PENGARUH PERMAINAN BALOK SUSUN TERHADAP KREATIVITAS SISWA PAUD HARAPAN BUNDA BATU AMPAR

Authors

DOI:

https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i2.4140

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan balok susun terhadap kreativitas siswa Paud Harapan Bunda Batu Ampar. Metode penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs, dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen, desain one group pre-test post-test design. Instrumen dan  pengumpulan data adalah observasi, tes awal ( pre-test ) perlakuan dan tes akhir ( post-test ) dan subjek penelitian ini berjumlah 12 siswa. Hasil tes menunjukkan rata-rata nilai pre-test siswa 12 dan nilai rata rata post test 62,857. Uji normalitas dari hasil perhitungan dengan rumus Liliefors diambil nilai tertinggi dari hasil perhitungan Nilai F(X) – S (X) tertinggi sebagai angka penguji normalitas, yaitu= 0,37705 nilai kuantil penguji liliefors, α = 0,05 ; N = 14 yaitu 0,227. Dari hasil perhitungan diatas nilai tertinggi 0,37705 > 0,227 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dari T hitung 3,464 > t tabel 2,160. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpullkan bahwa permainan balok susun berpengaruh terhadap kreativitas siswa Paud Harapan Bunda Batu Ampar.

 

Kata Kunci: Kreativitas siswa, balok susun

References

Andriani, H., & Siregar, T. J. (2023). Pengaruh permainan balok susun terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII. Pengaruh Permainan Balok Susun Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII, 7(2), 243-251.

Aslindah, A. (2027). Alat Permainan Edukatif: Media Stimulus Anak Jadi Aktif dan Kreatif. Kaaffah Learning Center.

Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17.

Febrianti, F. (2019, May). Efektivitas penggunaan media grafis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 667-677).

Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. Generasi Emas, 4(1), 52-64.

Holis, A. (2007). Peranan Keluarga/Orang Tua dan Sekolah dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 1(1), 22-43.

Isenberg, J., & Jalongo, M. R. (2014). Why is play important? Social and emotional development, physical development, creative development.

Munawaroh, I. (2010). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk menumbuhkan kreativitas dan kemandirian belajar. Universitas Negeri Yogyakarta, 8.

Trisnawati, W., Raharjo, T. J., & Kisworo, B. (2021). Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Koronka Bawen Kabupaten Semarang. Jendela PLS, 6(1), 50-57.

Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan belajar pada anak usia dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 159-176.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Julyanto, Y., Suarno, D. T., Muklisin, M., & Kasihani Lestari, K. L. (2025). PENGARUH PERMAINAN BALOK SUSUN TERHADAP KREATIVITAS SISWA PAUD HARAPAN BUNDA BATU AMPAR. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 72–75. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i2.4140

Citation Check