PERSEPSI ORANG TUA PESERTA DIDIK PAUD TUNAS HARAPAN DESA PEKAWAI KECAMATAN SAYAN TERHADAP KEBIJAKAN PEMERINTAH MELIBURKAN PROSES BELAJAR DI MASA COVID-19

Nining Kurniati, Septian Peterianus, Kartini Kartini

Abstract


Penelitiaan ini bertujuan untuk mengetahui dan mendeskripsikan persepsi orang tua peserta didik PAUD Tunas Harapan terhadap kebijakan pemerintah meliburkan proses belajar di masa covid-19.

Penelitian dilaksanakan berdasarkan latar belakang penelitian, yaitu pandemi covid-19 adalah krisis kesehatan yang pertama dan terutama di dunia. Banyak negara yang memutuskan untuk menutup sekolah, perguruan tinggi dan universitas dan penutupan sekolah juga terjadi lebih dari puluhan negara karena wabah covid-19.

Penelitian ini menggunakan penelitian kualitatif deskriptif dengan variasi pendekatan fenomenologi. subjek penelitian ini orang tua peserta didik PAUD Tunas Harapan Desa Pekawai Kecamatan Sayan dengan jumlah 10 orang tua peserta didik. Teknik pengumpulan data menggunakan teknik observasi, wawancara, dan dokumentasi. Instrumen yang digunakan yaitu lembar wawancara.

Hasil penelitian ini mendeskripsikan hasil wawancara dengan orang tua peserta didik tentang persepsi orang tua peserta didik PAUD Tunas Harapan terhadap kebijakan pemerintah meliburkan proses belajar di masa covid-19. Diketahui bahwa orang tua peseta didik setuju dan ada pula yang tidak setuju atas kebijakan Pemerintah meliburkan proses belajar di pada masa pandemi covid-19.


Full Text:

PDF

References


Fadillah Muhammad. 2018. Persepsi Mahasiswa PG-PAUD Universitas Muhammadiyah Ponorogo terhadap PAUD di Kabupaten Ponorogo. Penerbit. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini Volume 2 No. 1 2018

Habiansyah. Pendekatan Fenomenologi Pengantar Praktik Penelitian dalam Ilmu Sosial dan Komunikasi. Jurnal Volume 2 No 1 Juni 2008. ( Diakses 16 September 2020)

Mardiyah. 2015.Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Terhadap Pembentukan Kepribadian. Penerbit. Jurnal Pendidikan Volume 3 No 2 November 2015.

Nurislaminingsih Rizki. Layanan Pengetahuan tentang Covid-19 di Lembaga Infomasi. Jurnal Ilmu Perpustakaan dan Informasi Volume 4 No 1 2020.

Purwanto Agus, dkk. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi Covid-19 Terhadap Proses Pembelajaran Online Di Sekolah Dasar. Penerbit Jurnal Pendidikan Universitas Pelita Harapan. Volume 2 nomor 1 2020.

Safrizal, dkk. (2020). Pedoman Umum Menghadapi Pandemi Covid-19 Bagi Pemerintah Daerah

Pencegahan Pengendalian Diagnosis dan Manajemen. Jakarta: Kementrian dalam Negeri.

Sugiyono. (2016). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitaif, Kuantitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

.(2017). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kualitaif, Kuantitatif dan R&D. Bandung Alfabeta.

Sutjipto. 2015. Persepsi Masyarakat Terhadap Kurikulum Pendidikan Anak Usia Dini. Penerbit. Jurnal Pendidikan dan Kebudyaan Volume 21 No 1 April 2015

Suyadi. 2014.Teori Pembelajaran Anak Usia Dini. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.




DOI: https://doi.org/10.46368/.v1i2.801

Article Metrics

Abstract view : 73 times
PDF - 70 times

Refbacks

  • There are currently no refbacks.


Copyright (c) 2022 Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini



Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-NonCommercial-ShareAlike 4.0 International License.