PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI DI PAUD AMPERACERIA MADYA RAYA

Authors

  • Sopelira L.I

DOI:

https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i2.806

Abstract

Tujuan penelitian ini mendiskripsikan peran guru dalam mengembangkan aspek kemampuan berbahasa pada anak usia dini di Paud Ampera Ceria Madya Raya. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, serta dalam proses pengumpula data, peneliti menggunakan metode teknik analisis deskriptif kualitatif, yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi. Hasil penelitian dapat disimpulkan Peran Guru Dalam Mengembangkan Aspek Kemampuan Berbahasa Pada Anak Usia Dini di PAUD Ampera Ceria Madya Raya, adalah guru sudah melakukan upaya dalam Mengembangkan Aspek Kemampuan Berbahasa Pada Anak namun perlu ditingkatkan dengan mengunakan berbagai cara yang lebih menarik serta mengunakan metode yang berbeda berbicara, membaca, menulis dan menyimak agar perkembangan bahasa anak dapat meningkat, perkembangan bahasa anak pada PAUD Ampera Ceria Madya Raya dengan memberikan contoh mengajarkan perkembangan bahasa anak didik agar perkembangan bahasa dan aspek perkembangan bahasa berkembang sesuai dengan tahap usia anak. Perkembangan bahasa di PAUD Ampera Ceria Madya Raya, hasil penelitian menunjukan perkembangan bahasa yang baik bagi mereka, dapat meningkatkan kosakata dengan cepat. Anak akan belajar bagaimana berpartisipasi dalam suatu percakapan dan menggunakan bahasanya untuk memecahkan masalah. Menggunakan bahasa untuk berkomunikasi dengan orang lain, anak akan mendapatkan benyak sekali kosakata, sekaligus dapat mengekspresikan dirinya melalui bahasa.

References

Asrori, M. (2013). Memahami dan Membentuk Perkembangan Peserta Didik. Jl. Daya Nasional: Untan Press.

Desmita. (2016). Psikologi Perkembangan Peserta Didik. Bandung: PT Remaja Rosdakarya

Depdiknas .Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Depdiknas.

Farid Helmi Setyawan.2016. Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Anak Usia Dini Melalui Model Pembelajaran Audio Visual Berbasis Android.

Hibana S. Rahman. (2011). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta : PGTKI Press.

Hamid, D 2011. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfa Beta.

Hidayatullah. F. (2011). Pendidikan Karakter:Membangun Peradapan Bangsa. Kadipiro Surakarta:Yuma Pressindo

Muhammad Fadillah & Lilif Mualifatu Khorida. 2013. Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta : PT. Ar-Ruzz Media.

Mursid. 2015. Belajar dan Pembelajaran Paud. Bandung : PT Remaj Rosdyakarya.

Nawawi, H. (2012). Metode Penelitian Bidang Sosial.Yogyakarta : Gajah mada Persada

Rina Devianty.2017. Bahasa Sebagai Cerminan Kebudayaan. Jurnal Tarbiyah.

Sugiyono. (2011), Metode Penelitian Kualitatif Interdisipliner. Yogyakarta:Paradigma.

Sugiyono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, kualitafif, dan R&D. Bandung : alfabeta

Suyanto, dan Jihad, A. (2013). Menjadi Guru Profesional(strategi meningkatkan kualifikasi dan kualitas guru di era global). Erlangga

Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 Tentang Guru dan Dosen.

Yudho Bawono. 2017. Kemampuan Berbahasa Pada Anak Prasekolah. Skripsi. Universitas Negeri Semarang.

Yahya, (2013). Profesi Keguruan. Bandung: Alfabeta

Zuldafrial. (2011), Pendekatan Penelitian dan Teknik Penulisan Karya Ilmiah, Pontianak: Pustaka Abuya

Downloads

Published

2022-07-07

How to Cite

L.I, S. (2022). PERAN GURU DALAM MENGEMBANGKAN ASPEK KEMAMPUAN BERBAHASA PADA ANAK USIA DINI DI PAUD AMPERACERIA MADYA RAYA. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 21–25. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v2i2.806

Issue

Section

Articles

Citation Check