PENGARUH PERMAINAN BALOK SUSUN TERHADAP KREATIVITAS SISWA PAUD HARAPAN BUNDA BATU AMPAR
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i2.4140Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh permainan balok susun terhadap kreativitas siswa Paud Harapan Bunda Batu Ampar. Metode penelitian ini menggunakan Pre-Experimental Designs, dengan pendekatan penelitian kuantitatif. Jenis penelitian eksperimen, desain one group pre-test post-test design. Instrumen dan pengumpulan data adalah observasi, tes awal ( pre-test ) perlakuan dan tes akhir ( post-test ) dan subjek penelitian ini berjumlah 12 siswa. Hasil tes menunjukkan rata-rata nilai pre-test siswa 12 dan nilai rata rata post test 62,857. Uji normalitas dari hasil perhitungan dengan rumus Liliefors diambil nilai tertinggi dari hasil perhitungan Nilai F(X) – S (X) tertinggi sebagai angka penguji normalitas, yaitu= 0,37705 nilai kuantil penguji liliefors, α = 0,05 ; N = 14 yaitu 0,227. Dari hasil perhitungan diatas nilai tertinggi 0,37705 > 0,227 yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Dari T hitung 3,464 > t tabel 2,160. Berdasarkan hasil analisis data penelitian dapat disimpullkan bahwa permainan balok susun berpengaruh terhadap kreativitas siswa Paud Harapan Bunda Batu Ampar.
Â
Kata Kunci: Kreativitas siswa, balok susunReferences
Andriani, H., & Siregar, T. J. (2023). Pengaruh permainan balok susun terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas VII. Pengaruh Permainan Balok Susun Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas VII, 7(2), 243-251.
Aslindah, A. (2027). Alat Permainan Edukatif: Media Stimulus Anak Jadi Aktif dan Kreatif. Kaaffah Learning Center.
Fadilah, A., Nurzakiyah, K. R., Kanya, N. A., Hidayat, S. P., & Setiawan, U. (2023). Pengertian media, tujuan, fungsi, manfaat dan urgensi media pembelajaran. Journal of Student Research, 1(2), 01-17.
Febrianti, F. (2019, May). Efektivitas penggunaan media grafis dalam meningkatkan motivasi belajar siswa. In Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP (Vol. 2, No. 1, pp. 667-677).
Hayati, S. N., & Putro, K. Z. (2021). Bermain dan permainan anak usia dini. Generasi Emas, 4(1), 52-64.
Holis, A. (2007). Peranan Keluarga/Orang Tua dan Sekolah dalam mengembangkan kreativitas anak usia dini. Jurnal Pendidikan Universitas Garut, 1(1), 22-43.
Isenberg, J., & Jalongo, M. R. (2014). Why is play important? Social and emotional development, physical development, creative development.
Munawaroh, I. (2010). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi untuk menumbuhkan kreativitas dan kemandirian belajar. Universitas Negeri Yogyakarta, 8.
Trisnawati, W., Raharjo, T. J., & Kisworo, B. (2021). Peran Pendidik Dalam Mengembangkan Kreativitas Seni Anak Usia Dini Di Kelompok Bermain Koronka Bawen Kabupaten Semarang. Jendela PLS, 6(1), 50-57.
Wahyuni, F., & Azizah, S. M. (2020). Bermain dan belajar pada anak usia dini. Al-Adabiya: Jurnal Kebudayaan Dan Keagamaan, 15(01), 159-176.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.