PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI DI PAUD AMPERACERIA MADYA RAYA
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i2.806Abstract
Tujuan penelitian ini mendiskripsikan peran guru dalam mengembangkan aspek kemampuan berbahasa pada anak usia dini di Paud Ampera Ceria Madya Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, serta dalam proses pengumpula data, peneliti menggunakan metode teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan Peran Guru Dalam Mengembangkan Aspek Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia Dini di PAUD Ampera Ceria Madya Raya, adalah guru sudah melakukan upaya dalam Mengembangkan Aspek Kemampuan Berbahasa Pada Anak namun perlu ditingkatkan dengan mengunakan berbagai cara yang lebih menarik serta mengunakan metode yang berbeda berbicara, membaca, menulis dan menyimak agar perkembangan bahasa anak dapat meningkat, perkembangan bahasa anak pada PAUD Ampera Ceria Madya Raya dengan memberikan contoh mengajarkan perkembangan bahasa anak didik agar perkembangan bahasa dan aspek perkembangan bahasa berkembang sesuai dengan tahap usia anak. Perkembangan bahasa di PAUD Ampera Ceria Madya Raya, hasil penelitian menunjukan perkembangan bahasa yang baik bagi mereka, dapat meningkatkan kosakata dengan cepat. Anak akan belajar bagaimana berpartisipasi dalam suatu percakapan dan menggunakan bahasanya untuk memecahkan masalah. Menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain, anak akan mendapatkan benyak sekali kosakata, sekaligus dapat mengekspresikan dirinya melalui bahasa.
References
Asrori, M. (2013). Memahami dan Membentuk Perkembangan Peserta Didik. Jl. Daya Nasional: Untan Press.
Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya
Depdiknas .Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.
Farid Helmi Setyawan.2016. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android.
Hibana S. Rahman. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : PGTKI Press.
Hamid, D 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.
Hidayatullah. F. (2011). Pendidikan Karakter:Membangun Peradapan Bangsa. Kadipiro Surakarta:Yuma Pressindo
Muhammad Fadillah & Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta : PT. Ar-Ruzz Media.
Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran Paud. Bandung : PT Remaj Rosdyakarya.
Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta : Gajah mada Persada
Rina Devianty.2017. Bahasa Sebagai Cerminan Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah.
Sugiyono. (2011), Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta:Paradigma.
Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitafif, dan R&D. Bandung : alfabeta
Suyanto, dan Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional(strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global). Erlangga
Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.
Yudho Bawono. 2017. Kemampuan Berbahasa Pada Anak Prasekolah. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.
Yahya, (2013). Profesi Keguruan. Bandung: Alfabeta
Zuldafrial. (2011), Pendekatan Penelitian dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah, Pontianak: Pustaka Abuya
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.

