Pendekatan Metode Montessori sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini

Authors

  • Ibnu Sina Universitas Sebelas Maret, Indonesia
  • Chansa Adhilia Dhia Feby

DOI:

https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i2.3787

Abstract

Masih rendahnya tingkat kemandirian anak usia dini di berbagai lembaga PAUD di Indonesia menjadi perhatian serius dalam pengembangan metode pembelajaran yang tepat. Kemandirian merupakan aspek penting dalam perkembangan anak, yang dapat memengaruhi kemampuan mereka dalam menghadapi tantangan di masa depan. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji secara teoritis peran metode Montessori dalam pembentukan sikap mandiri pada anak usia dini melalui pendekatan studi literatur. Analisis dilakukan dengan pendekatan tematik dan sintesis naratif terhadap berbagai sumber ilmiah, termasuk buku, artikel jurnal, dan hasil penelitian yang relevan. Hasil kajian menunjukkan bahwa metode Montessori, dengan prinsip kebebasan dalam batasan dan lingkungan belajar yang disiapkan secara khusus, dapat meningkatkan kemandirian anak. Beberapa studi empiris mendukung temuan ini, seperti penelitian oleh Damayanti (2019) yang menunjukkan peningkatan signifikan dalam kemandirian anak setelah penerapan metode Montessori di Bright Star Makassar School Namun, beberapa literatur juga mengkritisi keterbatasan metode ini, seperti kebutuhan akan pelatihan guru yang intensif dan adaptasi kurikulum yang sesuai dengan konteks lokal Dengan demikian, metode Montessori memiliki potensi dalam membentuk kemandirian anak usia dini, namun implementasinya memerlukan pertimbangan kontekstual dan dukungan yang memadai.

 

Kata Kunci: kemandirian anak, montessori, pendidikan anak usia dini, studi literatur

References

Azhari, S., Fadlilah, A. N., Astini, N. S., Rudiah, S., & Fujianti, N. A. (2024). Analisis Peningkatan Kemandirian Anak Melalui Metode Pembelajaran Montessori. Journal Of Early Childhood Education Studies, 4(1), 166-198.

Irawati, L., Suryani, L., Luji, A., & Mulyanto, Y. (2023). Tinjauan kritis model pembelajaran Montessori dalam pengembangan kemandirian anak. Indonesian Journal of Early Childhood Education, 5(1), 205–219.

Loka, I., & Listiana, A. (2023). Analisis metode Montessori dalam mengembangkan karakter mandiri pada anak usia dini. CERIA (Cerdas Energik Responsif Inovatif Adaptif), 6(3), 174–182.

Montessori, M. (1912). The Montessori method. New York: Frederick A. Stokes Company.

Penerapan Metode Montessori dalam Pendidikan Anak Usia Dini Untuk Meningkatkan Kemandirian dan Kreativitas Anak. (2025). Ipaud, 1(2).

Piaget, J. (1972). The psychology of the child. New York: Basic Books.

Sholeh, M. I. (2025). Penerapan metode Montessori dalam pendidikan anak usia dini untuk meningkatkan kemandirian dan kreativitas anak.

Surtini, T., Pertiwi, N. S., Aisyah, S., Saadah, S., & Hilman, C. (2025). Strategi guru dalam mengembangkan kemandirian anak melalui metode Montessori di TK Islam Al-Fitriyah

Surtini, T., Pertiwi, N. S., Saadah, S., & Hilman, C. (2025). Strategi Guru dalam Mengembangkan Kemandirian Anak melalui Metode Montessori di TK Islam Al-Fitriyah. Jurnal Bersama Ilmu Pendidikan (DIDIK), 1(1), 59-64.

Syabily, A. A. (2024). Penerapan metode Montessori dalam mendukung kebutuhan psikologis anak usia dini. EDUCHILD: Journal of Early Childhood Education, 5(1), 1–15

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in society: The development of higher psychological processes. Cambridge, MA: Harvard University Press

Lillard, A. S. (2017). Montessori: The Science Behind the Genius (3rd ed.). Oxford University Press.

Lillard, A. S. (2017). Montessori: The Science Behind the Genius (3rd ed.). Oxford University Press.

Lillard, A. S., & Else-Quest, N. M. (2006). The Early Years: Evaluating Montessori Education. Science, 313(5795), 1893–1894.

Marshall, C. (2017). Montessori Education: A Review of the Evidence Base. npj Science of Learning, 2, 11.

Dohrmann, K. R., Nishida, T. K., Gartner, A., Lipsky, D. K., & Grimm, K. J. (2007). High School Outcomes for Students in a Public Montessori Program. Journal of Research in Childhood Education, 22(2), 205–217.

Miller, L. B., & Bizzell, R. P. (1984). Long-Term Effects of Four Preschool Programs: Ninth- and Tenth-Grade Results. Child Development, 55(4), 1570–1587.

Rathunde, K., & Csikszentmihalyi, M. (2005). Middle School Students’ Motivation and Quality of Experience: A Comparison of Montessori and Traditional School Environments. American Journal of Education, 111(3), 341–371.

Kirk, G., & Jay, J. (2018). Supporting the Development of Executive Function in Montessori Classrooms. Journal of Montessori Research, 4(1), 31–42.

Denervaud, S., Mumenthaler, C., Kassis, W., & Sander, D. (2020). The Montessori Method Promotes Better Cognitive and Social Development in Preschool Children: A Randomized Controlled Trial. Frontiers in Psychology, 11, 538600.

Culclasure, B. T., Fleming, D. J., & Riga, G. (2019). An Examination of Montessori Education in South Carolina's Public Schools. Journal of Montessori Research, 5(1), 1–14.

Debs, M. C. (2016). Racial and Economic Diversity in U.S. Public Montessori Schools. Journal of Montessori Research, 2(2), 15–34.

Ansari, A., & Winsler, A. (2014). Montessori Public School Pre-K Programs and the School Readiness of Low-Income Black and Latino Children. Journal of Educational Psychology, 106(4), 1066–1079.

Lopata, C., Wallace, N. V., & Finn, K. V. (2005). Comparison of Academic Achievement Between Montessori and Traditional Education Programs. Journal of Research in Childhood Education, 20(1), 5–13.

Kayılı, G. (2018). Comparing the Effects of Montessori and Traditional Education on the Academic Achievement of Children with Different Learning Styles. Educational Sciences: Theory & Practice, 18(5), 1369–1390.

Salmon, A. K. (2010). Tools to Enhance Young Children’s Thinking. Young Children, 65(5), 26–31.

Isaacs, B. (2018). Understanding the Montessori Approach: Early Years Education in Practice. Routledge.

Lillard, A. S., Taggart, J., & Radvansky, K. (2021). The Role of Montessori Education in Promoting Self-Regulation and Executive Function. Frontiers in Psychology, 12, 735531.

Montessori, M. (1967). The Discovery of the Child. Ballantine Books.

Montessori, M. (1965). Dr. Montessori’s Own Handbook. Schocken Books.

Zener, D. W. (2003). The Efficacy of the Montessori Method: A Meta-Analysis. Journal of Educational Psychology, 95(3), 576–584.

Edwards, C. P. (2002). Three Approaches from Europe: Waldorf, Montessori, and Reggio Emilia. Early Childhood Research & Practice, 4(1).

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Sina, I., & Feby, C. A. D. (2025). Pendekatan Metode Montessori sebagai Upaya Meningkatkan Kemandirian Anak Usia Dini. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 41–45. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i2.3787

Citation Check