ANALISIS STRATEGI GURU DALAM MEMBELAJARKAN SISWA BERHITUNG DI KELAS I SEKOLAH DASAR

Sinta Bella, Ason Ason, Novika Lestari

Abstract


Penelitian dilatar belakangi kesulitan siswa kelas 1 Sekolah Dasar dalam pembelajaran berhitung. Penelitian bertujuan mengetahui strategi guru dalam membelajarkan siswa berhitung di kelas 1 SD Negeri 17 Labai. Metode penelitian menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Subjek dalam penelitian yaitu guru kelas sekolah dasar. Objek penelitian ini stategi guru dalam membelajarkan siswa berhitung di kelas 1. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan dokumentasi. Keabasahan data menggunakan triangulasi teknik. Hasil penelitian diperoleh bahwa stategi guru dalam membelajarkan siswa berhitung di kelas 1 SD Negeri 17 Labai adalah strategi pembelajaran langsung yaitu guru menggunakan strategi dengan membantu siswa mempelajari keterampilan dasar dan memperoleh pengetahuan langkah demi langkah. Strategi pembelajaran individual yaitu guru mengelola kegiatan belajar mengajar dalam kelompok siswa yang besar dengan mengatur sedemikian rupa sehingga siswa memperoleh perhatian lebih banyak. Strategi belajar kelompok yaitu guru menyajikan bahan pelajaran dengan cara siswa membahas pelajaran secara berkelompok, bertukar pendapat mengenai topik/masalah untuk memperoleh suatu kesimpulan. Strategi pembelajaran deduktif yaitu guru melakukan pembelajaran dengan mempelajari konsep-konsep, kemudian mencari kesimpulan dan ilustrasi dari yang abstrak menuju yang kongkret. Kesimpulan penelitian ini guru membelajarkan siswa kelas 1 berhitung menggunakan strategi pembelajaran langsung, pembelajaran individual, pembelajaran kelompok dan pembelajaran deduktif.

Full Text:

PDF

References


Afriani, D. (2019) Penggunaan Metode Jarimatika Dalam Meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Pada Siswa Sekolah Dasar. Journal Of Elementary Education. Volume 02, Nomor 05.

Ahudulu, N.S. (2018). Penggunaan Media gambar dalam meningkatkan Kemampuan Berhitung Perkalian Bilangan Asli Pada Siswa Kelas II SD Negeri 01 Duhiada. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal. Volume 04 Nomor 01.

Armianti, dkk. (2016). Pengaruh Matematika GASING (Gampag, Asyik dan Menyenangkan) Pada Materi Perkalian Bilangan Bulat Terhadap Hasil Belajar Peserta Matrikulasi STKIP Surya. Jurnal Matematika Kreatif Inovatif. Volume 7, Nomor 1.

Hamalik, O. (2015). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Khan, I.R & Yuliani, N. (2016). Meningkatkan Kemampuan Berhitung Anak Usia Dini Melalui Permainan Bowling Kaleng. Jurnal Universum. Volume 10, Nomor 1.

Nuraeni. (2014). Strategi pembelajaran Untuk Anak Usia Dini. Jurnal pengkajian Ilmu dan Pembelajaran




DOI: https://doi.org/10.46368/jppsd.v1i1.1004

Article Metrics

Abstract view : 200 times
PDF - 69 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.