PENGGUNAAN WHATSAPP DALAM SARANA MEDIA PEMBELAJARAN ABAD 21 PADA MAHASISWA

Authors

  • Kurniawan Kurniawan Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Rika Sa'diyah Universitas Muhammadiyah Jakarta, Indonesia
  • Ilmi Zajuli Ichsan Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Farah Muthi Hermawati Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia
  • Santhi Pertiwi Universitas Mohammad Husni Thamrin, Indonesia
  • Giry Marhento Universitas Indraprasta PGRI, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/bjpd.v5i2.2667

Abstract

Whatsapp adlaah salah satu aplikasi media sosial yang sangat populer dan banyak digunakan oleh Masyarakat. Salah satunya adalah penggunaan media sosial whatsapp untuk fungsi Pendidikan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan media sosial whatsapp pada jenjang mahasiswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah dengan menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan pengambilan data melalui servei. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sebanyak 65.98% responden menjawab selalu menggunakan whatsapp untuk menerima informasi perkuliahan. Adapun sebanyak 56.70% dari responden menjawab selalu untuk merekomendasikan penggunaan whatsapp kepada responden. Whatsapp sebagai sebuah media sosial memang memiliki beberapa kelebihan yang bisa dimanfaatkan untuk pembelajaran, salah satunya yaitu fitur grup yang akan memudahkan dalam pengerjaan tugas kelompok

References

Chitra, S., & Gurung, M. (2021). The Concept of Green School in Bhutan for Holistic Education and Development. Rupkatha Journal on Interdisciplinary Studies in Humanities, 13(3). https://doi.org/10.21659/RUPKATHA.V13N3.03

Cukurova, M., & Bennett, J. (2018). Students’ knowledge acquisition and ability to apply knowledge into different science contexts in two different independent learning settings. Research in Science and Technological Education, 36(1), 17–34. https://doi.org/10.1080/02635143.2017.1336709

Czerkawski, B. Ö. (2014). The Semantic Web in Education. TOJET: The Turkish Online Journal of Educational Technology, 13(4), 144–147. http://er.educause.edu/~/media/files/article-downloads/eqm0840.pdf

Hadzhikolev, E., Hadzhikoleva, S., Yotov, K., & Orozova, D. (2020). Models for Multicomponent Fuzzy Evaluation, with a Focus on the Assessment of Higher-Order Thinking Skills. TEM Journal, 9(4), 1656–1662. https://doi.org/10.18421/TEM94-43

Indawati, N. (2015). The Development of Anti-Corruption Education Course for Primary School Teacher Education Students. Journal of Education and Practice, 6(35), 48–54.

Khoiri, A., Evalina, Komariah, N., Utami, R. T., Paramarta, V., Siswandi, Janudin, & Sunarsi, D. (2021). 4Cs Analysis of 21st Century Skills-Based School Areas. Journal of Physics: Conference Series, 1764(1). https://doi.org/10.1088/1742-6596/1764/1/012142

Kivunja, C. (2015). Teaching students to learn and to work well with 21st century skills: Unpacking the career and life skills domain of the new learning paradigm. International Journal of Higher Education, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.5430/ijhe.v4n1p1

Kuang, T. M., Adler, R. W., & Pandey, R. (2021). Creating a modified monopoly game for promoting students’ higher-order thinking skills and knowledge retention. Issues in Accounting Education, 36(3), 49–74. https://doi.org/10.2308/ISSUES-2020-097

Lestari, K., Kartini, K., & Akip, M. (2023). Analisis Pemahaman Mahasiswa PG-PAUD STKIP Melawi Terhadap Metode Pembelajaran di PAUD. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(2), 166–171.

Madge, C., Breines, M. R., Dalu, M. T. B., Gunter, A., Mittelmeier, J., Prinsloo, P., & Raghuram, P. (2019). WhatsApp use among African international distance education (IDE) students: transferring, translating and transforming educational experiences. Learning, Media and Technology, 44(3), 267–282. https://doi.org/10.1080/17439884.2019.1628048

Reyna, J., Hanham, J., & Meier, P. (2018). The Internet explosion, digital media principles and implications to communicate effectively in the digital space. E-Learning and Digital Media, 15(1), 36–52. https://doi.org/10.1177/2042753018754361

Sadiqin, I. K., Santoso, U. T., & Sholahuddin, A. (2017). Students ’ difficulties on science learning with prototype problem-solving based teaching and learning material : a study evaluation of development research. Advances in Sosial Science, Education and Humanities Research, 100, 279–282.

Saltan, F., & Divarci, O. F. (2017). Using blogs to improve elementary school students’ environmental literacy in science class. European Journal of Educational Research, 6(3), 347–355. https://doi.org/10.12973/eu-jer.6.3.347

Sigit, D. V., Ernawati, E., & Qibtiah, M. (2017). Hubungan Pengetahuan Lingkungan Hidup dengan Kemampuan Pemecahan Masalah Pencemaran Lingkungan Pada Siswa Sman 6 Tangerang. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 10(2), 1–6. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.10-2.1

Suryanda, A., Azrai, E. P., & Wari, N. (2016). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Group Investigation (GI) Terhadap Kemampuan Berpikir Analisis Siswa Pada Materi Pencemaran Lingkungan. Biosfer: Jurnal Pendidikan Biologi, 9(2), 37–44. https://doi.org/10.21009/biosferjpb.9-2.6

Trilestari, K., & Almunawaroh, N. F. (2021). E-Module as a Solution for Young Learners to Study at Home. Advances in Sosial Science, Education and Humanities Research, 513, 364–369. https://doi.org/10.2991/assehr.k.201230.132

Wibowo, D., Khoiri, A., & Waridah, W. (2023). Internalisasi Nilai Pendidikan Sosial Dalam Menumbuhkan Kepedulian Sosial Mahasiswa STKIP Melawi. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 4(1), 70–81.

Yusop, F. D., & Sumari, M. (2013). The Use of Sosial Media Technologies among Malaysian Youth. Procedia - Sosial and Behavioral Sciences, 103, 1204–1209. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2013.10.448

Downloads

Published

2024-10-30

How to Cite

Kurniawan, K., Sa'diyah, R., Ichsan, I. Z., Hermawati, F. M., Pertiwi, S., & Marhento, G. (2024). PENGGUNAAN WHATSAPP DALAM SARANA MEDIA PEMBELAJARAN ABAD 21 PADA MAHASISWA. Bestari: Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan, 5(2), 246–251. https://doi.org/10.46368/bjpd.v5i2.2667

Citation Check