PROBLEMATIKA KOMPETENSI GURU PAUD MENGGUNAKAN TEKNOLOGI DIGITAL DALAM PEMBELAJARAN: Studi Kasus di TK Kristen Sion Tridamasari
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i2.3722Abstract
ABSTRAK
Perkembangan teknologi digital memberikan dampak besar dalam dunia pendidikan, termasuk di pendidikan anak usia dini (PAUD). Namun, pemanfaatan teknologi digital dalam pembelajaran di TK Sion Tridamasari masih menghadapi berbagai problematika, khususnya berkaitan dengan kompetensi guru dari generasi native digital dan immigrant digital. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan permasalahan kompetensi guru dalam menggunakan teknologi digital, meliputi pemahaman, penguasaan, penerapan, serta sarana prasarana. Metode penelitian yang digunakan adalah kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan perbedaan sudut pandang di antara lima guru, di mana dua orang mendukung pembelajaran digital, sedangkan tiga lainnya belum memahami dan menerima konsep tersebut secara menyeluruh. Kepala sekolah, supervisor, dan direktur program Yayasan PESAT mendukung pemanfaatan teknologi digital, namun belum menetapkan kebijakan konkret, sehingga pelaksanaannya diserahkan sepenuhnya kepada guru tanpa acuan bersama. Ketimpangan ini diperparah oleh keterbatasan sarana dan infrastruktur yang belum menunjang penggunaan teknologi secara optimal. Penelitian ini menunjukkan bahwa peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, pendampingan intensif, serta penyediaan infrastruktur digital yang memadai sangat penting untuk menjembatani kesenjangan digital dan meningkatkan kualitas pembelajaran di TK. Penelitian ini diharapkan menjadi acuan dalam merumuskan strategi pengembangan kompetensi guru di era digital.
Â
Kata Kunci: kompetensi guru, teknologi digital, pendidikan anak usia dini, pembelajaran TK.
References
DAFTAR PUSTAKA
Akbar, J., Ariani, M., Zulhawati, Z., Haryani, H., Zani, B. N., Husnita, L., Firmansyah, M. B., Sa’dianoor, S., Karuru, P., Hamsiah, A., & others. (2023). PENERAPAN MEDIA PEMBELAJARAN ERA DIGITAL. PT. Sonpedia Publishing Indonesia. https://books.google.co.id/books?id=QgDSEAAAQBAJ
Azizah Siti Lathifah. (2024). Pemanfaatan Teknologi Digital dalam Pembelajaran Konstruktivisme: Meningkatkan Kualitas Pendidikan di Era Digital. Jurnal Pendidikan Dan Kebudayaan (JURDIKBUD), 4(1), 69–76. https://doi.org/10.55606/jurdikbud.v4i1.2838
Fatira, M. A., Ferawati, Darmayani, S., Nendissa, S. J., Arifudin, O., Anggaraeni, F. D., Hidana, R., Marantika, N., Arisah, N., Ahmad, N., Febriani, R., & Handayani, F. S. (2021). Pembelajaran Digital. In Jurnal Refleksi Kepemimpinan (Vol. 3, Issue 1).
Gea, J. J., & Romini, R. (2024). Analisis Kesulitan Guru Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Di Taman Kanak- Kanak Pesat Jawa. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 5(1), 65–72. https://doi.org/10.47530/edulead.v5i1.205
Harefa, I. D., & Tabrani, A. (2021). Problematika Pendidikan Karakter, Antara Konsep dan Realita. SHAMAYIM: Jurnal Teologi Dan Pendidikan Kristiani, 1(2), 148–156. https://doi.org/10.51615/sha.v1i2.23
Japar, D. (2020). Media dan Teknologi Pembelajaran PPKn. In 2021. https://www.google.co.id/books/edition/Media_dan_Teknologi_Pembelajaran/2uZeDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=pengertian+media&printsec=frontcover%0Ahttps://www.google.co.id/books/edition/Media_dan_Teknologi_Pembelajaran/2uZeDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1&dq=kelebihan+dan+
Kristina, A. (2024). Teknik Wawancara dalam Penelitian Kualitatif. Deepublish. https://books.google.co.id/books?id=u5Y9EQAAQBAJ
Lailan, A. (2024). Peran Teknologi Pendidikan Dalam Pembelajaran. SENTRI: Jurnal Riset Ilmiah, 3(7), 3257–3262. https://doi.org/10.55681/sentri.v3i7.3115
Lase, R. S., Happy, J., Zega, K., Laowo, E. N., Hati, V., Waruwu, Y., Nias, U., Artikel, I., & Education, J. (2025). INOVASI PEMBELAJARAN : MENGINTEGRASIKAN TEKNOLOGI UNTUK MENINGKATKAN KETERLIBATAN SISWA DALAM. 13(1), 505–512.
Lasiyono, U., & Wira Yudha Alam. (2024). Metode Penelitian Kualitatif. MEGA PRESS NUSANTARA. https://books.google.co.id/books?id=_9b-EAAAQBAJ
Lifia Yola Febrianti. (2022). Pemanfaatan Teknologi dalam Pembelajaran Berbasis Digital. Binus University, 272. https://lc.binus.ac.id/2022/12/17/pemanfaatan-teknologi-dalam-pembelajaran-berbasis-digital/
Mahfud, H., Purnama Adi, F., Widianto Atmojo, I. R., & Ardiansyah, R. (2019). Peningkatan kompetensi evaluasi pembelajaran berbasis teknologi pada guru SD di kota Surakarta. Jurnal Pendidikan Dasar, 7(2), 1–5. https://jurnal.uns.ac.id/JPD/article/view/35104
Prof. Dr. Muhammad Yaumi, M. H. M. A. (2021). Media dan Teknologi Pembelajaran Edisi Kedua. Prenada Media. https://books.google.co.id/books?id=g0VIEAAAQBAJ
Putu Gatriyani, N. (2023). Metode Penelitian Kualitatif dan Kuantitatif. Selat Media. https://books.google.co.id/books?id=8rTSEAAAQBAJ
Rukin. (2021). Metodologi Penelitian Kualitatif Edisi Revisi. Jakad Media Publishing.
Sabila, N., & Hadi, M. S. (2024). Optimalisasi Penggunaan Teknologi Pembelajaran dalam Meningkatkan Literasi Digital Siswa SMP Muhammadiyah Al Mujahidin. 2494–2500.
Santosa, S. (2021). Urgensi Peran Orang Tua Membangun Kepemimpinan Anak di Era Disrupsi Teknologi Berdasarkan Ulangan 6: 6-9. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(1), 71–88. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i1.61
Setiawan, A., Praherdhiono, H., & Suthoni, S. (2019). Penggunaan Game Edukasi Digital Sebagai Sarana Pembelajaran Anak Usia Dini. JINOTEP (Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran) Kajian Dan Riset Dalam Teknologi Pembelajaran, 6(1), 39–44. https://doi.org/10.17977/um031v6i12019p039
Siringoringo, R. G., & Alfaridzi, M. Y. (2024). Pengaruh Integrasi Teknologi Pembelajaran terhadap Efektivitas dan Transformasi Paradigma Pendidikan Era Digital. Jurnal Yudistira: Publikasi Riset Ilmu Pendidikan Dan Bahasa, 2(3), 66–76. https://doi.org/10.61132/yudistira.v2i3.854
Sitompul, B. (2022). Kompetensi Guru dalam Pembelajaran di Era Digital. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(3), 13953–13960. https://doi.org/10.31004/jptam.v6i3.4823
Sofyan Alwi, I. R. R. (2022). Peran Guru Dalam Media Digitalisasi Anak. Dewantara : Jurnal Pendidikan Sosial Humaniora, 1(2), 22–27.
Sulianta, F., & Widyatama, U. (2025). Digital Intuitive. December 2024.
Tabrani, A., & Harefa, I. D. (2021). Pendidikan Agama Kristen dan Tuntutan Kualitas SDM Menghadapi Persaingan Masyarakat Global. EDULEAD: Journal of Christian Education and Leadership, 2(2), 287–305. https://doi.org/10.47530/edulead.v2i2.82
Yolanda, Usmany, J., & Toenlioe, A. J. (2024). Pelaksanaan Pendidikan Agama Kristen Berbasis Daring Bagi Anak Usia Dini di KB – TK Charis Malang. Didaktikos : Jurnal Pendidikan Agama Kristen Duta Harapan, 7(2), 90–95.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.