriani, R., Kasriyati, D., & Kurniawan, K. (2024). Penguatan Nilai Karakter Siswa Melalui Peningkatan Keterampilan Literasi Digital Kurikulum Merdeka. Dedikasi: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 4(2), 95–106. https://doi.org/10.46368/dpkm.v4i2.1858

Issue

Section

Articles

Citation Check

Most read articles by the same author(s)