PROBLEMATIKA KOMPETENSI GURU PAUD MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN: Studi Kasus di TK Kristen Sion Tridamasari

Authors

  • Dela Crispy STAK Terpadu PESAT, Indonesia
  • Ahmad Tabrani STAK Terpadu PESAT, Indonesia
  • Jeni Juniarwati Gea STAK Terpadu PESAT, Indonesia

DOI:

https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i2.3722

Abstract

ABSTRAK

Perkembangan teknologi digital memberikan dampak besar dalam dunia pendidikan, termasuk di pendidikan anak usia dini (PAUD). Namun, pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran di TK Sion Tridamasari masih menghadapi berbagai problematika, khususnya berkaitan dengan kompetensi guru dari generasi native digital dan immigrant digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan kompetensi guru dalam menggunakan teknologi digital, meliputi pemahaman, penguasaan, penerapan, serta sarana prasarana. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan sudut pandang di antara lima guru, di mana dua orang mendukung pembelajaran digital, sedangkan tiga lainnya belum memahami dan menerima konsep tersebut secara menyeluruh. Kepala sekolah, supervisor, dan direktur program Yayasan PESAT mendukung pemanfaatan teknologi digital, namun belum menetapkan kebijakan konkret, sehingga pelaksanaannya diserahkan sepenuhnya kepada guru tanpa acuan bersama. Ketimpangan ini diperparah oleh keterbatasan sarana dan infrastruktur yang belum menunjang penggunaan teknologi secara optimal. Penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pendampingan intensif, serta penyediaan infrastruktur digital yang memadai sangat penting untuk menjembatani kesenjangan digital dan meningkatkan kualitas pembelajaran di TK. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam merumuskan strategi pengembangan kompetensi guru di era digital.

 

Kata Kunci: kompetensi guru, teknologi digital, pendidikan anak usia dini, pembelajaran TK.

References

DAFTAR PUSTAKA

Akbar, J., Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., Sa’dianoor, S., Karuru, P., Hamsiah, A., & others. (2023). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ERA DIGITAL. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=QgDSEAAAQBAJ

Azizah Siti Lathifah. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Konstruktivisme: Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 4(1), 69–76. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v4i1.2838

Fatira, M. A., Ferawati, Darmayani, S., Nendissa, S. J., Arifudin, O., Anggaraeni, F. D., Hidana, R., Marantika, N., Arisah, N., Ahmad, N., Febriani, R., & Handayani, F. S. (2021). Pembelajaran Digital. In Jurnal Refleksi Kepemimpinan (Vol. 3, Issue 1).

Gea, J. J., & Romini, R. (2024). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Taman Kanak- Kanak Pesat Jawa. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 5(1), 65–72. https://doi.org/10.47530/edulead.v5i1.205

Harefa, I. D., & Tabrani, A. (2021). Problematika Pendidikan Karakter, Antara Konsep dan Realita. SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(2), 148–156. https://doi.org/10.51615/sha.v1i2.23

Japar, D. (2020). Media dan Teknologi Pembelajaran PPKn. In 2021. https://www.google.co.id/books/edition/Media_dan_Teknologi_Pembelajaran/2uZeDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+media&printsec=frontcover%0Ahttps://www.google.co.id/books/edition/Media_dan_Teknologi_Pembelajaran/2uZeDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kelebihan+dan+

Kristina, A. (2024). Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=u5Y9EQAAQBAJ

Lailan, A. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257–3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115

Lase, R. S., Happy, J., Zega, K., Laowo, E. N., Hati, V., Waruwu, Y., Nias, U., Artikel, I., & Education, J. (2025). INOVASI PEMBELAJARAN : MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM. 13(1), 505–512.

Lasiyono, U., & Wira Yudha Alam. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. MEGA PRESS NUSANTARA. https://books.google.co.id/books?id=_9b-EAAAQBAJ

Lifia Yola Febrianti. (2022). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Berbasis Digital. Binus University, 272. https://lc.binus.ac.id/2022/12/17/pemanfaatan-teknologi-dalam-pembelajaran-berbasis-digital/

Mahfud, H., Purnama Adi, F., Widianto Atmojo, I. R., & Ardiansyah, R. (2019). Peningkatan kompetensi evaluasi pembelajaran berbasis teknologi pada guru SD di kota Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 1–5. https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/35104

Prof. Dr. Muhammad Yaumi, M. H. M. A. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran Edisi Kedua. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=g0VIEAAAQBAJ

Putu Gatriyani, N. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Selat Media. https://books.google.co.id/books?id=8rTSEAAAQBAJ

Rukin. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakad Media Publishing.

Sabila, N., & Hadi, M. S. (2024). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. 2494–2500.

Santosa, S. (2021). Urgensi Peran Orang Tua Membangun Kepemimpinan Anak di Era Disrupsi Teknologi Berdasarkan Ulangan 6: 6-9. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(1), 71–88. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i1.61

Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039

Siringoringo, R. G., & Alfaridzi, M. Y. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 66–76. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.854

Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823

Sofyan Alwi, I. R. R. (2022). Peran Guru Dalam Media Digitalisasi Anak. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(2), 22–27.

Sulianta, F., & Widyatama, U. (2025). Digital Intuitive. December 2024.

Tabrani, A., & Harefa, I. D. (2021). Pendidikan Agama Kristen dan Tuntutan Kualitas SDM Menghadapi Persaingan Masyarakat Global. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 287–305. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i2.82

Yolanda, Usmany, J., & Toenlioe, A. J. (2024). Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Berbasis Daring Bagi Anak Usia Dini di KB – TK Charis Malang. Didaktikos : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan, 7(2), 90–95.

Downloads

Published

2025-07-01

How to Cite

Crispy, D., Tabrani, A., & Gea, J. J. (2025). PROBLEMATIKA KOMPETENSI GURU PAUD MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN: Studi Kasus di TK Kristen Sion Tridamasari. Masa Keemasan: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(2), 46–57. https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i2.3722

Citation Check