PELATIHAN PELAYANAN KESEHATAN TRADISIONAL AKUPRESUR DI KLINIK ASYIYAH HOLISTIC CARE KECAMATAN JAMBANGAN SURABAYA

Sri Mukhodim Faridah Hanum, Mochamad Rizal Yulianto, Hesty Widowati, Lidya Agustin T.

Abstract


Abstract: Traditional Health Services are treatment and/or care by methods and drugs that refer to experiences and skills handed down empirically which can be accounted for and applied in accordance with the norms prevailing in society. Based on the community's need for quality traditional health services, the Head of Aisyiyah Branch (PCA) Jambangan Surabaya wants to provide quality traditional health services, the existing services are not running well. The purpose of this activity is to increase the knowledge and skills of partners so that they can develop health services at the Aisyiyah Holistic Care Clinic. Activities that have been carried out include: providing training in acupressure and marketing and financial management. This community service activity was attended by 12 participants from the management and members of PCA Jambangan Surabaya. Next, they will become therapists who practice at the Aisyiyah Holistik Care clinic. The launching of the service was carried out simultaneously with the PCA Jambangan Surabaya branch deliberations.

 

Keywords: Clinic Establishment, Health Services, Acupressure.

 

Abstrak: Pelayanan Kesehatan Tradisional adalah pengobatan dan atau perawatan dengan cara dan obat yang mengacu pada pengalaman dan keterampilan turun temurun secara empiris yang dapat dipertanggungjawabkan dan diterapkan sesuai dengan norma yang berlaku di masyarakat. Berdasarkan atas kebutuhan masyarakat akan pelayanan kesehatan tradisional yang berkualitas maka Pimpinan Cabang Aisyiyah (PCA) Jambangan Surabaya ingin memberikan pelayanan kesehatan tadisional yang berkualitas, pelayanan yang sudah ada saat ini belum berjalan dengan baik. Tujuan kegiatan ini adalah meningkatkan pengetahuan serta keterampilan mitra sehingga dapat mengembangkan pelayanan kesehatan di Klinik Aisyiyah Holistic Care. Kegiatan yang sudah dilakukan yakni: memberikan pelatihan akupresur dan manajemen pemasaran dan keuangan. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dikuti oleh 12 peserta dari pengurus dan anggota PCA Jambangan Surabaya. Selanjutnya akan menjadi terapis yang melakukan praktik di klinik Aisyiyah Holistik Care. Launching pelayanan dilakukan bersamaan dengan musyawarah cabang PCA Jambangan Surabaya.

 

Kata Kunci: Pendirian Klinik, Pelayanan kesehatan, Akupresur.


Full Text:

PDF

References


Herdiani, T. N., Herman, A. S. D., & Fahriani, M. (2022). Implementasi Terapi Komplementer dalam Pelayanan Kebidanan di Posyandu Kasih Ibu. Junal Pengabdian Masyarakat, 1(1), 30–35.

Tengah, K. H., Mahmud, M., & Matheosz, J. N. (2021). Vol. 14 No. 4 / Oktober – Desember 2021. 14(4), 1–17.

Wahyuni, D., Herliawati, & Purnamasari, N. (2019). Seminar dan Workshop Nasional Keperawatan “Implikasi Perawatan Paliatif pada Bidang Kesehatan.” Seminar Workshop Nasional, 01, 218–222.

Widyastuti. (2018). Terapi Komplementer Dalam Keperawatan. In Jurnal Keperawatan Indonesia (Vol. 12, Issue 1). https://doi.org/10.7454/jki.v12i1.200




DOI: https://doi.org/10.46368/dpkm.v3i2.1074

Article Metrics

Abstract view : 131 times
PDF - 84 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


__________________________________________________________ 

Lisence:

Lisensi Creative Commons

Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.