MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN DESKRPSI DENGAN PENDEKATAN CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) PADA SISWA KELAS V SDN 05 NANGA PINOH

Charles Charles, Mastiah Mastiah, Septian Peterianus

Sari


Abstract: The purpose of this study was with the Contextual Teaching And Learning Approach (CTL) in Grade V Students of SDN 05 Nanga Pinoh who could improve their essay writing skills on Indonesian subjects. This type of research is Class Action Research (CAR). Data collection techniques used in this study were observations and written tests. The instrument of observation research used the observation plan for the implementation of the RPP and the results of the test writing a description essay.The results of the study showed in the form of achievements in the first cycle with a classic percentage of 88.89% and the second cycle reached a percentage of 100%. The increase from cycle I to cycle II reached 11.11% based on classical learning completeness, thus using the Contextual Teaching And Learning approach can improve the description writing skills of students. Keywords: Contextual Teaching And Learning (CTL) Approach, Indonesian Language Learning, write a description essay

Abstrak: Tujuan Penelitian ini adalah dengan Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL) Pada Siswa Kelas V SDN 05 Nanga Pinoh dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada mata pelajaran Bahasa Indonesia. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah observasi dan tes tertulis. Instrumen penelitian observasi menggunakan lembar observasi keterlaksanaan RPP dan hasil tes menulis karangan deskripsi. Hasil penelitian menunjukan berupa pencapaiannya pada siklus I dengan persentase Klasikal 88,89 % dan siklus II mencapai persentase 100 %. Peningkatan dari siklus I ke siklus II mencapai 11,11% berdasarkan ketuntasan pembelajaran secara klasikal maka dengan demikian menggunakan pendekatan Contextual Teaching And Learning dapat meningkatkan keterampilan menulis karangan deskripsi pada siswa. Kata kunci: Pendekatan Contextual Teaching And Learning (CTL), Pembelajaran Bahasa Indonesia, menulis karangan deskripsi.


Teks Lengkap:

PDF

Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.