PENGEMBANGAN PERMAINAN EDUKATIF “LIGA-LIKU†UNTUK MENGENALKAN PENDIDIKAN SEKSUAL PADA ANAK USIA DINI
DOI:
https://doi.org/10.46368/mkjpaud.v5i1.2482Abstract
 Pelecahan seksual merupakan salah satu permasalahan yang rentan terjadi pada anak usia dini di Indonesia. Pelecehan seksual ini rentan terjadi karena kurangnya edukasi pendidikan seksual pada anak sejak dini. Penelitian ini dilakukan untuk mengembangkan permainan “Liga-Liku†sebagai media edukasi pendidikan seksual bagi anak usia dini.  Penelitian ini merupakan penelitian pengembangan dengan model 4D yang diawali dari tahap define (pendefinisian), design (perancangan), develop (pengembangan), dan disseminate (penyebaran), namun karena adanya keterbatasan waktu, penelitian dilakukan sampai tahap develop (pengembangan) dan tahap berikutnya akan dilakukan pada penelitian selanjutnya.
Rincian hasil uji validasi dalam penilitian ini yaitu uji ahli materi mencapai hasil 80% dalam kategori layak dan uji validasi ahli media mendapatkan hasil 83% dalam kategori sangat layak. Hasil persentase rata-rata penilaian validasi ahli dan media yaitu sebesar 82% dengan intepretasi sangat layak karena memperoleh nilai ≥81%. Kesimpulan dari penelitian yaitu permainan “Liga-Liku†layak untuk digunakan sebagai media edukasi pendidikan seksual sebagai upaya preventif dalam mengurangi angka korban pelecehan seksual pada anak usia dini.
Kata Kunci: Anak usia dini, Pelecehan seksual, Permainan edukasi
References
Fitriani, D., Fajriah, H., & Wardani, A. (2021). Mengenalkan Pendidikan Seks Pada Anak Usia Dini Melalui Buku Lift The Flap “Auratku.†Gender Equality Nternational Journal of Child and Gender Studies, 7(1), 33–46.
Herman, & Andika, R. (2022). Perancangan dan Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Adobe Animation Pada Pembelajaran Sex Education Tentang Sexual Abuse Untuk Platform Android. Journal of Information System and Technology, 04(01), 80–99.
Hinga, I. (2019). Pencegahan Kekerasan Seksual Pada Anak Melalui Edukasi Kesehatan Reproduksi Berbasis Media Pada Murid Sekolah Pendidikan Anak Usia Dini (PAUD). GEMASSIKA, 3(1), 83–98.
Kurnia, T. D., Lati, C., Fauziah, H., & Trihanton, A. (2019). Model ADDIE Untuk Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Kemampuan Pemecahan Masalah Berbantuan 3D. Kurnia, 1(1), 516–525.
Nurbaiti, N., Saripudin, A., & Masdudi. (2022). Pengembangan Media Sex Education Book Untuk Meningkatkan Pemahaman Pendidikan Seksual Pada Anak Usia Dini. AWLADY Jurnal Pendidikan Anak, 8(2), 111–125.
Ratnasari, R., & Alias, M. (2016). Pentingnya Pendidikan Seks Untuk Anak Usia Dini. Jurnal’ Tarbawi Khatulistiwa’, 2(2), 55–59.
Riduwan. (2016). Skala Pengukuran Variabel - Variabel Penelitian. Alfabeta.
Saputri, P. D. (2021). Pengembangan Fisik Motorik Anak Usia Dini Berbasis Parenting Education di Era Pandemi Covid-19. Jurnal Pendidikan Anak, 7(2), 84–93.
Sarasati, T. P., Cahyati, N., Pendidikan, P., Usia, A., Edukatif, B., & Anak, P. S. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Boneka Edukatif Untuk Pengenalan Pendidikan Seks Anak Usia 4-5 Tahun. Jurnal Cikal Cendekia, 01(02), 1–16.
Sekarningrum, A. D., Sajidan, & Sarwanto. (2014). Pengembangan Dan Implementasi Model Pembelajaran Predict , Planning , Observe , Explain , Write ( P 2 Oew ) Pada Materi Pencemarankelas X Sma Negeri 7 Surakarta. Jurnal Inkuri, 3(Iii), 1–10.
Soesilo, T. D., Kristen, U., & Wacana, S. (2021). Pelaksanaan Parenting Pendidikan Seks (Pesek) Anak Usia Dini di PAUD Tunas Bangsa Ungaran Kabupaten Semarang. Scholaria, 11(Nomor 1), 47–53.
Sugiono. (2014). Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Alfabeta.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
Citation Check
License
Authors who publish with this journal agree to the following terms:
1.A Authors retain copyright and grant the journal right of first publication with the work simultaneously licensed under a Creative Commons Attribution License that allows others to share the work with an acknowledgement of the work's authorship and initial publication in this journal.
2.A Authors are able to enter into separate, additional contractual arrangements for the non-exclusive distribution of the journal's published version of the work (e.g., post it to an institutional repository or publish it in a book), with an acknowledgement of its initial publication in this journal.
3.A Authors are permitted and encouraged to post their work online (e.g., in institutional repositories or on their website) prior to and during the submission process, as it can lead to productive exchanges, as well as earlier and greater citation of published work.